Review Spesifikasi Panther Touring Lengkap

iklan
Panther Touring telah meramaikan industri otomotif Indonesia sejak lama. Diproduksi pada tahun 1991, mobil ini langsung melejit sebagai MPV yang paling populer kala itu. Apalagi, saat itu belum ada banyak kendaraan yang memiliki performa tangguh dengan tampilan yang sporty. Di awal tahun 1990an, belum banyak mobil Jepang yang bertebaran. Dunia otomotif Indonesia masih dipenuhi dengan mobil lawas peninggalan para penjajah ataupun mobil merk Timor yang kala itu mulai melakukan invasi di jalan raya Indonesia. Isuzu selaku pabrikan dan distributor pun terbilang cerdas karena mampu menghadirkan MPV jenis baru yang akhirnya turut merevolusi dunia otomotif negara kita.

Review Spesifikasi Panther Touring Lengkap

Panther Touring sejatinya dibuat untuk mendominasi pasar otomotif Asia Tenggara. Tak heran jika ada banyak Isuzu Panther jenis Touring yang bisa ditemukan di jalanan negara lain, seperti Filipina ataupun Vietnam. Bahkan negara seperti India pun pernah menjadi target market oleh Isuzu. Meski sekarang Isuzu telah menghentikan produksi mobil ini, namun ternyata masih banyak pecinta otomotif di luar sana yang masih memburu Isuzu Panther. Ada banyak alasan yang mendasari para pecinta otomotif yang memburu mobil ini. Apa saja yang membuat Isuzu Panther masih menjadi primadona di mata pecinta otomotif Indonesia?

Dimensi Panther Touring

Interior Panther Touring

Model Interior Panther Touring

Spesifikasi Panther Touring

1. Mesin Panther Touring

  • Jenis Mesin: 4J A1L
  • Sistem Mesin: Turbocharger
  • Kapasitas Silinder: 2499 cc
  • Tenaga Maksimal: 80 hp @ 3.500 rpm
  • Torsi Maksimal: 19 Nm @ 1.800 rpm
  • Sistem Injeksi: Direct Injection (Disel)
  • Kapasitas Tangki bahan bakar: 55 liter

Mesin Panther Touring sudah terkenal sebagai mesin disel yang mampu mengeluarkan tenaga dengan maksimal tanpa harus mengorbankan konsumsi bahan bakar. Apalagi mesin yang digunakan sudah menggunakan teknologi injeksi yang dipadukan dengan sistem Turbocharger. Di satu sisi, mesin akan tetap menjaga konsumsi bahan bakar berada di level terendah sambil tetap memberikan performa menawan. Ketangguhan mesin Isuzu Panther telah membuat pabrikan tersebut dipercaya beberapa perusahaan otomotif Amerika. Isuzu pernah ditunjuk oleh Chevrolet dan Holden sebagai pemasok mesin untuk setiap kendaraan roda empat mereka. Semua itu berkat ketangguhan dan kekuatan mesin yang diciptakannya yang juga digunakan pada Panther Touring tahun 1991. Meski kini mobil Isuzu Panther Touring sudah berumur lebih dari 25 tahun, namun performa dan ketangguhan mesin masih bisa unjuk gigi. Apalagi jika dibandingkan dengan mesin mobil jenis LCGC atau mobil murah lain, mesin Isuzu Panther masih bisa bersaing dengan jenis mobil tersebut.

2. Dimensi Panther Touring

  • Ukuran Body: 4.535 x 1.770 x 1.920 mm
  • Jarak Poros Roda: 2.685 mm
  • Total Berat Body: 2.170 kg

Dimensi Panther Touring tergolong luas untuk ukuran mobil jadul. Secara total, mobil ini mampu membawa hingga 8 orang termasuk supir. Satu hal yang menjadi keunggulan Isuzu Panther Touring adalah ketangguhan dan kekuatan body. Selain menggunakan ladder frame yang terkenal kokoh, mobil ini pun dapat mengangkut beban hingga 2 ton. Tak heran jika Isuzu Panther dikenal sebagai kendaraan MPV yang paling tangguh pada jamannya. Kaki-kaki mobil mampu menopang barang bawaan yang berat meski harus melewati jalan berliku dan tidak rata. Dengan Ground Clearance yang cukup tinggi, sang pengemudi mampu mendapatkan akselerasi yang baik untuk menikung.

