Spesifikasi dan Review Nissan Terrano Indonesia

iklan
Nissan Terrano Indonesia merupakan mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang perakitan dan produksinya dilakukan di Purwakarta Indonesia. Produk Nissan memang terkenal dengan desain yang gagah dan kuat, sehingga tidak heran jika tampilan dari mobil SUV Nissan Terrano ini sangat gagah dan maskulin. Mobil ini sudah muncul di luar Indonesia sejak tahun 1985, sehingga memang teknologi yang digunakan Nissan Terrano ini sianggap ketinggalan jaman dibanding mobil tipe SUV seangkatannya.

Nissan Terrano Indonesia

Awal tahun 2017, tersiar kabar bahwa Nissan telah merilis Nissan Terrano terbaru. Namun, hal ini masih menjadi tanda tanya apakah perilisannya juga akan sampai di Indonesia? Nissan versi terbaru muncul dengan kerjasama bersama Renault. Namun hingga saat ini belum diketahui pasti kapan PT. Nissan Motor Indonesia membawa masuk Nissan Terrano terbaru ini masuk ke tanah air.

Mesin Nissan Terrano

Spesifikasi Nissan Terrano:

  • Jenis : Jip / SUV
  • Tipe : WD21
  • Kode Mesin : Z24 SOHC 2389 cc ; 2,4 L ; 4 silinder segaris
  • Tenaga : Output maksimum 118 HP / 4.800 RPM
  • Torsi : Maksimum 185 nm / 2.800 RPM
  • Bore x Stroke : 89 X 96 mm
  • Rasio Kompresi : 8,3 : 1
  • Kapasitas Tangki : 80 L (bahan bakar)
  • Sistem Bahan Bakar : Karburator
  • Transmisi : Manual 5 Speed
  • Suspensi : Independent double wishbone, Torsion bar with telescopic shock absorber, Stabilizer bar (depan) Rigid axle, 5 Link coil springs, Shock absorber, Stabilizer bar (belakang)
  • Wheelbase : 2.650 mm
  • Panjang : 4.365 mm
  • Lebar : 1.695 mm
  • Tinggi : 1.690 mm
Desain Nissan Terrano

Model Desain Nissan Terrano

Desain Nissan Terrano

 Mesin Nissan Terrano yang berada di Indonesia hanya mempunyai penggerak pada roda belakang (RWD). Padahal di luar negeri, mobil ini terkenal dengan sistem gerak 4x4 yang dimilikinya. Hal ini disebabkan oleh sistem perpajakan yang ada di Indonesia menetapkan nilai rupiah yang sangat tinggi untuk mobil dengan penggerak 4 roda dan nantinya berdampak pada harga jual mobil yang sangat mahal. Karena itu, sama kasusnya dengan Suzuki Vintara, maka untuk mengakalinya kemudian Nissan memasarkan versi 4x2 saja. Nissan Terrano sebelum facelift sebenarnya bisa diubah menjadi 4WD. Namun, untuk versi setelah facelift setelah 1997 harus melakukan modifikasi lebih sulit untuk dibuat 4WD. Hanya tipe A/J Limited saja yang beredar pada tahun 1995 hingga 1996 syang sudah 4WD.

Beredar pertama kalinya di Indonesia pada tahun 1995 dibagi menjadi 3 tipe Nissan Terrano yaitu tipe SLX, tipe SGX dan tipe A/J Limited. SLX merupakan tipe yang paling murah, sementara tipe SGX merupakan tipe kelas menengah dan tipe A/J Limited merupakan tipe yang paling mahal sekaligus memiliki fitur yang paling lengkap. Tampilan eksterior mobil ini terlihat kuno khas era awal 90an walau baru diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan tahun 90an dengan ciri-ciri khususnya terdapat 3 lubang segaris di kap mesin. Selanjutnya, pada tahun 1997 muncullah facelift dengan varian baru yaitu tipe Spirit, tipe GrandRoad XT-R dan tipe KingsRoad F1.

Kelebihan Nissan Terrano terlihat pada tampilan yang kekar dan gagah serta ruang kabin mobil yang begitu lega sehingga mobil akan terasa lebih nyaman. Bisa dilihat dari tubuh mobil ini yang memiliki lengkungan yang tajam di setiap sisinya sehingga memunculkan kesan bahwa mobil Terrano ini memiliki karakter yang kuat sebagai mobil petualang.

Salah satu keunggulan Nissan Terrano yang lain yakni posisi ground clearence yang tinggi. Sebagai mobil yang menuntut untuk dapat dikendarai di berbagai medan jalanan memang sudah seharusnya mobil memiliki ground clearence yang tinggi sehingga pada saat mobil melaju di medan jalan yang tidak rata akan tetap terasa nyaman. Suspensi mobil ini juga terasa empuk karena penggunaan jenis suspensi yang berkualitas. Sehingga membuat mobil ini memiliki sistem kejut yang bagus dan menimbulkan kenyamanan berkendara menjadi lebih maksimal. Dengan mesin dapur pacunya, mobil ini mampu berlari dengan kecepatan maksimal 118HP pada 4.800 RPM dengan torsi maksimal 185Nm pada 2.800RPM, dengan kekuatan tersebut mobil ini bisa melaju diberbagai medan jalanan dengan mudah.

Nissan Terrano juga memiliki peredam kabin bagus yang bisa dirasakan langsung oleh para pengemudi, tentu hal ini akan memberikan kenyamanan berkendara yang lebih karena suara bising yang ada disekitar mobil tidak akan terdengar atau masuk pada kabin mobil. Kelebihan selanjutnya yaitu sparepart yang mudah ditemukan dan biaya perawatan yang murah dan terjangkau.

Kelemahan Nissan Terrano yang ada pada mobil SUV ini yakni sistem bahan bakarnya belum menggunakan injeksi melainkan masih menggunakan sistem bahan bakar karburator. Sehingga dalam penggunaannya mobil ini dinilai cukup boros bahan bakar. Selanjutnya, fitur-fitur yang ditawarkan masih sangat minim. Fitur interior pada mobil ini masih sangat standar dan tidak ada fitur unggulan yang ditawarkan. Selain belum menggunakan sistem injeksi dan fitur yang disajikan kurang lengkap, Mobil Nissan Terrano mempunyai harga jual kembali yang sangat rendah. Sehingga para pembeli pasti menjadi berpikir ulang untuk membeli mobil ini

daftar harga Nissan Terrano terbaru

Berikut daftar harga Nissan Terrano terbaru

  • Harga Terrano Tipe SLX 1997 : Rp 70 Juta
  • Harga Terrano Tipe SGX 1997 : Rp 75 Juta
  • Harga Terrano Tipe A/J Limited 1997 : Rp 85 Juta
  • Harga Terrano Tipe GrandRoad XTR 2000 : Rp 100 Juta
  • Harga Terrano Tipe GrandRoad XTR 2000 : Rp 100 Juta
  • Harga Terrano Tipe GrandRoad XTR 2001 : Rp 110 Juta
  • Harga Terrano Tipe GrandRoad XTR 2002 : Rp 120 Juta
  • Harga Terrano Tipe GrandRoad XTR 2003 : Rp 130 Juta
Sekian review Nissan Terrano yang dapat kami disajikan. Dari review yang disajikan, kita dapat melihat bahwa mobil Nissan Terrano ini mempunyai kelebihan lebih banyak dibandingkan kelemahannya. Jadi, semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk menentukan mobil pilihan Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi dan Review Nissan Terrano Indonesia