Spesifikasi dan Review Lengkap Lancer Evo 4 Indonesia


Lancer Evo 4, pabrikan Mitsubishi memang terkenal karena sering menjuarai ajang balap sekelas WRC yang memang sangat populer dikancah Internasional itu. Mitsubishi pun tak menyia-nyiakan kesempatan bagus itu untuk masuk kedalam pasar Indonesia sejak tahun 1996. Tentu saja kebanyakan peminatnya sudah tak asing lai dengan sedan Mitsubishi satu ini, yakni Lancer Evolution. Yang memiliki nama identik dengan mobil berperforma tinggi yang memiliki teknologi canggih sehingga menjadi mobil yang selalu di idam-idamkan para penyuka kecepatan di seluruh penjuru dunia. Namun, spesifikasi yang dibawa mitsubishi untuk Evo 4 yang dipasarkan di Indonesia sangat berbeda dari yang seharusnya. Karena Lancer yang diedakan ditanah air lebih dikenal dengan sebutan Lancer CK4, walaupun namanya lebih dikenal sebagai Lancer Evo 4 secara umum.

Spesifikasi dan Review Lengkap Lancer Evo 4 Indonesia

Masyarakat di Indonesia mungkin memang mengenal mobil ini dengan sebutan Lancer Evo 4. Padahal yang sebenarnya terjadi pada mobil ini adalah memiliki spesifikasi mesin yang berbeda dengan Lancer Evolution mobil balap. Hanya desain bodynya saja yang memang dibuat serupa dengan Evo 4, selebihnya berbeda. Walaupun begitu, mobil sedan keluarga mitsubishi ini tetap sukses di pasaran Indonesia. Kebanyakan peminat mobil ini berdecak kagum denan desainnya yang sangat sporty dan kompak. Terlebih lagi dikalangan anak muda penyuka modifikasi. Hingga saat ini pun peminat mobil yan diproduksi sejak 1996 ini mobil bekasnya masih laris dipasaran.

Setelah produksi aktif di Indonesia sejak 1996, lancer terus mengaktifkan produksinya hingga pada tahun 2000 lancer mengganti tampilan mobil evo 4 atau lebih dikenal dengan istilah facelift. Evo 4 hadir dalam dua varian tipe GLXi dan Sei, keduanya hanya memiliki perbedaan pada tampilan bodinya dan kelengkapan fitur. Dengan tie Sei yang dilengkapi dengan fitur yang lebih komplit, ditambah dengan sistem keamanan pada remnya yang sudah dibekali teknologi ABS, disematkan pula Air Bag untuk pengemudi dan penumpan depan. Perbedaan pada tampilannya yan paling mudah dilihat yakni dengan adanya penambahan spoiler dan body kit, kemudian terdapat tambahan garnish di bagian lampu belakang.

Eksterior dan Interior Mobil Lancer Evo 4

Eksterior dan Interior Mobil Lancer Evo 4

Eksterior

Pada bagian luar mobil memiliki desain yang atraktif dan jauh dari kesan jadul, terlihat sangat menarik perhatian, terutama kaum muda. Desain badan mobil pada generasi sebeulumnya memiliki bentuk membulat serta minimalis telah sirna dan berganti dengan beberapa lekukan tajam.desain luar mobil ini lebih mengandlkan tampilan yang gagah dan sangat sporty. Mobil evo 4 memang sering diburu oleh para ABG atau kawula muda yang memang memiliki hobi otomotif. Apabila anda mengganti bumper depan mobil dengan model Rally Evo 4, maka mobil ini akan sulit dikenali sebagai Lancer CK4.

Interior Mobil Lancer Evo 4

Model Interior Mobil Lancer Evo 4

Interior

Pada bagian Interior Mobil Lancer Evolution memang masih menggunakan material yang sama dengan model sebelumnya yakni berbahan plastik. Hal tersebut sangat disayankan, sebab membuat kesan Mobil tampak tidak mewah. Dan beberapa pengguna mobil ini jua sering mengeluhkan jika bagian dashboardnya cepat getas dan tombol konsolnya sering kali pecah, jika dipencet dengan keras. Ruang kabin yang dimiliki oleh mobil ini tergolong pas untuk ukuran sedan, yakni tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit. Mobil ini masih cukup ideal bagi anda yang akan berpergian dengan beranggotakan 4 orang penumpang berserta pengemudi.

