Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Perjalanan Mudik Lebaran !

TIPS & TRIK - Tidak terasa hari ini sudah memasuki hari yang ke-8 umat islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasanya di bulan Ramadhan 1436 H. Semoga kita semua diberikan kekuatan untuk terus beribadah mengisi bulan suci ini hingga mencapai kemenangan di hari raya nanti. Hari raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran di Indonesia, selalu identik dengan perjalanan mudik bagi umat muslim yang tinggal di daerah perantauan, tradisi berkumpul untuk bersilaturrahim bersama keluarga, saudara, handai taulan dan kerabat lainnya di kampung halaman merupakan suasana yang selalu menimbulkan kerinduan. 

Cara Memeriksa Mobil Untuk Perjalanan Mudik Lebaran
Nah, bagi anda yang akan melaksanakan perjalan mudik menggunakan mobil pribadi dengan jarak yang cukup jauh, sebaiknya anda persiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin mulai dari sekarang. Hal ini bertujuan supaya perjalanan mudik anda bisa berjalan aman, nyaman dan menyenangkan sehingga anda bersama keluarga bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Tidak ada salahnya mulai hari ini anda coba memeriksa kondisi mobil anda secara lebih seksama, karena biasanya menjelang hari "H" semua orang sibuk melakukan hal yang sama bahkan semua bengkel juga penuh dengan mereka yang ingin mengecek atau memperbaiki mobilnya. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan berbagi cara tentang bagaimana mempersiapkan mobil untuk mudik lebaran, langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini:

1. Yang paling utama untuk diperiksa tentunya bagian mesin, beberapa hal yang sangat vital dan harus mendapat perhatian di bagian ini adalah oli mesin, oli transmisi, minyak power steering, minyak rem dan air radiator.  Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kondisi yang lebih detil sebaiknya anda lakukan general check-up melalui bengkel langganan anda untuk memeriksa bagian mesin, drive train, sasis, kelistrikan dan beberapa komponen yang memiliki batas pemakaian sesuai dengan jarak yang telah ditempuh oleh kendaraan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengecek semua fungsi lampu, mulai dari lampu utama, sein, hazard, foglamp hingga lampu rem di belakang. 

2. Setelah kondisi mesin dipastikan sehat, pemeriksaan selanjutnya yakni bagian kaki-kaki mobil yang juga merupakan faktor penting dalam menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara. Yang pertama yaitu sistem rem yang terdapat pada roda jika sudah lama tidak dikontrol, sebaiknya langsung lakukan servis. Kemudian periksa apakah ada bunyi yang tidak normal pada bagian shockbreaker, tie-rod, balljoint dsb. Atau mungkin juga ada bagian yang kendur dan pengendalian yang dirasa kurang enak ketika berjalan bisa menjadi gejala adanya kerusakan. Bila menemukan gejala aneh dari komponen tersebut sebaiknya langsung diganti saja. Apabila kondisi onderdil masih bagus dan kondisinya baik-baik saja paling anda tinggal melakukan spooring saja agar roda berjalan normal dan mobil mudah dikendalikan selama perjalanan mudik nanti.

3. Nah yang ketiga berkaitan dengan faktor kenyamanan, agar anda dan keluarga dapat menikmati perjalanan dengan menyenangkan sebaiknya lakukan pembenahan dan pembersihan bagian interior mobil. Meskipun mobil anda masih terbilang baru, namun jika telah dipakai selama 6 bulan lebih bagian kabin perlu dibersihkan. Bersihkan interior mulai dengan mengangkat semua jok mobil, lalu bersihkan karpet dan lakukan vakum pada bagian lantai dengan mesin penyedot debu. Untuk membersihkan jok mobil ada 2 cara, yaitu untuk jok yang terbuat dari bahan kulit hanya cukup dilap dengan kanebo yang sedikit basah dan untuk jok berbahan kain (fabrics) bisa dilkaukan dengan sikat semir sepatu yang kering atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Kemudian jika semuanya telah dibersihkan, tempatkanlah barang-barang keperluan anda sesuai dengan fungsi tempat penyimpanan yang disediakan oleh mobil anda, agar ruang kabin terlihat rapi dan anda mudah mencari barang yang sewaktu-waktu diperlukan.

4. Yang terakhir yang harus mendapat perhatian yakni bagian eksterior/body mobil secara keseluruhan. Pertama, bersihkan kaca mobil anda dari jamur yang bisa menghalangi atau mengganggu pandangan anda ketika berkendara. Lakukan pemolesan melalui salon berpengalaman jika kaca mobil sudah banyak berjamur. Gunakan alat tambahan seperti rain repellent yang bisa menyingkirkan air ketika hujan deras mengguyur. Setelah itu anda juga bisa memoles bodi mobil dengan shampoo khusus agar mobil mudah dibersihkan, jika ingin terlihat kinclong bisa menggunakan wax instan.

Itulah beberapa tips mempersiapkan mobil untuk perjalanan mudik lebaran yang kami ambil dari situs detik.com, semoga tips sederhana diatas bisa membuat perjalanan anda menuju kampung halaman berjalan dengan lancar dan menyenenangkan. Terima kasih dan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim pembaca setia Otomotif Hot, sampai bertemu kembali di artikel selanjutnya :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Perjalanan Mudik Lebaran !