3. Interior Panther Touring

Interior Pather Touring memiliki tampilan yang cukup baik meski kini sudah banyak mobil bekas yang tidak terawat. Namun sejatinya, mobil ini dilengkapi dengan fitur interior yang lengkap, mulai dari AC yang sudah menggunakan Blower ganda. Pada kursi-kursi pun dilapisi dengan bahan Vynil dan kulit kualitas terbaik. Baik radio ataupun MP3 mampu memberikan kualitas suara yang baik dengan adanya Subwoofer tambahan. Mobil ini pun sudah menggunakan Power Window yang mampu memberikan kenyamanan untuk semua penumpang. Semua fitur tersebut pada dasarnya masih baik, hanya saja Anda perlu menemukan penjual yang masih merawat interior mobil dengan baik.

4. Eksterior Panther Touring

Eksterior Panther Touring tergolong maskulin dengan ban berukuran besar yang menambah kesan sporty. Jika dilihat dari komposisi kaki-kakinya, mobil ini terlihat mewah pada jamannya. Meski sekarang terlihat jadul, namun kesan maskulin masih tercermin dengan jelas pada tubuh Panther Touring. Di bagian depan, grille dengan kesan chrome akan menambah tingkat kegantengan mobil. Sedangkan tambahan roof rails yang multi fungsi juga memperkuat kesan mobil adventur ini. Secara keseluruhan, penampilan Panther Touring ini tak kalah menarik dengan mobil baru sekelas kijang Innova.

Kelebihan dari Panther Touring

  • Performa mesin menawan dan tangguh
  • Perawatan bulanan murah
  • Bensin cukup irit meski dengan mesin Turbocharge
  • Interior nyaman dan luas
  • Body kuat dan awet
  • Spare parts tersedia di setiap daerah

Kekurangan dari Panther Touring

  • Persneleng dan transmisi kurang responsif
  • Interior sudah buluk dan terlihat jadul
  • Fitur keamanan sangat buruk
  • Diperlukan reparasi menyeluruh jika membeli bekas
  • Beberapa sistem dan komponen sudah buruk
Harga Panther Touring

Harga Panther Touring

Harga Panther Touring bekas di pasaran bervariasi, tergantung dengan kondisi mobil dan juga performa mesin. Namun kerap kita temui ada beberapa penjual yang menawarkan Panther Touring bekas dengan harga yang tinggi. Jika memang harga yang ditawarkan sebanding dengan performa dan kondisi mobil, maka sekiranya mobil tersebut layak untuk dibeli. Jangan lupa untuk selalu melihat kondisi mesin, ban, rem, dan komponen penting lain sebelum membeli Isuzu Panther bekas.

Harga Isuzu Panther Touring bekas diperkirakan masih di atas angka 60 juta Rupiah. Beberapa varian seperti Grand Touring umumnya dijual dengan harga yang lebih tinggi dari versi biasa karena memang menawarkan performa yang lebih baik dengan sistem filter bahan bakar yang mumpuni. Sedangkan untuk harga Panther Touring yang baru dijual mulai dari 280 jutaan untuk OTR Jakarta.

Secara keseluruhan, spesifikasi Panther Touring ini sangat baik – bahkan jika dibandingkan dengan mobil keluaran 2010 sekalipun. Sekian review mengenai mobil Panther Touring kali ini, pastikan Anda mendapatkan penjual yang menawarkan barang bagus dan berkualitas untuk anda beli.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Review Spesifikasi Panther Touring Lengkap