Tips Membeli Mobil Sedan Bekas Ex Taksi

Meskipun saat ini pasar otomotif Indonesia telah diramaikan oleh kehadiran beberapa mobil murah dengan konsep LCGC (Low Cost Green Car) dari merek-merek ternama, namun pasar mobil bekas tetap banyak dipilih sebagai alternatif bagi masyarakat untuk memiliki sebuah kendaraan roda empat. 

Salah satu jenis mobil bekas yang juga banyak diminati adalah mobil sedan Limo ex taksi. Dengan alasan harga yang lebih ringan dari mobil murah dan bisa dimodifikasi sehingga mirip Toyota Vios, mobil sedan bekas tersebut banyak yang dijadikan sebagai mobil 'plat hitam' untuk menunjang kebutuhan alat transportasi sehari-hari. 

Tips Membeli Mobil Sedan Bekas ''Ex" Taksi

Hal ini juga didukung oleh beberapa perusahaan taksi yang biasanya menjual sedan Limo-nya setelah habis masa berlaku STNK pertama dan garansi yang diberikan oleh produsen yang biasanya hanya selama 5 tahun saja. Seperti yang diutarakan oleh salah satu Manajer Penjualan Taksi Blue Bird Pool Ciputat kepada Kompas.com, Selasa (08/12/2015) bahwa pihaknya kini tengah mengadakan cuci gudang stok Limo dalam rangka menjelang akhir tahun 2015.

Dalam kesempatan itu beliau juga menjelaskan bahwa jika Anda ingin membeli mobil sedan Limo ex-taksi, bagian yang perlu dicek sebelum membelinya adalah kondisi mesin, kaki-kaki dan bodinya. Hal ini karena pada kenyataannya Limo tersebut merupakan mobil pekerja keras yang dipakai untuk mencari nafkah dengan jarak pemakaian yang telah mencapai ratusa ribu kilometer.

Sementara untuk harganya sendiri Limo bekas taksi ini dipukul rata, di Pool Ciputat sendiri Toyota Limo bekas taksi keluaran tahun 2009 dijual sebesar Rp 70 juta dan untuk tahun produksi 2010 seharga Rp 78 juta. Harga tersebut berlaku untuk mobil yang sudah direkondisi, jadi pastikan anda memilih unit dengan kondisi yang terbaik.

Untuk mengetahui lebih detil mengenai cara membeli mobil bekas ex-taksi jenis Limo ini, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Lakukan pengamatan mobil yang akan dibeli secara detail pada siang hari.

2. Jika Anda mendatangi langsung Pool taksi yang memiliki unit mobil dalam jumlah banyak, sisihkan mobil mana saja yang akan dipilih agar semakin mudah menemukan yang cocok dan bagus.

3. Bila Anda memungkinkan untuk mengetahui riwayat penggunan mobil yang akan dibeli, hindari taksi Limo yang pernah bertugas jadi taksi bandara. Sebab unit ini pastinya memiliki jarak tempuh yang lebih tinggi dibanding unit lainnya.

4. Pilihlah unit yang telah direkondisi mendekati Vios, misalnya dengan tambahan bungkus jok, kaca film, head unit untuk sarana hiburan, power window, spion eletrik, cat bodi hingga pemakaian pelek racing. Meskipun tentunya harga yang ditawarkan sedikit lebih tinggi namun ini bisa menjadi pertimbangan lebih dibanding unit yang standar.

5. Lakukan test drive agar merasakan langsung kondisi mobil dalam keadaan berjalan, sekaligus untuk mengetahui apabila ada kondisi aneh seperti pada bagian kopling, rem, gerakan roda maupun fitur-fitur di dalam interior seperti lampu utama, sein, kondisi A/C dan lain-lain.

6. Lakukan pengecekan terhadap mesin, periksa semua cairan baik itu oli mesin, minyak rem, oli perseneling, busi dan bagian lain yang terlihat langsung secara kasat mata.  Jika perlu bawalah seorang montir yang sudah anda percayai.

7. Pembelian mobkas Limo ex taxi ini belum tentu mendapatkan garansi, namun sebaiknya Anda mencoba memintanya kepada penjual dalam bentuk jaminan kondisi untuk jangka waktu tertentu.

8. Dalam membeli mobil bekas apapun, pastikan Anda sudah menyiapkan dana tambahan untuk perawatan awal dan perbaikan yang tidak terduga.

*sumber : Kompas.com  

Cari apa aja disini
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Membeli Mobil Sedan Bekas Ex Taksi