Spesifikasi dan Review Honda Civic 2008 FD1 dan FD2

iklan
Honda Civic 2008 merupakan salah satu keluaran dari Honda Motor Company generasi ke delapan rentang tahun 2006 – 2011. Pada generasi ini, Honda meluncurkan Civic dengan dua platform berbeda yaitu untuk Eropa dengan model Hatchback dan untuk seluruh dunia dengan model sedan dan coupe. Di Indonesia sendiri pada generasi ke delapan, Civic hadir dengan model sedan 4 pintu seri Civic FD1 dengan tipe 1.8 untuk 1.8 L dan seri FD2 dengan tipe 2.0 atau tipe R untuk 2.0 L.

Model Honda Civic 2008 yang keren dan sporty serta memiliki kesan mencolok mempunyai daya pikat tersendiri terutama bagi kalangan remaja, mahasiswa maupun golongan eksekutif muda. Untuk segi kualitas, tentu tidak perlu diragukan lagi. Selain perawatan mobil yang mudah, konsumsi bahan bakar mobil ini juga irit sehingga tidak menguras isi dompet pemiliknya.

Eksterior Honda Civic 2008

1. Eksterior Honda Civic 2008


Eksterior Honda Civic 2008 yang sporty dan elegan ini tak dapat dipungkiri mempunyai nilai tambah terhadap harga jualnya. Desain yang aerodinamis terlihat dari garis serta lekukan pada bagian body luar. Model dari Civic FD juga menggunakan bumper depan untuk mengurangi sirkulasi udara (turbulensi) dekat mesin. Pada bagian depan memiliki overhang yang pendek dan profil sisi sampingnya terlihat ramping serta bagian kaca depan dibuat melandai disertai wiper pengusap kaca dengan berlawanan arah. Bagian belakang mobil juga memiliki tampilan keren yang dikolaborasikan dengan bagian stop lamp.

Interior Honda Civic 2008

Interior Honda Civic 2008

2. Interior Honda Civic 2008

Interior Honda Civic 2008 ini memiliki kapasitas kabin yang cukup luas. Tampilan interiornya cukup nyaman, terlihat sangat menarik dan memiliki gaya yang futuristik. Terdapat ruang penyimpanan yang cukup banyak dalam kabinnya, serta instrumen pengukur didesain menggunakan dua tingkat (satu speedometer dan satu tachometer). Pada bagian speedometer menggunakan tampilan digital, sedangkan pada tachometer menggunakan jarum konvensional. Terdapat pula grafik batang untuk bahan bakar serta termometer. Hal lain yang membuat sedan ini menarik lagi yaitu instrumen-instrumen tersebut tak dapat dijangkau oleh paparan sinar matahari sehingga tidak akan menyilaukan.

Selanjutnya, pada bagian roda kemudi Honda Civic FD juga terasa sangat nyaman digenggam dan feedback sangat baik sehingga mudah dalam aplikasinya. Sebelum mobil mendapat sentuhan facelift, pihak Honda hanya menyediakan transmisi berjenis manual dan matic secara konvensional. Akan tetapi pada tahun 2009, transmisi matic mendapatkan pembaruan dengan adanya penambahan pedal shift yang dapat menambah sensasi kenyamanan bagi pengemudi. Pada Honda Civic FD 2 memiliki fitur menarik yang tidak diterapkan pada Honda Civic FD 1, antara lain terdapatnya kursi kulit dan adanya fitur Vehicle Stability Assist (VSA), merupakan teknologi keselamatan dari Honda yang secara khusus didesain untuk menstabilkan gerakan kendaraan bahkan jika roda kemudi diputar secara mendadak.