Perbedaan Lancer Evo 4 asli dengan Lancer CK4 (Lokal)

Seperti yang telah dibahas sebelumnyya, bahwa Lancer Evo yang dipasarkan di Indonesia bukan sepeuhnya lancer yang sering menjuarai ajang balap di WRC. Sehingga keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak dan signifikan, apalagi pada bagian dapur pacunya. Lancer CK4 (alias Evo 4 Lokal) yang sering ditemui dijalan memiliki basic bagian bodi yang berbeda dengan yang asli.

Perbedaan paling mencolok adalah pada dapur pacunya, dimana EVO 4 yang asli dibekali mesin dengan high performance, mesin yang digunakan saja berkapasitas 2000 cc DOHC, sangat jauh berbeda dibandingkan Lancer CK4 Lokal yang hanya berkapasitas 1600 cc bertipe SOHC. Evo yang asli juga dilengkapi dengan teknologi Turbocharger, ditambah lagi sistem penggerak rodanya pun menadopsi sistem AWD atau All Whell Drive. Tenaga CK4 hanya memiliki tenaa maksimal 110 HP, sedangkan Evo 4 asli mampu mengeluarkan tenaga dua kali lipatnya yakni 276 HP. Sangat berbeda jauh bukan ?

Spesifikasi Mobil Lancer Evo 4 Indonesia

Spesifikasi Mobil Lancer Evo 4 Indonesia


  • Tipe Mesin : 4G92, SOHC 1600cc 4 Cyl-Inline, 16 katup
  • Tenaga Maksimal : 110 HP / 6000 rpm
  • Torsi Maksimal : 137 Nm / 5000 rpm
  • Diameter x Langkah : 81 x 77.5 mm
  • Rasio Kompresi : 1: 10
  • Konsumsi Bahan Bakar : 8-11 km/L (Dalam Kota), 10-13 km/L (Luar Kota)
  • Transmisi : 5 Kecepatan Manual, 4 Kecepatan Otomatis
  • Suspensi : MacPherson Strut with stabilizer (Depan), Multilink with stabilizer (Belakang)
  • Kompetitor : Toyota All New Corolla dan Honda Civic Ferio

Kelebihan dan Kekurangan Lancer Evo 4

Kelebihan :

  • Handling cukup Bagus
  • Sparepart melimpah
  • Memiliki model yang sangat mirip Evo 4 yang terkenal diajang Rally Internasional
  • Biaya perawatan tergolong murah
  • Harga jual bertahan

Kekurangan :

  • Suspensi dan kaki-kaki ringkih
  • Harga sparepart mahal
  • Sulit mendapatkan mobil ini dalam keadaan sempurna dalam hargayang terjangkau.
Daftar Harga Lancer Evo 4

Daftar Harga Lancer Evo 4

Pada dasarnya mobil sedan yang memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni ini tergolong dalam dua varian yan berbeda yakni Lancer Evo tipe GLXi dan Lancer Evo SEi yang semuanya dilahirkan sejak tahun 1996 hingga tahun 2000 silam. Berikut daftar harga bekas yang normal ditemui dipasaran :

  • Evo 4 Tipe GLXi tahun 1996-2000 : Rp. 60-80 Juta
  • Evo 4 Tipe SEi tahun 1996-2000 : Rp. 65-85 Juta

Sebenarnya, Mobil Lancer Evo 4 atau Lancer CK4 ini sangat cocok untuk penggunaan harian dalam kota ataupun luar kota. Selain itu, berdasarkan spesifikasi diatas, mobil ini sudah lebih dari cukup mumpuni dari berbagai sisi, baik mesin maupun desainnya. Performa yang dikeluarkan juga sebanding dengan sedan keluaran pabrikan lain. Kemudian memiliki nilai lebih lain yakni ada pada sisi tampilan eksterior yang terlihat sporty dan modern. Nah jika anda lebih mementingkan keperluan mobil untuk balapan dan ajang kompetisi setara itu anda bisa membeli Lancer Evo 4 asli yang mungkin pernah diimport dari neara lain. Nah, sekian yang dapat diinformasikan. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi dan Review Lengkap Lancer Evo 4 Indonesia