HATI-HATI ! Sekarang Polisi Incar Plat Nomor Kendaraan Seperti Ini !


Semenjak ramainya aktivitas modifikasi motor maupun mobil di kalangan para pecinta otomotif tanah air, penampilan plat nomor kendaraan pun seringkali mendapat ubahan agar terlihat serasi dengan gaya modifikasi kendaraannya. Selain itu ada juga pemilik kendaraan yang ingin nomor mobil atau motornya mempunyai arti khusus, sehingga mereka sengaja memesan nomor khusus yang bisa dibentuk agar menyerupai sebuah kata.

Namun hal tersebut seringkali tidak dipandang sebagai sesuatu yang melanggar hukum, padahal penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) itu telah ditetapkan aturannya oleh pihak Kepolisian.

Sehubungan dengan hal tersebut belakangan ini pihak Polri khususnya yang berada di wilayah Polda Metro Jaya akan menindak tegas kendaraan-kendaraan dengan plat nomor yang tidak sesuai dengan ketentuan aturan Polri. Aturan tidak diperbolehkannya kendaraan menggunakan plat nomor modifikasi sendiri, telah jelas tertuang dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 280.

HATI-HATI ! Sekarang Polisi Incar Plat Nomor Kendaraan Seperti Ini !

Seperti dilansir harian Kompas.com (16/02/2016), Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budianto menjelaskan bahwa ada 7 poin penggunaan TNKB yang tidak sesuai dengan ketentuan Polri. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. TNKB yang hurufnya diatur, angka diubah supaya terbaca atau angka diarahkan  ke belakang sehingga terbaca nama.

2. TNKB yang hurufnya diubah seperti huruf digital.

3. TNKB ditempel stiker/logo/lambang kesatuan/instansi yang terbuat dari plastik/logam/kuningan pada kendaraan pribadi, seolah-olah pejabat.

4. TNKB yang menggunakan huruf miring dan huruf timbul.

5. TNKB yang dibuat di luar ukuran (terlalu besar/terlalu kecil).

6. TNKB diubah warna/doff dan ditutup mika sehingga warna berubah.

7. TNKB yang huruf angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian dihapus dengan cat piloks sehingga nomor asli tersamar warna catnya, sulit untuk dibaca.

Jadi setiap pengguna kendaraan yang mobil atau motornya memakai plat nomor dengan kriteria diatas (tidak sesuai dengan peraturan Polri), maka akan ditindak. Dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 280 disebutkan bahwa "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu."

Nah... oleh karena itu bagi Anda para pecinta otomotif baik roda dua maupun roda empat terutama yang doyan modifikasi, jangan sampai mengubah plat nomor kendaraan yang dikeluarkan oleh pihak Kepolisian jika tidak ingin kena tilang di jalan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : HATI-HATI ! Sekarang Polisi Incar Plat Nomor Kendaraan Seperti Ini !