Inilah Spesifikasi dan Harga Moge Honda NM4 Vultus 2015


Seperti yang telah kami informasikan pada artikel sebelumnya, bahwa baru-baru ini AHM telah merilis 6 unit Moge Honda untuk pasar motor nasional. Nah, salah satu unit yang cukup menarik perhatian para bikers tanah air adalah Honda NM4 Vultus yang mempunyai bentuk sedikit unik dibanding motor besar lainnya. Tidak seperti motor gede lainnya NM4 Vultus memiliki desain seperti sebuah robot futuristik seperti yang terdapat dalam film action di masa depan. Nah, pada kesempatan ini Otomotif Hot akan mengajak pembaca setia untuk mengenal lebih dekat motor yang menjadi bagian dari kategori Big Bike Honda ini. Langsung saja kita mulai dengan spesifikasi Honda NM4 Vultus di bawah ini.

Gambar Moge Honda NM4 Vultus Mat Ballistic Black Metallic

Spesifikasi Honda NM4 Vultus


1. Eksterior

Secara keseluruhan ukuran tubuh Honda NM4 Vultus memiliki panjang 2.380 mm, lebar 933 mm dan tinggi 1.170 mm. Sasisnya terlihat panjang karena memiliki wheelbase berjarak 1.645 mm. Dengan ground clearance 130 mm dan ketinggian jok 650 mm yang merupakan terendah di kelasnya posisi mengemudi akan terasa seperti pada sebuah kokpit pesawat dan akan memberikan sensasi kenyamanan baru dalam berkendara. 

Penampilan eksterior NM4 Vultus sangat berbeda dari motor kebanyakan. Garis bodinya nampak sangat tajam dan didukung oleh tingkat aerodinamika yang tinggi menyiratkan bahwa motor ini siap diajak melaju kencang dengan menawarkan pengalaman berkendara ala masa depan. Di bagian wajah NM4 Vultus memiliki identitas yang sangat memukau dengan desain lampu yang terintegrasi dengan windshield dan air shroud serta kaca spion berkarakter masif dan futuristik. Dukungan pencahayaan sistem LED yang tahan lama untuk lampu depan, belakang, sein dan panel meter membuatnya semakin tampil dramatis.  

Gambar Motor Gede Honda NM4 Vultus Tampak Belakang

Posisi berkendara ala pilot pesawat didukung oleh stang berbentuk datar yang akan memudahkan pengemudi dalam bermanuver dan mengontrol panel meter.  Desain panel meter yang bergaya sporty  itu memuat beberapa informasi akurat seperti jam digital, odometer, indikator BBM, posisi gigi, brake lock, temperatur udara, HISS, ABS. Bagian ini juga menunjukkan kecepatan, lampu hazard, menurunkan gigi, menaikkan gigi, mode kendali, dan mematikan mesin. 

Sebagai motor besar bergaya touring tentunya Honda membekali NM4 Vultus dengan sebuah tanki bahan bakar yang cukup memadai. Dengan desain tutupnya yang mewah tanki ini mampu menampung sebanyak 11,6 liter premium. Sementara itu untuk keperluan membawa barang perlengkapan moge Honda ini pun memiliki tiga tempat penyimpanan termasuk di bawah jok belakangnya. 

Berikut data spesifikasi lengkap eksterior Honda NM4 Vultus :
  • Dimensi (p x l x t) = 2.380 mm x 933 mm x 1.170 mm
  • Wheelbase (Jarak sumbu roda) = 1.645 mm
  • Ground Clearance (Jarak ketinggian dari tanah) = 130 mm
  • Seat Height (Ketinggian jok dari tanah) = 650 mm
  • Curb weight (Berat) = 245 kg
  • Caster Angel/Trail = 33.0°/110 mm
  • Fuel Capacity (Kapasitas Tanki BBM) = 11,6 liters
  • Tipe Rangka : Diamond, Steel Pipe (Pipa Besi)
  • Suspensi Depan : 43 mm Telescopic Fork, 125 mm Stroke
  • Suspensi Belakang : Monoshock Dumper, Prolink Swingarm, 100 mm Travel
  • Rem Depan : 320 mm Single Wavy Hydraulic Disc with Two Piston Caliper and Sintered Metal Pads [2-Channel ABS]
  • Rem Belakang : 240 mm Single Wavy Hydraulic Disc with Single-Piston Caliper and Resin Mold Pads
  • Ukuran Ban Depan : 120/70 - ZR18M/C
  • Ukuran Ban Belakang : 200/50 - ZR17M/C

2. Mesin

Untuk mendukung performa motor bergaya masa depan ini Honda menerapkan mesin 4 langkah, SOHC, 8 valve berpendingin cairan dengan 2 buah silinder yang diletakkan secara pararel (parallel-twin). Kapasitas mesin sebesar 750 cc dengan sistem pembakaran yang menggunakan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection) mampu menggelontorkan tenaga maksimum sebesar 40,3 kw (54 tenaga kuda) pada putaran mesin 6.250 Rpm dengan torsi puncak mencapai  68 Nm pada 4.750 Rpm. Selain itu untuk mengoptimalkan pasokan udara ke dalam pembersih udara, Vultus juga dilengkapi dengan Dual Air Intake System di sisi kiri dan kanan mesinnya. 

