Pesaing HR-V Toyota C-HR Memang Layak Ditunggu di Indonesia


Meskipun agak terlambat untuk bermain di segmen crossover subkompak dan datang dari bangku cadangan, namun sepertinya Toyota C-HR akan berhasil mencetak gol. Mobil pesaing HR-V dan Juke yang memulai debut globalnya di Geneva Motor Show awal Maret 2016 kemarin menampilkan tampilan 'edgier' Toyota yang menarik perhatian banyak orang.

Sebelumnya C-HR merupakan sebuah mobil konsep yang dipamerkan melalui ajang Paris Motor Show 2014 dan pada awalnya sang pencipta mobil ini merencanakannya sebagai model Scion untuk pasar Amerika Serikat. Hal ini seperti yang pernah ditampilkan pada gelaran Los Angeles Auto Show Tahun 2015 lalu, namun karena kematian merek tersebut akhirnya Toyota kembali mengambil alih secara penuh proses produksi crossover kompak ini.

Foto Spyshot Toyota C-HR Hasil Produksi Toyota Motor Manufacturing Turki - Tampak Samping Kiri Depan dan Belakang - Warna Merah Marun Atap Putih

Kini Toyota C-HR sudah resmi diproduksi oleh Toyota Motor Eropa melalui salah satu basis produksinya yakni Toyota Motor Manufacturing Turki (TMMT) yang berlokasi di Sakaraya sebagai pabrik keempat Toyota di wilayah Eropa yang mengembangkan mesin mobil hybrida. Presiden dan CEO Toyota Motor Eropa Johan van Zyl mengatakan bahwa perusahaan memasuki segmen crossover dengan produk yang fantastis yang sejak awal akan menggunakan sistem powertrain hybrid setidaknya untuk pasar Eropa. Namun perusahaan juga belum menentukan apakah mesin tersebut akan menjadi satu-satunya pilihan atau tidak untuk pasar di luar Eropa. Selain di Turki Toyota juga akan memproduksi mesin hybrid-nya di pabrik mesin Toyota Motor Manufacturing UK yang terletak di Deeside, Wales Inggris.

Namun jika dilihat dari platform global Toyota yang baru (Toyota New Global Architecture), platform yang digunakan C-HR sama dengan yang dipakai pada generasi terbaru Toyota Prius, maka kemungkinan akan ada tiga pilihan mesin yakni hybrid 1.8 liter yang menghasilkan tenaga 120 tenaga kuda untuk pasar Eropa, mesin 1.2 liter turbo yang memproduksi tenaga sebesar 133 horse power (hp) dan mesin bensin 2.0 liter. Sementara itu sistem transmisinya akan tersedia dalam pilihan Continuous Variable Transmision (CVT) khas Toyota untuk mesin 1.8 dan 2.0 liter, sedangkan untuk mesin 1.2 liter selain CVT akan tersedia dalam sistem transmisi manual 6-speed.

Foto Spyshot Toyota C-HR Hasil Produksi Toyota Motor Manufacturing Turki - Tampak Depan dan Belakang - Warna Putih

Dari foto hasil spyshot seperti yang dilansir oleh halaman rushlane.com tampak 2 (dua) buah Toyota CH-R yang satu berwarna putih dan yang kedua memiliki warna dual tone yakni bodi merah marun dengan over fender hitam dan atapnya dibalur warna putih. Desain eksteriornya sendiri tidak jauh dari model konsep yakni dengan garis silhuet yang agresif, fender depan dan belakang yang khas serta desain lampu belakang yang menikung ke dalam mirip senjata boomerang. Hal ini dilakukan Toyota untuk menunjang ketangguhan berkendara di medan off-road yang didukung oleh suspensi belakang multi-link dengan sudut-sudt bodinya yang tajam yang membuat profil Toyota C-HR terlihat sporty dengan tongkrongan yang sangar.

Hingga kini belum ada informasi resmi mengenai harga Toyota C-HR, namun akan masuk akal jika crossover baru Toyota ini disegmentasikan satu slot bersama RAV4 yang memiliki harga mulai 24 ribu Dollar Amerika. Nah, lalu kapan lawan tangguh Honda HR-V ini akan masuk ke Indonesia? Kita tunggu saja perkembangannya dari APM Toyota Astra Motor (TAM), yang jelas kehadirannya patut ditunggu karena pastinya dengan spesifikasi diatas akan mendapat respon luar biasa dari para pecinta mobil berkategori Crossover Utility Vehicle (CUV) di tanah air yang sekarang cukup pesat perkembangannya

*Diolah dari berbagai sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pesaing HR-V Toyota C-HR Memang Layak Ditunggu di Indonesia