Jangan Kaget, 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China !

Perkembangan industri otomotif China begitu pesat sejak beberapa tahun silam. Memasuki awal millenium baru atau sekitar tahun 2000-an di tanah air kita sendiri pernah menyaksikan hadirnya beberapa sepeda motor bebek buatan negeri Tirai Bambu itu yang modelnya mencontek pabrikan Jepang. Beberapa nama yang sempat populer diantaranya yaitu Jialing, Jincheng, dan Qinqy.

Ternyata negeri yang memiliki penduduk terbanyak di dunia ini memang dikenal sebagai negara penghasil produk imitasi dalam berbagai industri seperti elektronik, otomotif, fashion hingga mainan anak-anak yang kini banyak mewabah di negara kita. Bahkan untuk beberapa kasus produk tiruan mobil buatan China belakangan ini sering dituntut ke ranah hukum oleh pabrikan aslinya.

Jadi jangan kaget jika 7 Motor Sport ini juga mempunyai kembaran identiknya di China, lalu model dan merek apa sajakah ketujuh motorsport yang berhasil dijiplak oleh pabrikan asal negara Kungfu Panda tersebut? 

Berikut ulasannya.

1. Kawasaki Ninja 300 vs Kengo R350

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - Kengo R350

Namanya kembar identik, sekilas sulit sekali untuk membedakan kedua penampilan motorsport gagah ini. Namun seperti namanya Kengo R350 memiliki kapasitas mesin lebih besar dari Ninja 300 yakni sebesar 320,7 cc DOHC dengan 2 silinder dan tenaga yang dihasilkannya mencapai 23,5 tenaga kuda. Yang bikin kaget tentu harganya yang hampir 3/4 lebih murah dari Kawasaki Ninja 300, Kengo R350 juga tidak hanya dipasarkan di dalam negeri China saja tapi juga telah merambah pasar ekspor hingga ke Thailand dan Vietnam. 

2. Honda CBR 250R vs ZJMM R12

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - ZJMM R12

Honda juga menjadi pabrikan yang sering menjadi korban tiruan produk China, seperti terjadi pada model CBR 250R ini. Adalah pabrikan bernama Zhejiang Jiajue Motor Manufacturing (ZJMM) yang memproduksi motorsport R12 dengan model dan rupa yang mirip Honda CBR 250R, mereka juga menyediakan dalam 2 mesin yakni 250 cc dan 125 cc.

3. Yamaha R6 vs Yayama R6

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - Yayama R6

Dari segi namanya saja sudah hampir membuat kita terkecoh hehe... Moge Yamaha berkapasitas 600 cc ini hadir di China dengan kapasitas mesin lebih kecil yakni hanya seperempatnya (150 cc). Namun seperti terlihat di gambar, penampilan Yayama R6 ini tidak kalah keren dari aslinya, tengok saja kaki-kaki bagian depannya yang kekar dengan ban ukuran besar dan cakram ganda.

4. Bajaj Pulsar vs Gulsar  

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - Gulsar

Kali ini giliran motor sport buatan India yang berhasil diduplikasi oleh perusahaan otomotif China bernama Taian Chiran Machinery Company Ltd. Dengan nama yang tidak begitu jauh selain diproduksi untuk pasar domestik, Gulsar juga telah diekspor ke beberapa negara di Amerika latin. 

Namun menurut informasi yang beredar, kabarnya pabrikan yang memproduksi Bajaj Pulsar (Bajaj Auto)  itu telah memenangkan gugatannya di pengadilan atas hak kekayaan intelektual dari produk yang ditiru tersebut.

5. Honda Grom vs Wonjan WJ150

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - Wonjan WJ150

Motor sport mini Honda Grom menjadi model yang juga ditiru oleh pabrikan motor China dengan nama Wonjan WJ150. Namun perbedannya imitasi Honda Grom ini memiliki mesin lebih besar dari aslinya yakni 150 cc yang mampu menghasilkan tenaga 13,1 bhp, lebih besar dari Grom yang hanya 10 bhp. 

6. Ducati Panigale vs Wonjan WJ300 Space Ranger

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - Wonjan WJ300 Space Ranger

Bagi anda yang mendambakan motorsport premium Ducati Panigale namun terkendala dengan dana, mungkin Wonjan WJ300 Space Ranger ini bisa menjadi pilihan. Produk yang diciptakan oleh pabrikan yang juga meniru Honda Grom ini menjanjikan motorsport keren yang mirip Panigale dengan mesin berkapasitas 300 cc dan tersedia dalam model full-fairing dan semi-fairing

7. KTM Duke vs C8 Tomahawk

Jangan Kaget Jika 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China ! - Jiajue C8 Tomahawk

Pabrikan motorsport asal Austria yang terkenal dengan beberapa model motorcross dan supermotonya juga tidak luput dari korban imitasi produk China. KTM Duke mempunyai kembaran bernama C8 Tomahawk yang diproduksi oleh Zhejiang Jiajue Motorcycle, model tersebut juga kabarnya tersedia dalam 3 pilihan mesin yakni 150cc, 250cc dan 300cc.

*sumber : indianautosblog.com

Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jangan Kaget, 7 Motor Sport Ini Punya Kembaran di China !