Review, Spesifikasi dan Harga Motor Baru Kawasaki Z125 2016


Motor baru Kawasaki Z125 resmi diluncurkan pabrikan kuda besi Jepang berciri khas warna hijau pada tanggal 24 Februari 2016 kemarin. Motor yang masih keturunan dari model keluarga Z ini merupakan segmen baru bagi Kawasaki di kelas sport 125 cc. Dengan bodi yang mungil dan mengusung konsep 'Mini Moto' naked bike, motor ini sangat cocok untuk menunjang mobilitas kaum urban yang memiliki aktivitas super sibuk di perkotaan. Untuk lebih mengenalnya, mari kita simak ulasan spesifikasi dan harga Kawasaki Z125 2016 di bawah ini.


Review, Spesifikasi dan Harga Motor Baru Kawasaki Z125 2016

Spesifikasi Kawasaki Z125


#Desain 


Sebagaimana model sport Kawasaki lainnya, penampilan Z125 juga tidak kalah garang. Meskipun kapasitas mesinnya kecil, desain bodi Z125 sangat menarik perhatian dan tampil layaknya sebuah motor besar. Lampu depan terlihat agresif dengan memakai desain Fierce Headlamp Cowl yang didopsi dari model Z lainnya dan merupakan style kunci desain Z yang atraktif. Selain itu multi-reflektor headlamp memberikan pencahayaan yang jelas dan merata untuk perjalanan di malam hari.

Spesifikasi Motor Baru Kawasaki Z125 - Fierce Headlamp Cowl - Sporty Instrumentation

Tampilan sporty juga terlihat di bagian panel speedometer yang menggabungkan desain analog dengan layar LCD multifungsi. Selain itu beberapa fitur premium seperti indikator posisi gigi, pengukur bahan bakar, jam, odometer serta trip meter juga memberikan informasi yang berguna bagi penggunanya. Konsep Z style di bagian belakang tampak pada desain lampu belakang Sharp LED Tailight dengan bentuk yang tajam dan ramping. Seperti pada model Z800 cahaya lampunya membentuk pola huruf Z yang elegan. 
 
Sharp LED Taillight - Compact Engine Shroud

Beralih ke bagian tengah bodi, di bawah tangki terdapat Compact Engine Shroud yang membuat penampilan Z125 ini semakin gagah dan menggambarkan desain supernaked yang agresif. Sayap ini juga berfungsi untuk melindungi mesin dari cipratan lumpur yang dipadukan dengan desain ramping tanki bahan bakar yang atasnya miring ke depan.

Sharp Under-Cowl - Under Engine Muffler

Desain unik terlihat pada posisi muffler knalpot yang tersimpan di bagian bawah mesin (Under-engine Muffler) dengan material terbuat dari bahan stainless berdaya tahan sangat baik. Selain mendukung desain kompak, hal ini juga membuat sentralisasi masa berpusat di tengah, sehingga menghasilkan pengendalian yang ringan dan meningkatkan kemampuan manuver Z125. Penampilan Kawasaki Z125 yang agresif dan sporty semakin lengkap dengan hadirnya pelindung bagian bawah mesin (Sharp Under-cowl).

#Performa 

Untuk mendukung desain Z Style yang agresif, spesifikasi Kawasaki Z125 mengusung konsep Supernaked Performance untuk pergerakan Z125 ini. Konsep ringan, mudah, praktis dan nyaman ditunjukkan dengan berat total kendaraan sebesar 101 kg dan sasis kompak dengan panjang keseluruhan 1.700 mm. Dengan radius putar 2,1 meter membuatnya lebih mudah dikendalikan saat melewati tikungan dan memfasilitasi navigasi lalu lintas perkotaan. Ketinggian joknya yang hanya 780 mm memudahkan pengendaranya untuk mencapai tanah, hal ini merupakan fitur yang sangat penting bagi para pengguna motor sport baru. Tanki bahan bakarnya berkapasitas 7,4 liter dengan konsumsi BBM yang irit membuat pengisiannya bisa dilakukan dalam jarak yang cukup jauh. 

Urusan dapur pacu Kawasaki Z125 dibekali mesin 4 langkah berkapasitas 125 cc yang ditunjang sistem asupan bahan bakar Fuel Injected. Mesin SOHC sederhana 2 katup ini dapat diandalkan dengan sistem pendingin udara gerakan halus yang lancar (Single Revs Smoothly) ke kisaran RPM tinggi memberikan akselerasi yang kuat untuk pengunaan sehari-hari. Tenaga maksimal yang dihasilkan oleh mesin Z125 adalah sebesar 9.4 PS pada putaran mesin 7.500 Rpm dengan torsi puncak mencapai 9.5 Nm pada 6.000 Rpm.

