Review Spesifikasi Daihatsu Taruna Lengkap

iklan
Daihatsu Taruna merupakan salah satu SUV paling tangguh di pasar Indonesia. Dirilis pertama kali pada tahun 1999, mobil ini pun menjadi salah satu kendaraan roda empat paling laris pada jamannya. Beberapa tahun sebelum nama Taruna diluncurkan, Daihatsu memiliki varian bernama Daihatsu Feroza. Nama terakhir merupakan cikal bakal Daihatsu Taruna di Indonesia. Meski sempat berganti menjadi beberapa nama, namun ternyata re-branding yang dilakukan Daihatsu mengalami kebuntuan. Akhirnya, perusahaan ini pun tetap menggunakan nama yang sama sejak saat ini. Meski tidak diproduksi dalam versi terbaru, namun ternyata nama mobil ini masih cukup tersohor di kalangan otomania.

Review Spesifikasi Daihatsu Taruna Lengkap

Daihatsu Taruna sendiri banyak dicari oleh konsumen dan pecinta otomotif meski Daihatsu sudah menghentikan proses produksi mobil ini. Banyak orang yang berkata bahwa mobil ini cukup tangguh. Bahkan beberapa diantara mereka menyatakan bahwa daripada membeli mobil baru jaman sekarang, akan lebih baik jika mereka membeli Taruna model lawas yang sudah teruji performa dan ketahanannya. Itu artinya, meski Anda tidak bisa membeli Taruna terbaru, namun versi mobil ini masih sangat layak untuk dimiliki. Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang spesifikasi Daihatsu Taruna beserta kekurangan dan kelebihan sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membeli mobil ini.

Spesifikasi Daihatsu Taruna Lengkap

Interior Daihatsu Taruna

Model Interior Daihatsu Taruna

Spesifikasi Daihatsu Taruna

1. Mesin Daihatsu Taruna

  • Jenis Mesin: HD-C 1.6-liter dengan Karburator
  • Tenaga Maksimal: 94 hp @ 5.700 rpm
  • Torsi Maksimal: 127 Nm @ 4.800 rpm
  • Jenis Transmisi: Manual dengan 5 percepatan

Mesin Daihatsu Taruna sebenarnya memiliki 3 jenis yang berbeda. Mesin tersebut pun digunakan untuk setiap jenis varian yang berbeda pula. Mesin pertama yang tersedia adalah mesin yang masih menggunakan karburator dengan kapasitas 1.6-liter. Sedangkan dalam perkembangannya, Daihatsu selaku pabrikan dan distributor pun mengembangkan mesin terbaru dengan teknologi injeksi. Ada 2 tipe mesin injeksi yang digunakan; pertama, mesin HD-E dengan kapasitas 1.6 liter. Kedua, mesin injeksi HE-E dengan kapasitas 1.5-liter yang jauh lebih irit. Dari sekian banyak pilihan mesin yang tersedia, jenis mesin injeksi HD-E 1.6 liter yang paling powerful.

2. Interior Daihatsu Taruna

Interior Daihatsu Taruna terlihat masih sangat bagus meski tipe terakhir mobil ini diluncurkan pada tahun 2005 silam. Dan untuk ukuran mobil yang sudah berumur 12 tahun, Daihatsu Taruna memiliki interior yang cukup baik. Apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan AC yang akan menambah kenyamanan penumpang dalam perjalanan jauh. Untuk kursi yang digunakan pada Daihatsu Taruna sendiri memiliki formasi 2 kursi pendek dengan 3 baris kursi yang panjang. Dengan kapasitas total 6 penumpang, mobil ini memiliki interior yang cukup luas meski tidak ada tempat khusus untuk menyimpan barang bawaan. Jika Anda ingin membeli mobil Taruna bekas, pastikan AC masih bisa digunakan dengan normal dan jok kursi masih memiliki lapisan yang baik.

