Preview Suzuki YRA Sebagai Pesaing Jazz dan Yaris


Di tengah tekanan para rival-nya yang telah berganti wajah, melalui salah satu basis produksinya di India, Suzuki diam-diam tengah mempersiapkan sebuah mobil hatchback terbarunya yang diduga akan nenjadi pesaing berat Honda Jazz dan Toyota Yaris. Mobil yang diberi nama Suzuki YRA ini dikabarkan akan meluncur tanggal 8 Juli mendatang di tanah hindustan. 

Mobil kompak ini diciptakan sebagai hatchback premium oleh Maruti Suzuki dengan panjang bodi lebih dari 4 meter. Sebelum bernama YRA mobil ini merupakan mobil konsep yang diperkenalkan dalam pameran otomotif Geneva Motor Show di awal tahun 2015 dengan label iK-2. Di India sendiri mobil ini sudah mengalami pengujian dua kali, bahkan untuk yang kedua penampakan mobilnya sudah tidak memakai atribut kamuflase lagi.

Nah, seperti apakah penampakan wajah hatchback Suzuki YRA ini? mari kita lihat ulasan dan foto-fotonya yang kami ambil dari situs gaadiwaadi.com di bawah ini.

Eksterior

Wajah Suzuki YRA merupakan kombinasi anatara sedan Kizashi dan city car Suzuki Swift, dari foto yang kami dapat dari situs otomotif India tersebut terlihat lampu sweptback yang sama dengan Suzuki Swift tetapi dengan desai grille depan yang baru dan garis dasar berlapis krom berbentuk huruf "V". Air intake yang berfungsi untuk mendukung proses pendinginan mesin yang berada di bawah grill bentuknya sangat mirip dengan milik VW Golf, sebuah lampu Daytime Running Lights LED juga terlihat menghiasi bagian bawah headlamp -nya.
Review Suxuki YRA - Hatchback Suzuki Terbaru Akankah Mengaspal di Indonesia?
Bagian samping adalah seperti hatchback berukuran panjang 4 meter lebih pada umumnya. Dengan karateristik garis atap yang panjang dan jumlah overhang yang signifikan pada kedua ujungnya. Beberapa tampilan mengkilap karena dilapisi krom nampak pada handle pintu dan pelek roda yang membuatnya semakin elegan. Kemungkinan rodanya menggunakan ukuran R15s dan R16s. 
 


Seperti Apakah Sosok Suzuki YRA Yang Bakal Jadi Rival Jazz dan Yaris?
Memasuki bagian buritan Suzuki nampaknya telah memberikan YRA sebuah konsep sederhana. Tutup pelindung yang duduk di atas bemper memang agak gemuk sehingga terlihat lebih keluar dari porsinya ketika dibandingkan dengan sisa desain. Suzuki juga sepertinya mulai sering memakai kaca belakang yang melengkung ke depan, dengan spoler belakang yang dilengkapi high mount stop lampa menjadikan bagian ekornya menjadi lebih sporty.

Interior

Suzuki YRA akan membuat banyak penggunaan bagian interior yang sudah ada dari mobil konsep Suzuki iK-2. Tentunya kita telah biasa melihat kursi penumpang untuk 5 orang dengan beberapa panel dashboard, kemudi, tombol-tombol kontrol AC dan tombol sistem musik. Namun, apa yang tampak menjadi baru untuk mobil ini adalah panel instrumen yang diharapkan memiliki tampilan lebih keren dengan cahaya biru dan spek yang lebih tinggi model layar sentuh berwarna. Layar sentuh kapasitif, sistem 2-DIN musik dan bahkan beberapa fitur pendukung keamanan dalam berkendara seperti ABS + EBD serta kontrol traksi akan tertanam dalam YRA.

Kami berharap bahwa kursi belakang akan melipat datar untuk membiarkan pemilik yang mengambil keuntungan penuh dari boot yang diperpanjang. Kami juga percaya bahwa Suzuki mungkin menawarkan fitur seperti ventilasi AC belakang dan bahkan mungkin sebuah layar monitor layar untuk penumpang belakang.

Mesin dan gearbox

Menurut kabar para pengamat otomotif di India, rencananya Suzuki YRA ini akan ditawarkan dengan mesin 1.6-liter bensin dan mesin diesel untuk pasar global tetapi juga akan membuat penggunaan mesin 1.4-liter bensin dan 1.3-liter Mutijet diesel engine untuk pasar India. Lalu ada juga yang dibekali mesin tiga-silinder turbocharged 1.0-liter bensin yang merupakan mesin baru yang dijuluki Boosterjet. Itu akan memiliki output dari sekitar 120bhp. Sistem transmisi 5-speed manual diharapkan menjadi standar di semua varian, namun bukan mustahil jika versi Automatic Transmision (AT) serta versi Auto Manual Transmision (AMT) untuk pasar seperti India turut juga disediakan.

Kompetisi dan harga

YRA pada skala global akan bersaing dengan mobil-mobil seperti VW Golf, Renault Megane dan Hyundai i-20 Terbaru versi Eropa. Namun, untuk pasar Asia sendiri ia akan bertarung dengan nama-nama populer seperti All New Honda Jazz dan Toyota Yaris Terbaru 2015. Jika mobil ini nantinya masuk ke Indonesia maka Suzuki biasanya akan membanderol harga Suzuki YRA cukup kompetitif dengan kedua rivalnya di tanah air, karena seperti kita ketahui bahwa Suzuki selalu bermain di segmen dengan harga yang lebih terjangkau. Nah, seperti apakah kemungkinan kemunculan Suzuki YRA di Indonesia, simak terus beritanya hanya di Otomotif HOT, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Preview Suzuki YRA Sebagai Pesaing Jazz dan Yaris