Komparasi Motor Super Sport Yamaha R1M vs Kawasaki Ninja H2R vs Honda RC213V-S


Pabrikan motor Jepang memang sudah diakui dunia dalam menciptakan teknologi sepeda motor yang semakin maju. Lihat saja beberapa ajang balapan motor internasional seperti MotoGP, World Superbike, dan sebagainya selalu dikuasai oleh produsen asal negeri matahari tersebut. Nah, baru -baru ini beberapa produk motorsport yang seyogyanya dikembangkan untuk tujuan balap, secara resmi sudah mulai diproduksi dan dipasarkan untuk tujuan komersial. Persaingan memanas terjadi pada 3 pabrikan yang menguasai pasar sepeda motor internasional yakni Yamaha, Kawasaki dan Honda yang sama-sama baru saja meluncurkan motor berteknologi balap untuk pasar global.

Ketiga motor yang kini tengah menjadi perbincangan hangat para pecinta otomotif di dunia yaitu Yamaha R1M yang merupakan titsan motor Yamaha MotoGP, Kawasaki Ninja H2R yang kini menjadi motor tercepat kedua di dunia setelah mampu menggeser Suzuki Hayabusa dan Honda RC213V-S yang juga merupakan versi jalanan dari motor balap Yang digunakan Juara Dunia Moto GP 2014 Marc Marquez. Nah, sepertinya akan sangat menarik apabila kita ulas seperti apakah komparasi dari ketiga motor sport yang mempunyai banderol cukup fantastis tersebut. Langsung saja kita simak perbandingannya di bawah ini :

1. Yamaha YZF R1M 

Motor yang masih termasuk ke dalam ser YZF ini diluncurkan pada akhir tahun 2014 lalu dengan mesin berkapasitas 998 cc 4 Silinder dan 16 katup berpendingin cairan. Sebenarnya Yamaha membuat 2 model yakni Yamaha R1 yang merupakan versi standar dan Yamaha R1M yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi sehingga boleh dikatakan hampir mendekati dengan spek Yamaha YZR M1 yang digunakan oleh Lorenzo dan rossi dalam ajang MotoGP.

Mesin yang dirancang untuk menjadi yang tercepat di lintasan balap tersebut mampu menghasilkan daya maksimum hingga 200 tenaga kuda pada putaran mesin 13.500 Rpm dengan torsi maksimal sebesar 112,4 Nm pada 11.500 Rpm.  Beberapa fitur unggulan berteknologi modern yang terpasang pada R1M ini diantaranya yakni rangka deltabox yang terbuat dari bahan magnesium berkualitas tinggi sehingga bobotnya menjadi sangat ringan untuk mendukung performanya. Lalu ada juga teknologi ERS (Electronic Racing suspension) terpasang pada sistem suspensi buatan Ohlin.
Motor Super Sport Yamaha R1M
Salah satu fitur menarik yaitu aplikasi Y-TRAC yang bisa diakses melalui Andriod untuk mengatur settingan motor, bahkan kecepatan motor dan waktu untuk mencapai satu putaran sirkuit pun mampu terekam secara akurat. Selain itu data lainnya yang menunjukkan keadaan motor saat berada di lintasan dengan bantuan GPS dapat dikontrol dan direkam dengan baik, data tersebut bisa di-download melalui Wi-fi untuk kemudian diolah dan di-upload kembali ke motor sebagai informasi untuk kepentingan pengendara dalam menemukan hasil yang ideal. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengontrol beberapa fitur keselamatan seperti Front/Rear Anti-lock Braking,  Lift Control, Launch Control, Slide Control dan Traction Control.

Saat ini Yamaha R1M sudah dijual di Thailand dengan harga 1,199 juta Baht atau jika dirupiahkan sekitar Rp 479.600.000,-. Sementara warna yang ditawarkannya hanya ada satu yaitu Carbon Fiber/Liquid Metal. Di Indonesia sendiri belum ada kabar resmi dari Pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kapan R1M akan mulai dipasarkan di tanah air.

2. Kawasaki Ninja H2R

Kawasaki yang sangat terkenal dengan motor Ninja-nya, baru saja menggemparkan dunia otomotif roda dua dengan meluncurkan Kawasaki Ninja H2R. Motor bermesin 998 cc dengan 4 silinder segaris supercharged ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 300 horse power. Melalui pengujian yang dilakukan oleh James Hillier baru-baru ini H2R mampu diajak melesat hingga 331 km/jam. Hasil uji coba tersebut sekaligus mengukuhkan Ninja H2R sebagai motor tercepat di dunia buatan Jepang sekaligus menggeser posisi kedua yang sebelumnya diduduki oleh Suzuki Hayabusa.

