Review dan Spesifikasi Honda BRV Semua Tipe Lengkap

Honda BRV telah hadir dan langsung menjadi primadona baru bagi otomania Indonesia. Dengan desain yang menawan, performa yang tangguh, dan kualitas yang mumpuni membuatnya langsung diburu oleh pecinta otomotif. BRV sendiri merupakan sebuah singkatan dari Bolt Roundabout Vehicle. Hal ini tercermin dalam performa yang tangguh dengan penampilan BRV yang terlihat ramping dan sedikit bundar. Ya, penampilan elegan mobil ini juga menjadi salah satu daya tarik mengapa konsumen memburu BRV. Mobil tipe SUV ini memulai debutnya di mangsa pasar Indonesia di tahun 2015 lalu. Tak membutuhkan waktu yang lama bagi BRV untuk menjelma menjadi salah satu produk unggulan Honda di segmen Crossover SUV.

Review dan Spesifikasi Honda BRV Semua Tipe Lengkap

Honda BRV sekilas terlihat seperti Honda CRV yang sudah lebih dulu menjadi kendaraan favorit keluarga Indonesia. Meski demikian, BRV memiliki dimensi berbeda dan mampu menampung penumpang lebih banyak. Anda dapat membawa 7 penumpang sekaligus tanpa mengurangi rasa nyaman. Desain interior yang nyaman dengan ruang yang luas akan membuat setiap penumpang berada di posisi yang pas untuk berkendara. Tak hanya mengandalkan kenyamanan, Honda pun selalu melengkapi setiap produknya dengan sistem keamanan yang akan menjamin keselamatan para penumpang. Di bagian luar, tampak bahwa desain BRV pun sangat maskulin meski sejatinya mobil ini diperuntukkan sebagai kendaraan keluarga.

Spesifikasi Honda BRV bisa di lihat dalam review di bawah ini.

Mesin Honda BRV

1. Mesin Honda BRV

Mesin: 1.5-liter SOHC i-VTEC
Jenis transmissi: CVT
Daya maksimum: 120 horsepower @ 6.600 rpm
Torsi maksimum: 145 nM @ 4.600 rpm

Honda BRV dilengkapi dengan jenis mesin yang berbeda dari biasanya. Jika kendaraan milik pabrikan lain menggunakan jenis DOHC, Honda menyematkan model mesin jenis SOHC dengan kapasitas 1.5-liter dan berteknologi i-VTEC. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 120 HP pada 6.600 rpm. Banyak orang yang menganggap bahwa kapasitas mesin BRV tidak terlalu besar. Namun jangan salah sangka karena hal tersebut justru menjadi keunggulannya. Selain dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar, ternyata mesin yang digunakan memiliki daya pacu yang tinggi dan tidak kalah dengan mesin lain yang memiliki silinder lebih besar.

Dimensi Fisik BRV

2. Dimensi Fisik BRV

Ukuran: 4.455 x lebar 1.735 x 1.650 mm
Wheelbase: 2.660 mm
Ground clearance: 200 mm

Jika dilihat secara kasat mata, mobil BRV ini memiliki dimensi yang cukup panjang. Hal ini didukung dengan dimensi yang cukup besar untuk ukuran kendaraan yang mampu menampung hingga 7 penumpang. Jika dibandingkan dengan kelas entry level milik Honda, seperti Mobilio, dimensi Honda BRV ini tergolong besar. Apalagi dengan Ground Clearance yang sebenarnya memiliki ukuran lebih dari 200 mm akan membuat pengendara mendapatkan handling yang enak.

Interior Honda BRV

Interior Honda BRV Bagian Dalam

3. Interior Honda BRV

Meskipun dianggap sebagai Crossover SUV, namun sejatinya interior Honda BRV lebih mirip dengan MPV. Dengan ukuran chassis yang lebih panjang membuat mobil ini memiliki cukup ruang di bagian dalam. Selain kabin yang elegan dan nyaman, Honda juga melengkapi BRV dengan berbagai fitur interior yang menarik. Pada dashboard terdapat sebuah layar sentuh berukuran 6.1 inci yang berguna sebagai fitur navigasi dan juga entertainment. Tersedia koneksi Bluetooth yang akan memperkaya fitur entertainment karena bisa dikonfigurasi melalui smartphone Anda.

