Mau Mudik Lewat Tol Cipali? Lihat Dulu Tarifnya Disini !


OTOMOTIF HOT NEWS - Dalam rangka meningkatkan pembangunan infrastruktur di tanah air terutama di Pulau Jawa yang mempunyai jumlah pengguna kendaraan paling banyak, Pemerintah kembali meresmikan jalan bebas hambatan (tol) yang menghubungkan antara Jalan Tol Jakarta - Cikampek dengan Jalan Tol Palimanan - Kanci. Jalan tol yang diberi nama CIPALI (Cikopo - Palimanan) ini, akan mengurangi jarak tempuh para pengguna kendaraan roda empat yang biasa menggunakan jalur pantura sekitar 40 km dengan waktu tempuh yang juga berkurang sekitar 2 jam.  
Daftar Tarif Jalan Tol Cipali - Gerbang Tol Cikopo - Palimanan
Jalan Tol Cipali diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Sabtu (13/06/2015), dengan jarak 116,75 km menjadikannya sebagai jalan tol terpanjang di Indonesia yang merupakan bagian dari jalan tol Trans Jawa. Momen Lebaran tahun ini dijadikan waktu yang tepat bagi Pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik melalui jalur Pantura. 
 
Nah, dalam rangka menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1436 H sebagai bentuk amal dan penghargaan kepada para pengguna jalan tol, kali ini Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan potongan harga (diskon) sebesar 25-35% khusus untuk beberapa jalan tol yang dioperasikan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk, termasuk Jalan Tol Cipali yang baru saja diresmikan tersebut. Diskon khusus tersebut akan berlaku mulai H-10 sampai H+5 Lebaran 2015.
 
Semenjak dibuka dua minggu lalu hingga hari Kamis (25/06/2015) kemarin Pemerintah masih menggratiskan para pengguna kendaraan yang melalui jalan tol tersebut. Namun mulai hari Jum'at (26/06/2015) jalan tol ini akan resmi beroperasi dengan tarif yang sudah ditetapkan oleh Menteri PUPR. Nah, bagi anda para pemudik yang akan menggunakan jalan tol Cipali, pada kesempatan ini Otomotif Hot akan berbagi informasi mengenai tarif Jalan Tol Cipali, yang akan mulai berlaku hari ini.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 323/KPTS/M/2015 bahwa tarif tol Cipali ditetapkan sebesar Rp 823/km untuk kendaraan yang termasuk Golongan I. Tarif terjauh (masuk dari Cikopo dan keluar Palimanan) untuk kendaraan golongan I adalah sebesar Rp 96.000,-. Namun sebelumnya ketika masuk melalui pintu gerbang tol Cikopo kendaraan golongan I yang datang dari arah Jakarta tersebut harus membayar biaya sebesar Rp 13.500,- sehingga total biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 109.500,-.

Jalan Tol Cipali memiliki 7 (tujuh) pintu gerbang yang merupakan simpang susun dan tempat pertukaran yaitu Cikopo, Kalijati, Subang, Cikedung, Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai tarif tol bagi masing-masing jenis kendaraan dengan asal dan tujuannya, mari kita simak daftar tarif jalan tol Cipali secara lengkap dalam tabel di bawah ini:
Tarif Jalan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali)
sumber gambar : kompas.com
*Diolah dari berbagai sumber.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mau Mudik Lewat Tol Cipali? Lihat Dulu Tarifnya Disini !