Review Lengkap Mitsubishi Galant VR dan V6

iklan
Mobil ini merupakan salah satu produk dari Mitsubishi Motor. Nama Galant yang berarti sangat sopan ini diambil dari bahasa perancis. Mitsubishi galant ini masuk ke pasar Indonesia melalui PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor pada tahun 1977 dalam segmen sedan medium yang mengincar pangsa pasar eksekutif. Galant dalam segmen sedan esekutif ini memang memiliki sejarah yang panjang, sehingga tak heran memiliki beragam tipe serta tahun yang terangkum dalam sejarah mobil galant Indonesia. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca terlebih dahulu generasi demi generasi galant yang ada di Indonesia.

Review Lengkap Mitsubishi Galant VR dan V6

Sejarah Generasi Mitsubishi Galant di Indonesia

Generasi Galant Sigma 1 dan 2

Pada awal kemunculannya di tahun 1977, Mitsubishi mengeluarkan Galant Sigma dalam dua varian berbeda yakni GL dan GLX. Perbedaan Keduanya ada pada mesin yang disematkan, Tipe GL menganut mesin berkapasits 1.600 c dengan 4 kecepatan, sedangkan GLX dengan kapasitas 2.000 cc memiliki 5 kecepatan. Perbedaan lainnya terletak pada warna interior mobil. Dimana tipe GL menggunakan warna hitam sedangkan GLX menggunakan two tone color yakni coklat dan coklat muda. Pada GLX tedapat Reclining back seat dan Tachometer. Produksi Galant sigma gen 1 berhenti pada tahun 1982. Pada tahun 1982 digantikan dengan kemunculan galant sigma generasi kedua dengan bentuk yang lebih aerodinamis. Galant sigma generasi kedua hanya sampai tahun 1984.

Generasi Galant II

Mitsubishi galant II memulai launchingnya sejak tahun 1964 dengan kapasitas 1800 cc mengantikan Galant Sigma. Muncul dengan desain yang lebih dinamis. Varian yang ditawarkan hanya satu varian saja. Generasi galant II ini mendapatkan penghargaan Golden Steering Wheel dalam ajang di negeri Eropa. Namun kesuksesan tersebut tidak dibarengi dengan angka penjualan yang baik di Indonesia. Kabarnya desain bodi dan mesin mobil ini kalah saing dengan Honda Accord Executive dieranya.

Generasi Eterna 1 dan 2

Galant Eterna 1 merupakan versi facelift dari Galant II yang diluncurkan sejak 1987 dengan hanya berganti nama menjadi eterna. Dengan bekal mesin 2000 cc, dengan 5 kecepatan, dilengkapi pula fitur seperti power steering, power window, central lock, electric mirror dan reclining back seat Galant eterna 1 ini hanya diproduksi selama satu tahun saja karena penjualannya yang terus merosot.

Pada 1988 muncul Eterna Kedua dibekali dengan mesin 2.000 cc DOHC 16 valve dengan teknologi GTI, disediakan pula versi SOHC. Melalui versi ini Mitsubishi mampu menaikkan angka penjualan dan mampu bersaing dengan Accord serta Corona saat itu. Diproduksi selama 5 tahun Eterna mengalami beberapa kali facelift dan sempat mengeluarkan transmisi automatic di 1991 untuk varian DOHC. Eterna kedua berhenti produksi pada tahun 1993.

Generasi Mitsubishi Galant VR dan V6

Dalam artikel ini yang akan dibahas adalah mengenai generasi Galant VR dan V6 yang memang memiliki kesuksesan yang mumpuni setelah eterna kedua. Hadir sejak 1993 dan memiliki 2 varian mesin. V6 dengan 6 silinder segaris dan VR dengan 4 silinder segaris. Perbedaan lainnya ada pada bagian interior mobil yakni terletak pada bagian climate conntrol dimana pada versi V6 mengunakan sistem digital, sedangkan VR menggunakan sistem manual.