3. Eksterior Daihatsu Taruna

Eksterior Daihatsu Taruna sendiri cukup menawan pada jamannya. Taruna dikenal sebagai SUV yang memiliki tampilan sporty dan sangar. Secara keseluruhan, mobil ini terlihat trendy dan elegan jika dibandingkan dengan jenis mobil di kelas yang sama dan dibuat pada tahun yang sama. Coba tengok Mitsubishi Kuda, Kijang Kapsul dari Toyota, atau bahkan Isuzu Panther. Daihatsu Taruna terlihat stylish meski model mobil yang sedikit kotak sudah bukan menjadi trend jaman sekarang. Secara keseluruhan, Daihatsu Taruna didesain sebagai kendaraan adventure yang dapat digunakan untuk menjelajah berbagai jenis medan. Apalagi mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fog lamp yang akan menambah penerangan saat perjalanan di malam hari.

4. Suspensi Daihatsu Taruna

  • Shock Breaker Depan: Double Wishbone
  • Shock Breaker Belakang: Rigid Axle

Suspensi Daihatsu Taruna memiliki komposisi yang pas dengan daya yang lebih lentur di bagian depan dan suspensi yang agak kaku di bagian belakang guna menahan tekanan saat digunakan di jalan yang bergelombang. Meski mobil ini sudah berumur lebih dari 10 tahun, baik sang pengendara maupun penumpang masih bisa merasakan kenyamanan saat berkendara dengan mobil ini. Pastikan Anda membeli mobil dari orang yang memberikan perawatan secara berkala pada mobil ini agar bisa mendapatkan mobil Taruna bekas dengan suspensi yang empuk.

Kelebihan Daihatsu Taruna

  • Harga murah
  • Model masih terlihat tangguh dan keren, tidak jadul
  • Chasis dan plat yang tebal dan kuat
  • Tersedia dalam berbagai varian dan mesin
  • Suspensi masih bagus
  • Kualitas bagus
  • Mobil tangguh dengan performa ciamik

Kekurangan Daihatsu Taruna

  • Mesin menghasilkan suara yang berisik
  • Kurang responsif
  • Kopling ataupun transmisi kaku
  • Interior kabin berisik
  • Untuk yang menggunakan mesin karburator membutuhkan perawatan khusus
  • Model injeksi punya masalah klasik pada bagian listrik
  • Power steering jelek
Harga Daihatsu Taruna

Harga Daihatsu Taruna

Harga Daihatsu Taruna tentu saja berbeda-beda tergantung dengan kondisi mesin, tahun pembuatan, dan juga kondisi barang. Ini karena Daihatsu sudah tidak tidak memproduksi varian terbaru dari Taruna. Berdasarkan harga pasaran, Daihatsu Taruna rata-rata dijual mulai dari 70 juta hingga hampir menyentuh angka 100 juta rupiah. Tentu saja harga tersebut hanya perkiraan saja karena Anda harus melihat kondisi barang, melakukan cek pada mesin dan komponen lain, serta melihat pajak kendaraan. Ketiga hal tersebut harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membawa pulang sebuah Daihatsu Taruna bekas.

Sedangkan untuk harga Daihatsu Taruna injeksi umumnya lebih mahal 10 hingga 15 juta rupiah jika dibandingkan dengan jenis mobil yang sama yang masih menggunakan mesin karburator. Jika Anda ingin berkendara dengan irit, kami sarankan untuk membeli Daihatsu Taruna dengan mesin injeksi yang memiliki filter bahan bakar yang lebih baik. Apalagi mobil ini pun bisa diisi dengan bahan bakar dengan kadar oktan yang rendah sehingga Anda bisa membeli bahan bakar termurah.

Demikian review spesifikasi Daihatsu Taruna bekas yang beredar di pasaran. Tentunya ada banyak sekali dari model mobil Daihatsu bekas yang dijual di pasaran. Jadilah pembeli yang cerdas dengan mengutamakan kualitas dan carilah mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga informasi yang kami ulas bermanfaat untuk anda, selamat berbelanja mobil impian anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Review Spesifikasi Daihatsu Taruna Lengkap