Tips Merawat Body Mobil Agar Tetap Kinclong dan Awet Muda

TIPS & TRIK - Salam HOT otomania di seluruh tanah air... tidak terasa kita sudah berada di pertengahan bulan Juni 2015 yang biasanya bertepatan dengan musim liburan anak-anak sekolah. Tentunya anda sudah merencanakan untuk mengisi momen berharga ini dengan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga tercinta. Mengingat saat ini di Indonesia sudah mulai memasuki musim panas, maka ada baiknya sebelum melakukan perjalanan liburan dengan kendaraan kesayangan bersama keluarga anda simak dulu artikel ini yang akan memberikan tips dalam merawat body mobil agar tetap kelihatan cantik dan awet muda.

Perawatan mobil secara berkala menyangkut masalah mesin, rem, suspensi, kelistrikan dan hal yang bersifat teknis lainnya tentu menjadi hal yang wajib untuk dilakukan dalam rangka menjaga agar mobil tetap berjalan dalam kondisi normal. Namun, biasanya para pemilik kendaraan masih banyak yang melupakan pentingnya perawatan bagian bodi eksterior mobil yang bisa membuat mobil tetap kinclong dan awet muda. Selain itu dengan melakukan perawatan rutin terhadap bagian luar mobil, ini akan membuat harga jual kembali kendaraan tersebut tetap bersaing jika suatu saat anda ingin menjualnya karena akan membeli mobil baru. Nah, berikut adalah tips sederhana yang bisa dilakukan agar penampilan mobil anda tetap menarik :

1. Usahakan untuk selalu memarkir mobil di tempat yang teduh. Jika mobil terkena sinar matahari yang sangat menyengat dalam waktu yang cukup lama apalagi di musim kemarau akan merusak bagian cat mobil sehingga warnanya terlihat menjadi kusam. Selain itu bagian mobil yang terbuat dari karet seperti wiper, list kaca dan yang lainnya akan mudah robek dan tidak elastis lagi, sehingga fungsinya tidak akan optimal lagi.

2. Gunakan sarung penutup mobil. Jika terpaksa harus diparkir di ruang terbuka yang terkena sinar matahari secara langsung, sebaiknya memakai sarung penutup mobil. Walaupun belum tentu dapat menghindari efek sinar matahari, minimal dapat mengurangi panas dan kotoran debu yang langsung mengenai bodi mobil. Jika tidak memakai sarung penutup pastikan karet wiper tidak menempel pada kaca, anda bisa membuat batang wiper berdiri untuk menghindari karet menjadi keras dan tidak rata karena menempel pada kaca yang panas.

3. Gunakan lapisan kaca film anti sinar ultraviolet. Walupun harganya lebih tinggi dari kaca film biasa, namun kaca film mobil jenis ini memang diciptakan untuk mengurangi dampak negatif sinar matahari yang masuk ke dalam kabin kendaraan.

5 Tips Merawat Bodi Mobil Agar Awet dan Tetap Kinclong

4. Usahakan langsung cuci mobil anda setiap habis terkena hujan. Jika terjadi hujan yang terjadi secara tiba-tiba di tengah musim panas, maka airnya mempunyai kandungan asam yang cukup tinggi dan ini bisa menimbulkan karat sangat cepat jika tidak segera dicuci. Oleh karena itu biasakan cuci mobil setiap habis terkena hujan, selain mencegah karat juga akan mencegah berkembangya jamur karena kotoran yang menempel pada bercak air hujan yang kemudian mengering. Cukup dengan membilasnya menggunakan air bersih kemudian keringkan dengan lap yang cepat menyerap air atau anda juga bisa langsung memasukannya ke tempat pencucian mobil.

5.  Lakukan perawatan bodi mobil secara intensif dan rutin ke salon mobil. Untuk mendapatkan perawatan yang lebih berkualitas anda bisa mengunjungi salon mobil yang sekarang banyak menawarkan jasa paket perawatan ekstra untuk bagian eksterior mobil dari mulai yang lengkap sampai paket hemat yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda. Misalnya untuk melindungi cat mobil supaya lebih awet dan melindungi bagian dek bawah dengan lapisan anti karat.

Itulah 5 tips merawat body mobil yang bisa anda lakukan dengan mudah agar penampilan mobil kesayangan tetap kinclong dan awet muda, terima kasih semoga  bermanfaat dan selamat berlibur ;)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Merawat Body Mobil Agar Tetap Kinclong dan Awet Muda