Sementara itu sebuah sistem transmisi canggih bernama Dual Clutch Transmision (DCT) membuat motor Honda NM4 Vultus ini memiliki 2 sistem perpindahan gigi. Pertama transmisi otomatisnya bisa dijalankan dengan 2 mode pengendaraan yakni mode D (Drive) dan mode S (Sport), sedangkan jika menggunakan sistem transmisi manual 6-speed, pengendara cukup menekan tombol untuk menaikan maupun menurunkan giginya. Teknologi tersebut merupakan generasi kedua yang diciptakan sekelas dengan fitur yang terdapat pada mobil-mobil Honda kelas menengah ke atas.

Dengan spesifikasi mesin dan transmisi canggih tersebut NM4 Vultus mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 168 km/jam. Motor ini pun cukup responsif, dengan perpindahan gigi yang cukup halus akselerasinya hanya butuh waktu 6,5 detik saja untuk mencapai kecepatan dari 0-100 km/jam. Konsumsi bahan bakarnya cukup irit untuk ukuran moge berkapasitas 750 cc ini, yakni 28,4 km/liter  dengan metode WMTC mode D (Drive)

Inilah data teknis spesifikasi mesin Honda NM4 Vultus :
  • Tipe Mesin : 4 Stroke SOHC, 8 Valve, Paralles 2-Cylinder, Liquid Cooled
  • Kapasitas : 745 cc
  • Sistem Pembakaran : PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
  • Bore x Stroke : 77 mm x 80 mm
  • Sistem Transmisi : 6-speed Dual Clutch Transmision (DCT)
  • Rasio Kompresi : 10,7 : 1
  • Daya Maksimum : 40,3 kw@6.250 Rpm
  • Torsi Maksimum : 68 Nm@4.750 Rpm
  • Tipe Starter : Electric Starter
  • Kapasitas Oli :  3,9 liters
  • Tipe Kopling : Mulitiplat Basah Hydraulic 2-Clutch
  • Kelistrikan : Aki 12 Volt/11,2 AH

3. Fitur 

Menempati posisi sebagai Big Bike Honda berkelas premium, pastinya akan dibekali oleh beberapa fitur canggih terbaru ciri khas pabrikan berlogo sayap, nah berikut ini beberapa fitur berteknologi modern yang bisa anda nikmati dalam NM4 Vultus : 

Fitur Mewah dan Canggih Honda NM4 Vultus
  • Desain wajah unik dengan konsep Front Massive Styling with Integrated LED Lighting System. Memberikan identitas yang berbeda dari betuk sepeda motor pada umumnya dengan aplikasi lampu LED pada semua bagian pencahayaan.
  • Panel speedometer NM4 Vultus juga tidak kalah unik dan sangat bergaya sporty, dengan 25-color LED panel meter (25 variasi warna panel meter LED) yang bisa dipilih, selain mengekspresikan gaya futuristik juga mengindikasikan mode berkendara pengemudinya.
  • Salah satu fitur menarik yang berada di bagian wajahnya yaitu adanya box penyimpanan inovatif (utility boxes) yang terdapat pada kedua siripnya di bagian depan dengan kapasitas total 4 liter. Selain itu tersedia juga panel sumber arus listrik DC 12 Volt untuk berbagai peralatan elektronik ringan seperti pompa elektrik,  charger ponsel dll.
  • Flip-Down Passenger Seat. Jika tidak dipakai jok penumpang belakang bisa dimanfaatkan sebagai sandaran bagi pengemudi, dengan pengaturan 3 tahap sudut kemiringan dan 4 tahap posisi longitudinal berinterval 25 mm.
  • Comfort Riding Technology. Dengan ketinggian jok paling rendah diantara moge lainnya dan posisi sandaran jok yang bisa diatur akan memberikan kenyamanan berkendara layaknya seorang pilot pesawat.
  • ABS with Wavy Disc Brakes. Penggunaan cakram ganda di roda depan dan tunggal di belakang yangg berdesain wavy bukan hanya memberikan penampilan yang gagah tetapi juga sistem pengereman yang optimal untuk menghentikan laju Honda NM4 Vultus.
  • Untuk menunjang keamanan, sebuah teknologi Honda Ignition Security Sistem (HISS) tersemat di dalam sistem kelistrikan Vultus. 
  • Sebuah tombol brake lock yang berguna untuk menjaga pergerakan motor ketika berhenti terutama di jalan yang miring, terpasang pada bagian bawah spion sebelah kiri.

Harga Honda NM4 Vultus 

Sementara ini Honda Vultus dijual dalam satu varian warna yaitu Matt Ballistic Black Metallic dengan harga sebesar Rp 435.000.000,-. Harga Honda NM4 Vultus tersebut berlaku secara On The Road (OTR) untuk daerah Jakarta. Untuk daerah lain mungkin akan ada perbedaan harga dan anda bisa langsung menghubungi 8 dealer khusus moge Honda yang tersebar di 7 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar. 

sumber :http://welovehonda.com/hondabigbike/bigbikeproducts/nm4-vultus/#!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Spesifikasi dan Harga Moge Honda NM4 Vultus 2015