Tips Mudik Menggunakan Mobil Diesel !

Memasuki akhir bulan Ramadhan 1436 H, para keluarga muslim yang tinggal di daerah perantauan tengah bersiap-siap untuk pulang ke kampung halaman. Perjalanan menuju kampung halaman yang populer dengan istilah "mudik" selalu dibayangi oleh suasana jalanan yang padat, macet dan melelahkan. Nah, untuk mengantisipasi itu semua otomania harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dari sekarang. Berkaitan dengan itu pada kesempatan ini Otomotif Hot akan berbagi tips seputar mudik terutama bagi anda yang akan menggunakan mobil diesel sebagai kendaraan untuk melaksanakan perjalanan menuju kampung halaman tersebut.

Bagi para pemudik dengan mobil diesel ada beberapa hal yang harus diperhatikan seputar kondisi kendaraan berbahan bakar solar ini. Sebenarnya perawatan mobil diesel sangatlah sederhana dibanding dengan mobil bensin. Salah satu bagian yang wajib mendapat perhatian sebelum mobil diajak jalan jauh yaitu saringan bahan bakar dan filter udara, lakukan pengecekan terhadap kedua kompenen tersebut, jika kondisinya sudah sangat kotor langsung saja ganti dengan yang baru. 

Cara Aman Mudik Dengan Mobil Diesel !

Mengenali gejala yang tidak normal pada mobil diesel bisa diketahui dengan tarikan gas yang berat serta asap gas buang yang sangat tebal berwarna hitam pekat. Hal ini selain karena saringan bahan bakar dan filter udara yang kotor juga disebabkan oleh injektor yang tidak bersih. Jika ini terjadi segera kunjungi bengkel ahli langganan anda untuk dilakukan pengecekan secara mendetil. 

Pada beberapa mobil diesel model terbaru, biasanya mesinnya sudah dilengkapi dengan teknologi turbocharger, sehingga untuk menjaga agar performa mesin turbo ini tetap optimal setiap servis berkala perlu dilakukan pengecekan pada bagian injektornya, terlebih jika mobil sudah menempuj jarak sejauh 40 ribu kilometer. Jika hasil pengecekan hanya kotor saja maka cukup dibersihkan dengan cairan pembersih injektor saja, namun bila terdapat masalah yang lebih serius sebaiknya langsung diganti saja dengan yang baru.

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan juga adalah jenis solar yang digunakan pada mobil diesel. Saat ini terdapat jenis Bio Solar yang sangat baik untuk menunjang kinerja mesin, selain lebih bersih terhadap mesin juga lebih ramah lingkungan. Namun sayangnya distribusi jenis solar ini belum secara merata terdapat di setiap SPBU, sehingga para pengguna mobil diesel harus pintar-pintar mengkalkulasikan penggunaan bahan bakar jenis tersebut. Nah, tips selanjutnya untuk mensiasati masalah ini adalah dengan mengisi jenis solar tersebut secara kontinyu di SPBU yang terdapat di beberapa kota besar yang kita lewati selama perjalanan mudik. Dengan begitu kondisi mesin dan perjalanan anda tetap berjalan lancar hingga sampai ke kota tujuan, begitupun sebaliknya ketika perjalanan arus balik lakukan kembali beberapa tips diatas agar perjalanan anda tidak terganggu. Sekian tips mudik menggunakan mobil diesel yang dapat kami sajikan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mudik hingga sampai di kota tujuan dengan selamat :)

sumber : kompas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudik Menggunakan Mobil Diesel !