Generasi Mitsubishi New Galant

New galant diluncurkan pada tahun 1998 yang hadir dalam satu varian saja yakni V6 dengan 2.500 cc dengan teknologi ECI Multi 24 valve. Menggunakan downgrade mesin menjadi SOHC yang sebelumnya DOHC namun dengan kapasitas silinder yang lebih besar. Generasi Galant stop produksi total pada tahun 2005 karena kalah dalam persaingan dan menjadikan generasi new galant sebagai model terakhir. Kabarnya pada 2008 Mitsubishi mengeluarkan generasi penggantinya di segmen sedan executive dengan nama Lancer EX.

Interior Mitsubishi Galant


Spesifikasi Mesin Mitsubishi Galant

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Galant VR dan V6

Mitsubishi Galant generasi tahun 1993 hingga 1998 ini memiliki dua varian mesin yakni VR dan V6 dimana memiliki perbedaan pada kapasitas silinder dan jenis mesinnya sepeti yang terihat didaftar dibawah ini. Mitsubishi Galant ini sendiri lebih dikenal sebgai Galant Lele karena bentuk moncong depannya yang menyerupai moncong lele.

  • Tipe Mesin : E64 (VR) dan E65 (V6)
  • Jenis Mesin : 4G63 SOHC 1998 cc 4 Silinder segaris, 6A12 DOHC 1998 cc 6 silinder segaris
  • Tenaga Maksimal : 136 HP / 6.000 rpm (SOHC), 145 HP / 6.000 rpm (DOHC)
  • Torsi Maksimal : 180 Nm / 3.000 rpm (SOHC), 145 HP / 6.000 rpm (DOHC)
  • Sistem BBM : Karburator (SOHC), Multi Point Injection (DOHC)
  • Konsumsi Bahan Bakar: 6-9 km/ Ltr dalam kota, 8-10 km / ltr Luar Kota
  • Diameter x Langkah : 78.4 x 68.0 mm (DOHC), 85.0 X 88.0 mm (SOHC)
  • Transmisi : Kecepatan 5 sistem Manual, Kepatan 4 sistem Automatic INVECS dan Fuzzy Logic
  • Suspensi : Multi Link Independent
  • Dimensi (mm) : 4.640 x 1.730 x 1.395
  • Wheelbase (mm) : 2.635

Kelebihan Mobil Galant Lele

  • Memiliki kualitas yang oke untuk anak muda
  • Tipe mesin V6 memiliki suara yang khas
  • Ruang kabin luas
  • Desain mobil kental dengan image mobi sport, namun dalam bentuk sedan non coupe

Kekurangan Mobil Galant Lele

  • Material interior kurang berkualitas
  • Banyak komponen yang harus diganti, karena umurnya sudah tua
  • Biaya perawatan mahal
  • Sparepart mahal dan susah dicari
  • Kaki-kaki rapuh
  • Boros bensin
Harga Untuk Mitsubishi Galant

Harga Mitsubishi Galant VR atau V6

Harga Mitsubishi Galant VR atau V6

Dengan harga yan terjangkau, anda bisa mendapatkan mobil ini digarasi rumah anda. Namun anda harus hati-hati dalam memilih mobil sedan yang sudah berumur tua ini. kemungkinan terjadi kerusakan pada mobil ini yang terparah adalah bagian suspensinya.

  • Harga Mitsubishi Galant Lele Tahun 1993-1998 : Rp. 40-50 juta

Setelah menyimak keseluruhan sejarah mobil Mitsubishi Galant di Indonesia memang memiliki fase surut paling banyak dibandingkan fase pasangnya. Pasalnya mobil ini memiliki rival yang cukup berat saat masa produksinya. Dari keseluruhan generasi yang ada kesuksesan penjualan hanya pada generasi eterna kedua dan tipe Galant VR dan V6 ini saja yang mampu bersaing dipasaran sedan eksekutif. Spesifikasi dan harga galant yang ditawarkan di pasar mobil saat ini memang memiliki variasi yang beragam tergantung tipe dan tahun produksi yang dimiliki mobil. Dan salah satu pilihannya adalah tipe Galant Lele yang memang terkenal ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Review Lengkap Mitsubishi Galant VR dan V6