Sistem injeksi bahan bakar menjamin pengiriman bahan bakar secara stabil dan terlepas dari suhu udara luar dan tekanan atmosfir. Selain itu juga akan memastikan karakteristik awal yang sangat baik, apakah mesin panas atau dingin. Sebuah φ24 mm throttle body memberikan kontribusi terhadap karakter quick-revving dan bentuk long-nose injektornya memberikan kontribusi untuk menghasilkan kekuatan sportyKombinasi antara starter elektrik dan sistem bahan bakar injeksi ini memastikan penggunanya lebih mudah ketika hendak menghidupkan motor.

Review Supernaked Performance Kawasaki Z125 2016

Sistem transmisi Kawasaki Z125 menggunakan kopling sentrifugal sehingga sangat ideal bagi mereka yang mencari performa melompat dalam menikmati perjalanan. Kawasaki juga menyediakan Z125 PRO yang menawarkan kopling manual bagi mereka yang menginginkan kontrol lebih besar dalam mengarungi jalanan perkotaan yang padat. Sebuah link-type shift lever yang juga terdapat pada sistem perpindahan gigi model besar keluarga Z akan mengurangi beban input yang diperlukan untuk perpindahan gigi.

Untuk menunjang pengendalian yang gesit dan stabil,Kawasaki Z125 dibekali sistem suspensi depan dan belakang yang sporty. Di depan sebuah inverted front fork berdiameter 30 mm menawarkan kenyamanan yang sangat baik sambil menjaga berat badan motor yang rendah untuk gaya berkendara sport. Sedangkan suspensi belakang memakai sistem The Offset Laydown yang memungkinkan paket kompak dengan kontribusi pada pengendalian gaya berkendara sporty sekaligus memberikan kenyamanan berkendara pada berbagai tingkat kejutan dengan shock yang luar biasa.

Laju motor Z125 dihentikan oleh sistem rem cakram pada roda depan dan belakangnya, hal ini sekaligus memastikan bahwa kekuatan rem disesuaikan untuk menangani gaya berkendara sporty. Cakram bagian depan berdiameter 200 mm yang diperlambat oleh single piston caliper sedangkan di belakang memakai ukuran 180 mm yang juga menggunkan piston kaliper tunggal. Selain menawarkan fungsi yang optimal ini juga menjadi penunjang penampilan Kawasaki Z125 layaknya model besar lainnya dengan gaya supernaked bike. 

Di bagian roda Kawasaki Z125 menggunakan pelek dan ban berdiameter 12 inchi dengan tipe cast wheels & road tyresPelek dan ban ini dinilai cocok untuk memberikan cengkraman yang baik dalam kondisi basah maupun kering. Ban depan menggunakan ukuran 100/90-12 49J dan belakang 120/70-12 51L untuk memberikan pengendalian yang gesit dan menambah tampilan sporty. 

Harga Kawasaki Z125 Terbaru 2016


Ditawarkan dalam dua pilihan warna yakni Candy Lime Green (hijau) dan Candy Burnt Orange (oranye), PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) membanderol harga Kawasaki Z125 sebesar Rp 29.900.000,- dalam kondisi on the road (OTR) di Jakarta. Harga tersebut merupakan harga launching yang khusus berlaku selama ajang Jakarta Fair 2016, setelah pameran tersebut itu harganya akan menjadi Rp 30.800.000,-. 

Menurut Michael Chandra Tanadhi selaku Deputy Head Sales Departemen Marketing and Sales Diviszion PT. KMI bahwa penetapan harga diatas merupakan strategi Kawasaki yang ingin memberikan harga terbaik kepada konsumennya. Michael juga menambahakan kalau harga Z125 promo ini kemungkinan akan berlangsung hingga bulan Agustus 2016.

Nah, bagi otomania yang sudah lama menantikan kehadiran mini moto Z125 ini sebaiknya segera hubungi dealer Kawasaki terdekat di kota Anda, terima kasih semoga bermanfaat ;)

*sumber : http://www.kawasaki-cp.khi.co.jp & Kompas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Review, Spesifikasi dan Harga Motor Baru Kawasaki Z125 2016