Spesifikasi Mesin Honda Civic 2008

Spesifikasi Mesin Honda Civic 2008:

  • Mesin: 1.8 liter R18A1 (untuk FD1) dan 2.0 K20Z2 (untuk FD2)
  • Konfigurasi: 4 silinder segaris 16 katup SOHC (FD1 dan FD2)
  • Tenaga: 140 HP / 6.300 RPM (untuk FD1), 155HP / 6.000 RPM (untuk FD2)
  • Torsi: 177 Nm / 4.200 RPM (untuk FD1), 192 Nm / 4.200 RPM (untuk FD2)
  • Konsumsi BBM: 7-10km / L (dalkot), 10-13km / L (lukot)
  • Transmisi: 5 - speed manual dan 5 - speed otomatis
  • Suspensi: McPherson strut independent (depan), Independent double wishbone (belakang)
  • Rival: Mitsubishi Lancer EX, Toyota Corolla Altis, Subaru Impreza, Hyundai Elantra, Chevrolet Cruze, Mazda 3
  • Penjualan: 2006 - 011
Mesin Honda Civic 2008


Mesin Honda Civic 2008 menghadirkan dua pilihan transmisi, yaitu mesin R18A1 berkapasitas 1.8 L (FD1) dan mesin K20Z2 berkapasitas 2.0 L (FD2). Pada Honda Civic FD1 mampu memproduksi tenaga hingga kekuatan 140 HP pada 6.300 RPM dengan torsi maksimum 177 Nm pada 4.200 RPM. Sedangkan pada Honda Civic FD2 mampu memproduksi tenaga hingga kekuatan 155 HP pada 6000 RPM dengan torsi maksimum 192 Nm pada 4.200 RPM.

Kendaraan Honda selalu menghadirkan suspensi dengan hasil tuning yang mumpuni. Suspensi McPherson strut dengan kinerja mesin yang tepat dan tajam berkontribusi dalam hal menghindari kecelakaan ketika berkecepatan tinggi. Sedangkan suspensi Multi-link double wishbone bagian belakang menfasilitasi peredam stroke yang tahan lama serta meningkatkan posisi dumper agar tidak kandas saat beban yang diangkut berlebih.

Kelebihan Honda Civic FD1 dan FD2

  • Berteknologi i-VTEC (Intelliget Variable Valve Timing & Lift Electronic Control yaitu teknologi dari Honda untuk meningkatkan tenaga saat kecepatan rendah, menengah dan tinggi serta dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan juga mengurangi emisi gas buang)
  • Ukuran kabin luas
  • Speedometer serta konsol tengah yang futuristik
  • Tenaga responsif
  • Konsumsi BBM efisien
  • Handling yang mantap
  • Desain interior modern
  • Nyaman

Kekurangan Honda Civic FD1 dan FD2

  • Kursi depan terasa agak keras
  • Terdengar bising pada kecepatan tinggi
  • Minim fitur (pada FD1)
  • Bantingan lumayan keras (efek dari handling)
  • Posisi kursi agak terlalu rendah

Harga Honda Civic FD1 dan FD2 bekas dibanderol dengan kisaran harga Rp 170 juta – Rp 190 jutaan. Untuk Honda Civic FD1 manual tahun 2006 dengan kondisi sempurna dibanderol seharga Rp 170 jutaan. Sedangkan untuk Civic FD2 dengan kondisi, tipe transmisi dan tahun yang sama dibanderol seharga Rp 180 juta – Rp 190 jutaan. Harga tersebut akan meningkat setiap tingkatan tahunnya kurang lebih Rp 10 jutaan. Jika untuk Civic bekas, harga juga tergantung kondisi mobil dan masing-masing wilayahnya. Sedangkan untuk harga baru sejak awal kemunculannya waktu itu dibanderol kisaran harga Rp 215 juta –Rp 270 jutaan dimana semakin naik tiap tahunnya dalam kurun waktu generasi Civic ke delapan.

Usai sudah review Honda Civic 2008 kali ini. Walaupun dengan kondisi second, mobil ini dinilai sangat “worth it” untuk dimiliki pada jaman sekarang. Dengan tampilannya yang sporty, modern dan classy, mobil ini tentu tak akan lekang oleh waktu dan akan terlihat selalu menarik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Spesifikasi dan Review Honda Civic 2008 FD1 dan FD2