Inilah Kriteria Kendaraan Yang Cocok Memakai BBM Baru Pertalite !


HOT NEWS - Rencana pemerintah memberikan alternatif jenis BBM dengan kualitas pembakaran yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau kepada masyarakat akhirnya dapat dipenuhi oleh Pertamina. Setelah melalui penggodogan yang cukup alot akhirnya Pertamina secara resmi meluncurkan Bahan Bakar Minyak jenis baru yang diberi nama PERTALITE pada hari Jum'at (24/07/2015) kemarin. Nah, kehadiran BBM baru Pertalite ini tentunya harus dicermati terlebih dahulu sifat dan karakternya sehingga akan memberikan manfaat yang optimal ketika digunakan oleh kendaraan kita. Oleh karena itu pada kesempatan ini Otomotif Hot akan memberikan informasi kriteria kendaraan yang cocok memakai BBM baru produksi Pertamina ini.

Seperti yang dilansir situs berita Kompas.com, Pertalite merupakan Bensin dengan kadar oktan (RON) 90 namun keberadaannya bukan sebagai pengganti Premium yang saat ini masih banyak dibutuhkan oleh masyarakat kelas bawah. Hal ini sesuai dengan yang diutarakan oleh Dirut Pertamina yakni Dwi Soetjipto dalam pengisian perdana Pertalite di salah satu SPBU yang berada di jalan H. Abdul Muis Jakarta Pusat, bahwa Bahan Bakar terbaru Pertamina ini sebagai pilihan baru bagi masyarakat Indonesia.
BBM Baru Pertalite Cocok Digunakan Untuk Kendaraan Berkriteria Berikut Ini 
Lebih lanjut Dwi menjelaskan bahwa BBM jenis Pertalite ini diciptakan untuk memenuhi spesifikasi teknologi mesin pada kendaraan saat ini. Beberapa jenis kendaraan juga disebutkan beliau untuk disarankan menggunakan Pertalite, diantaranya yaitu mobil Avanza terbaru, Honda Mobilio sedangkan untuk motor jenis matik yakni Honda Vario dan Yamaha Mio.

Keterangan lain didapat dari seorang dosen teknik mesin ITB yakni Tri Yuswidjajanto yang terlibat dalam tim peneliti Pertalite Pertamina. Beliau mengatakan bahwa ada kriteria khusus yang berkaitan dengan perbandingan rasio kompresi dari suatu jenis kendaraan baik mobil maupun motor. Penggunaan bahan bakar memang harus disesuaikan dengan rasio kompresi yang tertera pada spesifikasi mesin kendaraan, jika spesifikasi bahan bakar terlalu rendah maka tenaga mesin akan berkurang, sedangkan jika terlalu tinggi juga tidak akan maksimal, ujar Bapak yang akrab dipanggil Yus itu.

Lebih detilnya Yus menjelaskan kriteria kendaraan berdasarkan rasio kompresinya yang sesuai dengan masing-masing jenis BBM. Yang pertama Premium/Bensin biasa yang mempunyai kadar oktan (RON) 88 cocok digunakan pada kendaraan yang mempunyai rasio kompresi 9 ke bawah. Sedangkan BBM baru Pertalite sesuai jika digunakan pada kendaraan dengan rasio kompresi antara 9 hingga 10 dan untuk kendaraan berasio kompresi antara 10-11 cocok menggunakan BBM RON 92, kemudian RON 95 merupakan BBM yang cocok digunakan untuk kendaraan yang mempunyai rasio kompresi antara 11-12.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Kriteria Kendaraan Yang Cocok Memakai BBM Baru Pertalite !