Trik Membeli Mobil Baru Bagi Karyawan Dengan Gaji 3 Sampai 5 Juta Rupiah

Sepertinya sekarang ini mobil sudah tidak dianggap lagi sebagai barang mewah oleh masyarakat Indonesia. Dengan kehadiran beberapa model yang tergolong ke dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau yang lebih dikenal dengan sebutan mobil murah Indonesia, menjadikan kesempatan untuk memiliki kendaraan beroda empat tersebut semakin mudah dan terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Lalu seperti apakah gambaran kemudahan memiliki sebuah mobil anyar tersebut? Nah, kali ini Otomotif Hot akan memberikan trik membeli mobil baru bagi karyawan berpenghasilan antara 3 sampai 5 juta Rupiah per bulan.

Beragam aktivitas masyarakat modern yang semakin komplek, saat ini kebutuhan untuk memiliki sebuah mobil sepertinya sudah menjadi kebutuhan yang mendesak, terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Termasuk di dalamnya para karyawan baik yang berstatus masih single maupun mereka yang baru menginjak kehidupan berumah tangga, mobil menjadi salah satu alat transportasi yang dipertimbangkan untuk dimiliki sebagai pendukung mobilitas kehidupan mereka sehari-hari.

Trik Membeli Mobil Baru Bagi Karyawan Dengan Gaji 3 Sampai 5 Juta Rupiah

Namun yang menjadi masalah adalah gaji mereka yang sering dianggap pas-pasan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan, mana cukup untuk membeli sebuah mobil baru. Istilahnya "boro-boro untuk membeli mobil baru, buat makan selama sebulan pun kenyataannya kadang masih kurang". Tapi anda jangan khawatir dulu, karena pada artikel ini kami akan mencoba memberikan gambaran bahwa semua orang yang berpenghasilan cukup pun bisa membeli sebuah mobil baru.

Ini memang bukan artikel yang berisi tentang cara mengatur keuangan, namun kami akan memberikan informasi bahwa saat ini selain ada beberapa mobil baru yang memiliki harga terjangkau, bank ataupun lembaga pembiayaan (leasing) pun sekarang sudah mulai menyediakan fasilitas kredit mobil dalam jangka waktu (tenor) yang panjang. Seperti yang ditawarkan baru-baru ini oleh Honda Jakarta Centre untuk pembelian selama masa pameran. Program kredit mobil dengan jangka waktu yang panjang ternyata banyak diminati oleh masyarakat, karena selain menawarkan pilihan cicilan yang ringan, uang mukanya pun lebih terjangkau. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat dalam contoh simulasi di bawah ini.

Simulasi

Sebagai contoh, jika gaji rata-rata terendah karyawan di Jakarta sebesar Rp 3.000.000,- sampai Rp 5.000.000,-. Untuk membeli sebuah mobil baru, maka aturan cicilan per bulan yang dikeluarkan oleh bank dan lembaga pembiayaan biasanya minimal tidak boleh melebihi angka 30% dari penghasilan, sehingga didapat angka yaitu antara Rp 900.000 sampai Rp 1.500.000,- Hal itersebut dimaksudkan agar para pembeli masih mempunyai sisa penghasilannya untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan.

Kemudian anda mungkin bertanya-tanya, mobil baru apa yang bisa dicicil semurah itu? Nah, jawabannya tentu hanya mobil LCGC yang bisa dijadikan pilihan, seperti misalnya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go+ Panca, Datsun Go Hatchback, Suzuki Karimun Wagon R dan Honda Brio Satya. Rata-rata mobil tersebut ditawarkan dengan harga Rp 80 juta sampai Rp 130 jutaan. Jadi pastikan anda memilih salah satu dari model tersebut.

Nah, langkah pertama yang harus anda persiapkan adalah menyediakan uang muka sebesar 20% dari harga mobil tersebut, berarti kisarannya antara Rp 16 juta hingga Rp 26 juta. Dan untuk mendapatkannya anda bisa menabung dulu atau menjual salah satu asset berharga yang dimiliki. Sekarang ini banyak juga leasing yang menawrkan uang muka sangat rendah dengan cicilan maksimal hingga 8 tahun. Jika anda memilih opsi tersebut, lalu berapa total uang muka yang harus disiapkan dan berapa kisaran angsuran per bulannya?

Untuk menghitung simulasi kredit mobil tersebut, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pada situs simulasikredit.com. Sebagai contoh misalnya untuk mobil baru seharga Rp 100 jutaan, dengan DP sebesar 20% maka uang muka yang harus disiapkan yakni Rp 20 jutaan. Jika sedang ada program, pihak leasing biasanya memberikan lagi promo dalam bentuk cashback potongan uang muka, sehingga uang muka yang harus anda bayarkan bisa lebih terjangkau lagi. Misalnya ada cashback potongan DP sebesar 50%, maka anda cukup membayar Rp 10 juta saja, dengan jumlah DP tersebut anda sudah bisa membawa pulang mobil baru.

Lalu bagaimana dengan cicilannya? dari aplikasi tersebut jika bunga diasumsikan sebesar 6% dan berlaku secara efektif, maka angsuran per bulannya sebesar Rp 1,5 jutaan. Untuk karyawan yang mempunyai gaji Rp 3 jutaan, angka tersebut masih tergolong berat, tapi masih bisa diatasi dengan cara bersabar dengan menabung terlebih dahulu supaya mendapatkan uang muka yang lebih besar, sehingga bisa mengurangi cicilan setiap bulannya. Ini juga hanya simulasi untuk kredit selama 8 tahun, jika anda merasa terlalu lama, maka jangka waktu 5 atau 6 tahun bisa menjadi pilihan lain. Namun tentunya dengan konsekuensi cicilan per bulan yang harus dibayar menjadi lebih besar. 

Itulah cara membeli mobil baru bagi karyawan yang mempunyai penghasilan Rp 3 hingga Rp 5 juta per bulan, semoga hal tersebut dapat memberikan gambaran yang lebih jelas sehingga memudahkan anda untuk melakukan perhitungan sesuai dengan kondisi keuangan anda dalam melakukan pembelian mobil baru yang anda inginkan. Terima kasih semoga bermanfaat ;)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Trik Membeli Mobil Baru Bagi Karyawan Dengan Gaji 3 Sampai 5 Juta Rupiah