Spesifikasi Lengkap dan Harga Chevrolet Opel Blazer

Opel Blazer merupakan mobil SUV medium asal Amerika yang masuk ke Indonesia dari tahun 1996 hingga tahun 2005. Di Amerika sendiri mobil ini dinamakan Blazer saja. Namun dipasar Indonesia dinamakan opel blazer karena mobil ini menggunakan Lisensi dari Opel Jerman. Sedangkan desain dan produksinya dilakukan oleh Chevrolet, dan untuk mesin dirancang menggunakan spesifikasi khusus dari Indonesia yang dirancang oleh pabrik Holden Australia. Penggunaan nama Opel diawal masuknya Blazer ke Indonesia memang diakui sebuah kesalahan marketing. Resmi sejak Februari 2002 Blazer berganti nama menjadi Chevrolet Blazer dan logo di grille depan berubah dari petir menjadi dasi kupu kupu.

Spesifikasi Lengkap dan Harga Chevrolet Opel Blazer

Pada awalnya mobil ini didesain untuk memiliki mesin berkapasitas 4.300 cc. Namun karena sistem perpajakan di Indonesia yang tidak bersahabat dengan mesin kapasitas besar, dipasangkanlah mesin bensin berkapasitas 2.200 cc dengan penggerak roda belakang. Mesin yang dibuat oleh Holden Australia khusus untuk spesifikasi Indonesia ini dinamai GM Family II yang tersedia dalam dua varian yakni DOHC 16 katup dan SOHC (Blazer Montera) 8 katup dengan suplai bahan bakar injektor. Transmisi yang digunakan 5 kecepatan manual dan 4 kecepatan otomatis. Transmisi otomatis sangat jarang unitnya di pasar Indonesia.

Mobil ini memang sangat tangguh dan kuat untuk melalui segala medan termasuk tanjakan. Namun, spesifikasi mesin yang beredar di Indonesia tidak sampai 4WD, hanya sampai 2WD. Sehingga mobil ini sedikit keluar batas kemampuan jika diajak off road di jalanan extrem. Mobil yang beredar di Indonesia ini dirancang sebagai mobil urban di jalanan mulus perkotaan. Dibekali ruang kabin yang luas dan legroom yang lega akan membuat perjalanan jauh anda terasa nyaman.

Desain Eksterior Mobil

Desain Eksterior Mobil

Desain luar mobil ini terlihat atraktif, kokoh dan ramping. Dengan bagian depan yang dihiasi dengan lampu berukuran besar serta memenuhi fascia depan. Blazer mengalami tiga kali Facelift, yang pertama desain luarnya didesain ulang menjadi dua baris lampu yang berukuran tipis. Kemudian untuk facelift kedua, model headlampnya kembali mirip seperti model pertama. Hanya saja terlihat lebih maskulin dan manis. Facelift ketiga menggunakan headlamp berbentuk diamond cut. Jika dilihat dari bagian samping mobil sangat maskulin dan kokoh dengan ground clearance yang tinggi dan desain kaca tinggi sesuai dengan bentuk bodinya. Bagian belakang yang simpel dan kaku namun tetap terlihat keren.

Sejarah Opel Blazer di Indonesia

Sejarah Opel Blazer di Indonesia

Tahun 1996 :

Blazer DOHC dengan ciri khusus penggunaan headlamp berbentuk kotak

Tahun 1997-1998 :

  • Penambahan tipe Blazer DOHC LT (Luxury Touring) yang merupakan facelift pertama dengan beberapa fitur lebih mewah daripada varian sebelumnya
  • Blazer SLi dengan mesin SOHC 8 valve memakai model lampu kotak American style. Varian ini paling murah dalam perawatan dan paling sederhana.

Tahun 1999-2002:

  • Terjadi Facelift kedua dan memiliki varian yang sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja varian Blazer SLi berganti nama menjadi Blazer Montera. Ciri khusus facelift dapat dikenali dengan model headlamp bertumpuk.
  • Blazer Montera terbagi atas beberapa tipe berdasarkan kelengkapan fitur yakni : Tipe Montera, Montera LN, Montera LV, Montera LS dan Montera Sport.

Tahun 2002:

  • Terjadi Perubahan merk dari Opel Blazer menjadi Chevrolet Blezer.
  • Facelift ketiga ditandai dengan perubahan headlamp berbentuk trapesium diamond cut.
  • Varian yang ditawarkan masih sama seperti sebelumnya.