Bagian paling menarik dari interior BRV adalah fitur kenyamanan yang ditawarkan. Kali ini, Honda membekali Honda BRV dengan Seatbelt Potensioner yang akan melindungi penumpang dengan cara yang lebih nyaman. Terdapat pula fitur One Touch Tumble yang tersemat pada panel instrument di jok kemudi. Untuk bagian belakang, BRV menyediakan tempat yang nyaman untuk penumpang dengan sistem three-folding row. Anda pun bisa mengatur konfigurasi kursi penumpang sesuai keinginan.

Ekterior Honda BRV

4. Ekterior Honda BRV

Eksterior Honda BRV merupakan perpaduan dari Honda Mobilio yang memiliki dimensi besar dan Honda Jazz yang memiliki tampilan sporty. Di bagian depan, grille mobil ini dihiasi dengan panel chrome yang akan menambah kesan eksklusif. Lampu headlamp pada BRV juga mempertegas kesan keren pada mobil ini. Di bagian samping juga terdapat aksen yang akan membuat penampilan mobil ini terlihat maskulin. Secara keseluruhan, tampilan BRV sangat mempesona.

Fitur Honda BRV

5. Fitur Honda BRV

Fitur Honda BRV sendiri tergolong lengkap, mulai dari fitur kenyamanan, keamanan penumpang, hingga keamanan mobil itu sendiri. Honda merupakan pabrikan mobil yang selalu mengedepankan kualitas dan keamanan. Kali ini pabrikan asal Jepang telah membekali BRV dengan fitur Anti-lock Braking System yang akan memudahkan supir dalam melakukan pengereman mendadak. Fitur tersebut dipadukan dengan Electronic Brake Distribution yang akan membuat mobil tetap stabil meski berhenti mendadak saat kecepatan tinggi.

Kelebihan

  • Dimensi interior yang nyaman dengan tampilan eksterior sangar
  • Mesin irit dan awet
  • Fitur kenyamanan yang lengkap
  • Kualitas Honda yang sudah teruji

Kekurangan

  • Dimensi yang besar membuatnya agak berat
  • Suara mesin terdengar dan mengganggu
  • Fitur keamanan kurang lengkap jika dibandingkan produk lain di kelas yang sama
  • Kualitas interior kurang

Harga Honda BRV

Harga Honda BRV dibedakan tergantung dengan tipe yang dijual di pasar Indonesia. Tipe pertama adalah jenis 1.5 S yang dijual dengan harga paling murah. Anda bisa membeli mobil ini mulai dengan Rp 233.000.000,-. Sedangkan untuk tipe E dijual dengan harga 10 juta lebih mahal dari tipe S. Bagi Anda yang ingin mencicipi kenyamanan berkendara dengan sistem transmisi CVT, Anda harus mempersiapkan uang sebesar Rp 254.000.000,- untuk membawa pulang tipe ini. Sedangkan untuk tipe tertinggi adalah jenis Prestige yang dijual dengan harga Rp 270.000.000,-. Dari sekian banyak tipe yang tersedia, tipe Prestige datang dengan membawa fitur paling lengkap. Ditambah dengan konfigurasi tampilan yang lebih sporty, Honda BRV Prestige akan menjadi teman terbaik Anda dalam berkendara.

Ulasan review Honda BRV ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli kendaraan tipe SUV yang cocok untuk berkendara bersama keluarga. Secara keseluruhan, Honda BRV masuk dalam kategori mobil yang harus Anda miliki saat ini.

Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Review dan Spesifikasi Honda BRV Semua Tipe Lengkap