Video Kecanggihan Sistem ProPILOT New Nissan Serena

Advertisement

Baru-baru ini Nissan telah membuat kehebohan dengan sistem ProPILOT yang dipasang pada New Nissan Serena yang dijadwalkan akan mulai dijual di Jepang pada akhir Agustus tahun ini.  Hal ini merupakan langkah pertama Nissan untuk menuju cara mengemudi otomatis sepenuhnya (fully-autonomous driving). Untuk memberikan sedikit penjelasan bagi masyarakat awam, Nissan telah merilis beberapa informasi dan video untuk menjelaskan bagaimana semua sistem tersebut bekerja.
.
ProPILOT mungkin akan menjadi basic Nissan untuk sistem penggerak otonom, tetapi sistem satu lajur (single-lane) di Serena sedikit lebih mengadaptasikan sistem cruise control dengan stop-and-go traffic capabilities dan steering assist seperti sistem yang dipasang pada Mercedes Benz S-Class W222 dan Volvo XC90. Nissan mengklaim dirinya sebagai produsen mobil Jepang pertama yang mengendalikan kemudi, sistem rem dan throttle otomatis penuh walaupun mereka mengambil pernyataan yang agak ambisius dengan sedikit garam.

Video Kecanggihan Sistem ProPILOT New Nissan Serena


Perbedaan utama antara pendekatan Nissan dengan sistem dari produsen lain adalah bahwa ia tidak menggunakan radar untuk mendeteksi jarak kendaraan di depannya, ProPILOT hanya memanfaatkan kamera mono tunggal di bagian atas kaca depan, sama seperti yang digunakan untuk sistem pengereman darurat pada Nissan Serena (Autonomous Emergency Braking (AEB) system).

Nissan mengatakan bahwa kamera ini dilengkapi dengan software image processing canggih yang dapat mengenali kedalaman tiga dimensi, sehingga memungkinkan untuk mendeteksi kedua kendaraan di depan dan jalur jalan. Berdasarkan informasi dari kamera tersebut, prosesor berkecepatan tinggi mengontrol kemudi, rem dan throttle, kemudian menjaga jarak tertentu dari kendaraan di depan dengan kecepatan antara 30 dan 100 km/jam.
 


Seperti sistem cruise control adaptif canggih lainnya, sistem akan menjaga Serena di pusat jalur utama, bahkan ketika berada di jalan tol yang melengkung dan secara otomatis akan menerapkan rem untuk membawanya berhenti total jika kendaraan di depan melakukan hal yang sama. Setelah kendaraan di depan bergerak kembali, pengemudi bisa mengaktifkan ProPILOT dengan menekan tombol resume pada roda kemudi atau dengan menekan pedal gas secara ringan. 

Sistem mengemudi otonom ProPILOT ini akan terus dikembangkan, Nissan berencana untuk memperkenalkan kemampuan multi-jalur termasuk perubahan jalur otonom dan menempatkannya di segmen yang sama seperti sistem Autopilot Tesla di tahun 2018 mendatang dan trend autonomous driving di lingkungan perkotaan yang bertepatan waktunya dengan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo tahun 2020

*sumber : paultan.org

Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Video Kecanggihan Sistem ProPILOT New Nissan Serena