Hasil Tes Kecelakaan Honda HR-V Raih 5 Bintang !


Saat ini mobil tidak hanya dipilih berdasarkan tingkat kenyamanannya saja ketika dikendarai, namun faktor keamanan dan keselamatan pun semakin diperhatikan oleh para pengguna kendaraan roda empat ini. Hal inilah yang menjadikan beberapa pabrikan mobil akhir-akhir ini selalu memberikan fitur standar yang dapat memberikan perlindungan bagi pengemudi maupun para penumpangnya untuk meminimalisir resiko kecelakaan yang tidak diinginkan.

Namun fitur penunjang keselamatan dan keamanan tersebut harus mengalami pengujian terlebih dahulu secara teknis agar bisa diketahui seberapa besar fungsi dan manfaatnya. Nah, kali ini Honda HR-V yang merupakan produk mobil kompak SUV terbaru keluaran tahun 2015 telah mengalami tes tabrak/kecelakaan melalui program pengujian mobil baru untuk wilayah Asia Tenggara (ASEAN New Car Assessment Program). Tes tabrak Honda HR-V ini sudah dilakukan pada tanggal 21 Mei 2015 dengan fitur keselamatan standar yakni 2 airbag, Seat-Belt Reminder (SBR) dan Electronic Stability Control (ESC).
 Hasil Uji Tabrak Honda HR-V Mampu Mencapai 5 Bintang !
Hasil yang cukup menggembirakan bagi sebuah Sport Utility Vehicle ini karena mampu mendapatkan 5 bintang untuk HR-V tipe tertinggi yakni Prestige 1.8L yang diproduksi dan dijual di Indonesia karena memiliki Seat-Belt Reminder (SBR) atau pengingat sabuk pengaman untuk kedua jok penumpang depannya. Sementara untuk tipe lain yang diproduksi dan dipasarkan di Thailand yakni 1.8L hanya mampu mendapat nilai 4 bintang untuk perlindungan terhadap orang dewasa dan anak-anak (Adult Occupant Protection/AOP dan Child Occupant Protection/COP) dengan SBR yang tersedia hanya untuk pengemudi saja. Hal inilah yang membuat perbedaan nilai yang didapat dari hasil uji tabrak mobil compact SUV Honda tersebut.

Seperti diketahui bahwa kehadiran HR-V menjadi tren dikalangan pecinta mobil SUV dan mobil keluarga, apalagi harga Honda HR-V cukup terjangkau sehingga saat ini menjadi pilihan favorit bagi kaum urban yang menyukai gaya hidup sporty dalam melakukan perjalanan jauh yang lebih nyaman. Penilaian tes tabrak ini sangat penting untuk menjamin keamanan penumpang di dalam kendaraan dan bagi konsumen lainnya tentu bisa mendapatkan informasi dari fitur keselamatan yang terpasang di dalamnya. Sedangkan untuk para produsen mereka dapat terus meningkatkan dan menyempurnakan fitur keselamatan dan keamanan kendaraan pada model berikutnya.

Berikut ini adalah catatan penting dari hasil uji tabrak Honda HR-V :
  • Honda HR-V mencapai 4 bintang untuk AOP dengan skor sebanyak 15,21 dan 4 bintang untuk COP (73% memenuhi standar kepatuhan), sedangkan varian lainnya mencapai 5 bintang karena memiliki SBR fitment untuk penumpang depan.
  • Honda HR-V adalah mobil kelima yang diuji oleh NCAP ASEAN setelah Pajero Sport (Juli 2013), Subaru XV (Juli 2013), Honda CR-V (Februari 2014) dan Suzuki S-Cross (Februari 2015) dimana skor AOP dan COP kedua HR-V yang diuji memperoleh hasil diatas 2 pesaingnya yaitu Subaru XV yang hanya memperoleh skor AOP sebesar 14,31 (5 bintang) dan skor COP hanya 63% (3 bintang). Sementara Pajero Sport hanya memperoleh 12,08 (4 bintang) untuk skor AOP dan 40% untuk skor COP (2 bintang).
  • Namun skor Honda HR-V tersebut masih dibawah 2 model SUV lainnya yaitu sang kakak Honda CR-V dan Suzuki S-Cross yang memeproleh nilai terbaik yakni masing-masing sebesar 15,46 dan 15,48 poin dengan 5 bintang untuk AOP sedangkan untuk COP-nya masing-masing berada di angka 86% dan 81% dengan 4 bintang.
  • Kedua Honda HR-V yang diuji oleh NCAP ASEAN tersebut adalah yang pertama diproduksi dan dipasarkan untuk negara Thailand dan yang kedua adalah yang memiliki fitur SBR untuk penumpang depan dipasarkan di seluruh negara ASEAN.
  • Electronic Stability Control (ESC) merupakan fitur standar yang terdapat di kedua varian HR-V yang diuji, sedangkan fitur ISOFIX dan Top Thether adalah fitur penunjang keselamatan anak yang terdapat di semua model Honda HR-V.  
source : http://www.aseancap.org 

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Hasil Tes Kecelakaan Honda HR-V Raih 5 Bintang !