Modifikasi Mobil Jip Lawas Daihatsu Taft F50 "Kebo" Tahun 1980


Salam HOT otomania, di kesempatan siang hari ini kami akan menyajikan sebuah informasi mengenai modifikasi mobil jip lawas yaitu Daihatsu Taft F50 atau yang sering disebut Taft Kebo kelahiran tahun 1980. Proses restorasi yang dilakukan oleh pemilik bengkel Performas Auto ini melahirkan sebuah Daihatsu Taft F50 yang sangat fresh dan mengundang decak kagum bagi yang melihatnya.

Bisa dibayangkan bila mobil jip antik ini sebelumnya berada dalam kondisi yang mengenaskan dengan bodi yang sudah berkarat, ban yang melekat pada pelek hingga mesinnya pun sudah tidak bisa dihidupkan sama sekali. Namun di tangan terampil David yang cukup dikenal dalam sebuah komunitas pecinta mobil Daihatsu Taft, mobil SUV jadul ini mampu menampilkan auranya kembali sebagai mobil yang tangguh di segala medan sekaligus menonjolkan nilai klasik usianya yang sudah mencapai 35 tahun.
Mobil Jip Modifikasi - Restorasi Daihatsu Taft F50 1980
picture source : http://jip.co.id
Proses restorasi Daihatsu Taft Kebo ini memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 7 bulanan. Bodi mobil secara keseluruhan diutuhkan kembali, namun sayangnya bagian pintu depannya sudah tidak bisa diselamatkan lagi karena keroposnya sudah sangat parah, sehingga David menggantinya dari model Taft F10 yang memiliki profil garis yang sedikit berbeda dengan aslinya. Setelah kembali utuh lalu pemilik bengkel yang berlokasi di bilangan Kelapa Gading ini mengguyur tubuh Taft Kebo ini dengan warna hijau tentara hingga ke bagian pelek rodanya, namun untuk bagian atap David lebih memilih warna putih.

Bagian sasis mobil jip Jepang ini diberi tambahan ke depan sepanjang 15 cm untuk persiapan, bila suatu saat ingin memasang alat derek (winch). Sementara untuk mesinnya tetap dipertahankan Tipe DG yang semuanya masih orisinil, hanya dilakukan overhaul pada beberapa bagian seperti piston, ring piston, metal duduk, liner dan metal jalan dan hasilnya pun tidak sia-sia karena mesih hidup dengan suara yang halus. 

Beralih ke bagian kaki-kaki, David melakukan rekondisi ulang terhadap gardan depan dan belakangnya dengan mengganti bearing-bearingnya yang baru. Untuk per daun masih tetap menggunakan yang asli berlabel Original Equipment Manufacturer (OEM) sedangkan di bagian sokbreker, merek Procomp ES9000 menjadi pilihan untuk meredam gerakan ban. Untuk menambah tongkrongan jip lawas berwarna hijau ini sebuah pelek tipe dua pinggang milik Daihatsu Taft Hiline dipilih dengan balutan karet bundar dari Bridgestone Dueler AT berukuran 30x9,5xR15. Sementara itu rem depan menggunakan disc brake yang dicomot dari saudaranya yang lebih muda yaitu Taft GT.

Memasuki bagian interior nampaknya kesan kabin jip yang sederhana masih dipertahankan David. Stir yang dibalut bahan kulit dan panel speedometer terlihat baru dengan spare parts OEM, sementara itu seluruh joknya dibungkus warna hitam dengan polet merah sebagai variasinya. Tidak terlihat aksesoris lain seperti sistem audio di dalam kabin Taft Kebo milik David ini, namun kisi-kisi AC orisinal masih terpasang di bagian tengah di bawah dashboard-nya. Aksesoris penunjang khas mobil jip hanya terlihat di bagian eksteriornya yaitu sepasang lampu sorot jenis comet 500 merek Hella dan antene dengan ujung kepala boneka berwarna kuning di sebelah kanan kap mesin.

Berikut penampakkan gambar beberapa bagian dari mobil jip modifikasi, Daihatsu Taft F50 milik David : 


Mobil Jip Modifikasi Daihatsu Taft Kebo F50 1980 - Eksterior Depan

Mobil Jip Modifikasi Daihatsu Taft F50 Kebo - Eksterior Samping Kanan Belakang
Interior Mobil Jip Modifikasi - Daihatsu Taft F50 Kebo 1980
sumber : http://jip.co.id/

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Modifikasi Mobil Jip Lawas Daihatsu Taft F50 "Kebo" Tahun 1980