MRT05 Resmi Jadi Mobil Balap Pertama Rio Haryanto di F1


Mobil Balap Rio Haryanto di F1 - Setelah mengalami perjuangan yang panjang, pebalap Rio Haryanto akhirnya mengukir sejarah sebagai orang Indonesia pertama yang turun di ajang balapan mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1. Seperti dilansir situs BBC Indonesia Pada tanggal 18 Februari 2016 kemarin, Rio telah menandatangani kontrak dengan Tim F1 asal Inggris Manor Racing, untuk satu musim pertandingan. 

Manajar Tim Manor Racing Piers Hunnisett menyatakan bahwa kontrak Rio adalah untuk satu tahun balap yang terdiri dari 21 kali balapan. Dalam enam bulan pertama ini Rio akan menggiatkan latihan dan selanjutnya Ia akan berusaha menampilkan yang terbaik. Pebalap asal Solo berusia 23 tahun ini akan melengkapi grid Tim Manor Racing di F1 2016 bersama pebalap asal Jerman Pascal Wehrlein.

MRT05 Resmi Jadi Mobil Balap Pertama Rio Haryanto di F1

Pada hari Senin kemarin (22/02/2016) Manor Racing merilis mobil balap F1 terbarunya untuk musim 2016 yang diberi nama MRT05. Mobil balap yang akan digunakan oleh Rio dan Pascal ini merupakan hasil kolaborasi dari Mercedes-Benz dan Williams Advanced Engineering. Tampilan MRT05 hadir dengan paduan warna oranye, biru dan hitam yang dihiasi dengan atribut lambang klub dan sponsor termasuk Pertamina di beberapa bagian tubuhnya. 

Menurut Direktur Teknik Tim Manor Racing, John McQuillian dalam situs gpupdate.net, Mobil balap pertama Rio Haryanto di F1 ini merupakan mobil Formula 1 terbaik yang pernah diluncurkan oleh timnya. Manor Racing menyatakan MRT05 sebagai "Dream Car" karena merupakan paket mimpi yang sempurna yang telah melibatkan 154 orang yang ada di timnya untuk bekerja keras mendesain dan membangunnya.

MRT05 diciptakan dengan menggunakan sasis gabungan yang terbuat dari rangka alumunium berstruktur sarang lebah. Sementara itu bagian bodinya mengandalkan material campuran antara carbon dan Nomex yang mampu menahan suhu panas tinggi serta mampu menahan benturan yang lebih baik dari material lainnya.

Sedangkan dapur pacu MRT05 yang akan menjadi andalan Rio berasal dari powertrain Mercedes-Benz PU106C Hybrid lengkap dengan sistem pembuangan serta fitur Energy Recovery System (ERS). MRT05 ini didukung oleh sistem transmisi miliknya Williams Advanced Engineering dengan 3 pilihan gear yakni Sequential, Semi-Automatic dan Hydraulic Activation

*Diolah dari berbagai sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MRT05 Resmi Jadi Mobil Balap Pertama Rio Haryanto di F1