Tahun 2004-2005:

  • Penambahan varian Blazer Montera XR yang lebih mewah dari tipe montera lainnya.
  • Fitur Interior masing-masing Tipe

Keseluruhan varian yang dimiliki oleh Opel Blazer 1996-2005 adalah :

Desain Interior Opel Blazer

Model Desain Interior Opel Blazer

Blazer DOHC : dengan fitur lebih lengkap dibandingkan Blazer Montera, karena sudah dilengkapi fog lamp, lis body, velg alloy, akaca tint glass, defogger, roof rack, spion elektrik, bumper belakang lebih mewah, door trim mewah, console box dan cockpit panel yang dilengkapi termometer, kompas dan tempat kaca mata.

Blazer LT DOHC : merupakan varian termahal, memiliki fitur yang sama dengan DOHC hanya saja sudah dilengkapi dengan jok kulit, wood panel pada doortrim dan dashboard serta lunggage cover. Eksteriornya dilengkapi dengan bullbar dan warna bodi two tone.

Blazer Montera SOHC :

  1. Montera (SLI) : tidak dilengkapi roof rack, wiper belakang, lis body, fog lamp, third brake lamp, consle box, cockpit panel dan spion elektrik.
  2. Montera Sport : memiliki fitur yang sama dengan Montera SLI dengan tambahan over fender, air scoop di kap mesin, roof rack, bumper depan-belakang sewarna dengan bodi.
  3. Montera LN : tidak dilengkapi radio/tape, jok baris ketiga serta tidak dilengkapi aksesori sama dengan tipe Montera (SLi).
  4. Montera LV : sama dengan Blazer Montera SLI namun dilengkapi dengan bullbar, velg alloy, lis body, third brake lamp dan console box
  5. Montera LS : kelengkapan fitur sama dengan LV denan warna bodi Two tone dan jok semi kulit
  6. Montera XR : memiliki semua kelengkapan fitur namun tidak dilengkapi jok kulit seperti varian DOHC.
Spesifikasi Mesin Opel Blazer



Spesifikasi Mesin

  • Tipe Mesin : GM GMT330
  • Jenis Mesin : GM Family II Z22xe DOHC 2.200 cc, GM Family II C22ne SOHC 2.200 cc
  • Tenaga maksimal : 138 HP/ 5.600 rpm
  • Torsi maksimal : 195 Nm / 3.400 rpm
  • Diameter x Langkah : 86.0 x 94.6
  • Sistem Bahan Bakar : Multi Point Injection
  • Rasio Kompresi : 1:9
  • Transmisi : Manual 5 Kecepatan, Otomatis 4 Kecepatan
  • Suspensi : Macpherson Struts Independen
  • Wheelbase (mm) : 2.718
  • Panjang (mm) : 4.602
  • Lebar (mm) : 1.722
  • Tinggi (mm) : 1.631

Kelebihan Mobil Opel Blazer


  1. Harga yang terjangkau untuk sekelas SUV dengan kualitas mumpuni
  2. Desain bodi menarik, tangguh, timeless dan tidak kuno
  3. Sangat modern karena Sudah memiliki sistem mesin injeksi untuk sekelas produksi 1995
  4. Konsumsi BBM tergolong irit untuk kapasitas mesin 2.200cc
  5. Sparepart yang sangat awet hingga 6 tahun
  6. Tenaga mesin tangguh dan mampu menempuh off road sedang
  7. Kualitas suspensi bagus
  8. Peredaman kabin bagus
  9. Pilihan sparepart modifikasi cukup banyak

Kekurangan Mobil Opel Blazer


  1. Harga jual yang sangat murah
  2. Sistem AC jadul dan sering rewel
  3. Mesin mudah overheat
  4. Ketersediaan suku cadang sedikit dan mahal
  5. Berat mencapai 2.2 ton
  6. Radius putar besar, sehingga sulit diparkir
Daftar harga Opel Blazer

Daftar harga Opel Blazer


  1. Tahun 1996-1998 : Rp 40-65 jutaan
  2. Tahun 1999-2002 : Rp 50-75 Jutaan
  3. Tahun 2003-2005 : Rp 70-85 Jutaan

Bagi anda yang menginginkan mobil Opel Blazer ini memang harus diingat terdapat beberapa kekurangan yang cukup merepotkan. Namun semua tertutupi karena dengan harga yang terjangkau anda bisa memiliki mobil dengan kualifikasi yang lebih dibandingkan harga jualnya. Sekian artikel tentang Blazer, Semoga bermanfaat !

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi Lengkap dan Harga Chevrolet Opel Blazer