Inilah 5 Kelebihan Mobil SUV Kompak Honda H-RV


Setiap kendaraan baru yang dipasarkan oleh pabrikan asal Jepang ini selalu menarik perhatian para pecinta otomotif di tanah air. Termasuk ketika Honda HR-V baru saja diluncurkan pada bulan Januari 2015 lalu di Indonesia, semua mata seperti tertuju pada mobil Compact SUV yang di negara asalnya mempunyai nama Honda Vezel itu.

PT. Honda Prospect Motor sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Honda di tanah air mempersiapkan HR-V untuk bersaing di segmen mobil crossover dengan para pemain lamanya seperti Nissan Juke dan Suzuki SX-4. Selain itu juga, segmen mobil SUV kompak yang sekarang dihuni oleh Daihatsu Terios, Toyota Rush dan Ford Ecosport akan turut digoyang oleh kehadiran HR-V ini.


5 Keunggulan Honda HR-V Sebagai Mobil Compact SUV

Persaingan yang semakin ketat di kedua segmen ini tentunya telah benar-benar dipersiapkan Honda dalam membekali HR-V dari segi teknis maupun non-teknis. Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas 5 kelebihan Honda HR-V dari sisi teknis yang meliputi beberapa bagian mobil. Apa sajakah kelebihan itu? mari kita simak ulasannya satu persatu di bawah ini :

1. Eksterior

Honda HR-V mempunyai desain eksterior yang dikembangkan berdasarkan konsep Dynamic Cross Solid. Lihat saja garis-garis dan lekukan pada tubuhnya yang mempunyai karakter garis tajam dan tegas. Bagian bawah bodinya yang memberikan stabilitas menegaskan dirinya sebagai kendaraan SUV, sedangkan atapnya yang menyerupai sebuah coupe memberikan sebuah tingkat aerodinamika yang tinggi.

Rancangan stylish modern ciri khas Honda akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi para pengemudinya. Desain headlamp yang dikelilingi oleh lampu Daytime Running Lights (DRL) semakin memberikan kesan mewah dan elegan penampilannya. Ciri khas mobil coupe juga terlihat pada bagian handle pintu belakang yang terlihat seperti menyatu dengan bingkai pintunya.

2. Interior

Spesifikasi Honda HR-V di bagian interior memiliki tujuan utama untuk memberikan kenyamanan sebagai sebuah mobil MPV dan "personal feel" sebuah coupe. Sehingga rancangan kabin mobil ini sangat mengacu pada aturan tersebut. Konsep expandible cockpit diterapkan dengan mengedepankan kenyamanan dan optimalisasi ruangan, hal ini terlihat dengan penggunaan material berkualitas baik seperti plastik yang lembut dan kain jok yang mampu melepaskan panas sehingga penumpangnya akan merasa lebih nyaman ketika berkendara.

Pengaplikasian Automatic Air Conditioner pada semua tipe Honda HR-V serta desain kisi-kisi AC yang  tepat, akan memberikan penyebaran udara sejuk yang lebih cepat dan merata ke seluruh bagian kabin. Panel instrumen terlihat serasi dengan dashboard-nya yang simple dan tertata apik sehingga memberikan kesan luas. Kehadiran konsol tengah dengan tempat menyimpan minuman di jok depan dan belakang juga menciptakan ruang personal bagi para penumpangnya. 

Desain kabin HR-V juga memberikan leg room yang luas seperti sebuah minivan, didukung dengan desain kursi yang mewah dan sesuai dengan postur tubuh rata-rata menjadikannya lebih nyaman diduduki, terutama dalam menempuh perjalanan jauh.

3. Pengendalian Yang Mudah

Cirikhas mobil bergaya crossover adalah enak diajak bermanuver dan lebih mudah dikendalikan. Honda HR-V memiliki radius putar minimum 5,3 m, jarak ini tentunya akan memudahkan gerakan mobil SUV kompak ini ketika melewati jalan yang kecil dan padat seperti di wilayah perkotaan. Ini juga akan sangat menguntungkan ketika mobil hendak diparkir di tempat yang sempit.


4. Sudut Pandang Yang Luas Seperti Sedan

Desain body yang mengadopsi gaya coupe menyebabkan posisi mengemudi dibuat layaknya seperti pada sebuah mobil sedan. Hal ini tidak terlepas dari rancangan yang memadukan kombinasi antara bentuk tubuh mobil SUV dengan minivan. Dengan ukuran kaca depan yang lebar dan memipih ke belakang, sudut pandang pengemudi maupun penumpangnya pun menjadi lebih luas baik secar vertikal maupun horizontal. 


5. Fleksibilitas Tinggi

Mobil Honda HR-V ini dibangun menggunakan platform All New Honda Jazz dimana platform serbaguna dengan dek yang datar dan rendah ini mempunyai kelebihan dalam memberikan ruangan yang leluasa bagi penumpangnya. Namun selain itu, ruang yang luas itu juga bisa dimanfaatkan sebagai tambahan untuk memperbesar daya angkut bagasi dengan cara melipat jok di baris kedua. Untuk memudahkan keluar masuk barang pintu bagasi bisa dibuka seluas 1.180 mm dengan tinggi bibir bagasi yang hanya 650 mm.

Itulah 5 kelebihan Honda HR-V menurut majalah Autocar Indonesia yang kami dapatkan dari situs resminya, jika anda membutuhkan informasi harga Honda HR-V berdasarkan tipe-tipe nya Anda juga bisa membacanya di dalam artikel lain blog ini, terima kasih semoga bermanfaat ;)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 5 Kelebihan Mobil SUV Kompak Honda H-RV