Inilah Spesifikasi Nissan Juke-R Yang Hanya Ada 4 Unit di Dunia


Penggemar mobil SUV kompak di tanah air tentu sudah tidak asing lagi dengan Nissan Juke yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2011 lalu. Namun sepertinya banyak yang belum mengetahui jika Compact SUV dari Nissan ini memiliki satu varian yang sangat istimewa dan langka. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas spesifikasi Nissan Juke-R yang diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas yaitu hanya 4 unit di seluruh dunia.

Spesifikasi Mobil SUV Nissan Juke-R Edisi Spesial
Mobil yang mulai diperkenalkan pada tahun 2012 ini tengah banyak diperbincangkan oleh para penggemar mobil di seluruh dunia. SUV Nissan yang diterbangkan dari Eropa ini diciptakan dengan sebuah pengawasan yang ketat yang dilakukan oleh Nissan Technical Centre Europe (NTCE). Seperti yang dilansir dalam situs autobild.co.id mobil ini dibuat dengan satu tujuan yaitu sebagai perwujudan kreatifitas dan jiwa sport Nissan sebagai produsen mobil yang telah berpengalaman puluhan tahun. Nah, seperti apakah jeroannya langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Nissan Juke-R

Eksterior

Jika dilihat penampilan eksteriornya, Juke-R memiliki wajah yang sama persis dengan Juke biasa yang hadir sebagai model pertama di tanah air. Namun ternyata dibalik tubuhnya itu tersimpan banyak komponen dari sebuah supercar terkenal bernama Nissan GT-R. Keganasan mobil ini terpancar dengan tambahan sejumlah body-kit di sekujur tubuhnya dan kaki-kaki yang lebih besar dan berotot.

Spesifikasi Mobil SUV Nissan Juke-R Limited Edition
Di bagian belakang kesan mobil super cepat berjiwa sporty terlihat pada spoiler atap yang terbagi menjadi dua bagian seperti flap pada pesawat terbang. Bemper depan dan belakang terbuat dari bahan serat karbon berkualitas untuk mendukung sisi aerodinamika. Settingan suspensi pun disesuaikan dengan posisi yang lebih ceper, sehingga ketinggian dari tanah Juke-R menjadi berjarak 115 mm, lebih rendah 55 mm dari Juke versi standar.

Penggunaan pelek berukuran 20 inchi yang dibalut ban Bridgestone berukuran 255/40 R20 di bagian depan dan 285/35 R20 di roda belakang bukan hanya untuk keindahan tongkrongannya saja, tetapi memang berfungsi dalam mengimbangi performa mesinnya yang ganas. Untuk menghentikan laju mobil yang dipercaya sebagai SUV terkencang di dunia ini sebuah piringan cakram berdiameter 15,4" dan 15" turut melengkapi  roda depan dan belakangnya.

Interior 


Memasuki bagian dalam kabin beberapa komponen bernuansa racing terlihat pada lingkar kemudi dan tuas persenelingnya seperti yang terdapat pada Nissan GT-R. Sudah bisa dipastikan bahwa mobil beraroma balap ini memiliki interior yang tidak biasa layaknya mobil untuk jalan raya, hal ini tampak pada ruangan belakang yang tidak memiliki jok untuk penumpang. Sejumlah titik roll bar dari bagian depan hingga belakang dipasang untuk menopang dan menjaga kestabilan tubuhnya.

Bagian Interior Mobil Nissan Juke-R

Sepasang jok bergaya racing lengkap dengan sabuk pengamannya yang telah memenuhi standar FIA disediakan hanya untuk pengemudi dan seorang navigator di sampingnya. Jok dan sabuk pengamannya memiliki dekapan dan ikatan yang sangat kencang di 6 titik. Posisi stirnya dibuat mundur 15 cm dari model Juke biasa, hal ini bertujuan untuk membuat posisi sopir lebih bergeser ke tengah mobil. Dengan dimensi panjang sebesar 4.135 mm lebar 1.910 mm dan tinggi 1.575 mm memberikan ruang gerak yang pas bagi pengemudi untuk mengendalikan mobil sehingga stabilitasnya lebih baik.

Walaupun nuansa mobil balap lebih kental, tapi Juke-R masih memiliki dashboard dan beberapa panel instrumen seperti pada mobil harian. Sebuah layar monitor untuk sarana hiburan terpasang di bagian tengah dengan beberapa panel pengaturan fitur seperti AC, audio sistem, peta navigasi dan sebagainya.

Mesin 

Nissan Juke-R dibekali mesin V6 Turbo berkapasitas 3.800 cc dengan sistem penggerak roda milik GT-R. Transmisi otomatis 6 tingkat percepatan digunakan untuk mengatur pergerakan rodanya yang memakai sistem All Wheel Drive (AWD). Mesin turbo ini mampu menggelontorkan tenaga maksimal sebesar 545 dk pada putaran mesin 6.400 Rpm dengan torsi maksimum mencapai 588 Nm pada 3.200-5.200 Rpm.

Spesifikasi Mobil SUV Edisi Terbatas Nissan Juke-R

Pihak Nissan mengklaim bahwa akselerasi Juke-R lebih kencang dari mobil sport mewah Lamborghini Aventador. Walaupun memiliki bobot 1.800 kg Juke-R hanya membutuhkan waktu 2,8 detik saja untuk mencapai kecepatan dari nol hingga 100 km/jam. 

Satu hal yang menarik adalah suara mesin dan knalpotnya yang begitu tenang untuk ukuran supercar. Secara spesifikasi Nissan Juke-R mempunyai performa yang sangar, namun saat digenjot hingga 230 km/jam mobil ini tetap stabil tanpa ada gejala understeer maupun oversteer. Menurut awak media Autobild yang mendapat kesempatan untuk melalukan test drive Juke-R di sirkuit Sentul, Jawa Barat pada tanggal 23 April 2015 lalu, ini merupakan mobil paling sensasional dari yang pernah mereka uji sebelumnya. Dengan harga jual sekitar 7 miliar Rupiah, apakah selanjutnya mobil ini akan diproduksi massal? simak terus perkembangannya hanya di Otomotif Hot, terima kasih semoga bermanfaat ;)

source : http://test.autobild.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Spesifikasi Nissan Juke-R Yang Hanya Ada 4 Unit di Dunia