Motor yang khusus diciptakan untuk kepentingan balap ini memiliki dimensi panjang 2.070 mm, lebar 770mm dan tinggi 1160 mm dengan berat sebesar 216 kg, lebih ringan dari Kawasaki Ninja H2 yang diciptakan untuk pemakaian jalan raya biasa. Kapasitas tanki bahan bakarnya mampu menampung 17 liter premium yang cukup untuk dipakai balapan dalam menempuh puluhan lap. Motor sport buas ini diciptakan dengan penuh ketelitian dan
Motor Super Sports Kawasaki H2R
Lalu fitur apa saja yang terdapat dalam H2R ini? Untuk kepentingan balap Kawasaki menanam fitur Traction Control sebagai standar yang wajib ada, fitur ini akan berfungsi untuk mengoptimalkan daya cengkram ban dengan memebrikan tenaga dalam porsi yang tepat pada saat motor masuk dan keluar dari tikungan, sehingga akan meminimalkan guncangan dan kehilangan traksi yang dapat mengakibatkan insiden dan memperlambat waktu pencapaian. Kemudian fitur Ram Air Intake akan berfungsi untuk menambah asupan udara ke dalam supercharger sehingga mampu menghasilkan tenaga yang lebih maksimal.
 
Motor H2R rencananya akan dirilis ke pasar global pada tahun 2015 ini setelah sebelumnya diperkenalkan pada acara pameran otomotif di Italia yakni EICMA bulan November 2014 lalu. Di tanah air PT. KMI sebagai distributor tunggal yang memasarkan motor Kawasaki sudah membuka pesanan Ninja H2R dengan harga sekitar Rp 1 Milyar, sedangkan harga Kawasaki Ninja H2 sebagai versi yang lebih jinak dibanderol sebesar 580 juta Rupiah.
 
3. Honda RC213V-S 
 
Honda pun tidak mau ketinggalan untuk bersaing dengan kedua pabrikan senegaranya yang lebih duluan bertarung di segmen motor super sport tersebut. Dengan mengambil tempat di negara asal pembalap andalannnya, Marquez dan Pedrosa, Honda RC213V-S yang diklaim sebagai versi jalan umum dari motor MotoGP Honda resmi diluncurkan di Spanyol.

Ada beberapa perbedaan mendasar yang membedakannya dari versi motor MotoGP aslinya. Diproduksi untuk pasar Eropa RCV213V-S memiliki dimensi (px l x t) yang lebih besar, begitu pula dengan jarak kedua sumbu roda (wheelbase) lebih panjang dan jarak ketinggian dari tanah (ground clearance) yang lebih tinggi.

Sementara mesin 4 langkah DOHC 4 valve-nya memiliki kubikasi sebesar 999 cm3. Mesin tersebut ternyata menghasilkan tenaga yang cukup berbeda dengan versi MotoGP, jika pada motor yang digunakan Marquez mempunyai daya maksimum sebesar 175 kW maka untuk model produksi massal ini hanya 75 kW saja. Tetapi diam-diam Honda juga menyediakan paket tambahan dengan versi yang lebih bertenaga yaitu mencapai 158 kW.
Di bagian kaki -kaki RC213V-S menggunakan suspensi teleskopik untuk menopang roda depannya, sementara di belakang memakai Pro-Link. Karet bundar yang digunakan di bagian depan berukuran 120/70ZR17M/C dan 190/55ZR17M/C untuk belakang. Sedangkan untuk menghentikan lajunya Honda menerapkan sistem pengereman cakram ganda hidrolik.

Dengan spesifikasi tersebut Honda membanderol RC213V-S seharga Rp 2,2 miliar, woooww jauh lebih mahal dari 2 pesaingnya Yamaha R1M dan Kawasaki Ninja H2R bahkan menjadi motor termahal yang diproduksi pabrikan Jepang. Harga Honda RC213V-S yang setara dengan 4x lipat harga Kawasaki Ninja H2 ini disebabkan kerena mengusung teknologi canggih yang diterapkan pada motor Honda MmotoGP. Menurut kabar, satu uni motor ini akan hadir di Indonesia dan hanya akan digunakan sebagai ajang pamer PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku APM Honda di tanah air.
 
Itulah perbandingan 3 motor super sport buatan Jepang yang menjadi raja di segmen kuda besi 1000 cc. Kalau diambil kesimpulan menurut kami, Yamaha R1M memiliki komposisi yang seimbang dari sisi teknologi, desain dan harga yang ditawarkan, sementara Kawasaki H2R harganya cukup pantas karena memiliki teknologi, kecepatan dan desain sebagai hasil karya seni tingkat tinggi dengna proses pengerjaan detil yang apik, untuk Honda RC213V hanya mengandalkan teknologi MotoGP dengan harga yang sangat melambung. Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat dan salam HOT selalu :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Komparasi Motor Super Sport Yamaha R1M vs Kawasaki Ninja H2R vs Honda RC213V-S