Drama Seru Rossi vs Marquez di Assen !


Seri ke-8 ajang balap motor paling bergengsi di dunia MotoGP yang berlangsung di sirkuit Assen Belanda hari Sabtu (27/06/15), menyuguhkan sebuah drama menarik bagi para penonton yang menyaksikannya. Hal tersebut disebabkan karena peristiwa kontroversial yang terjadi antara Rossi vs Marquez dalam mencapai garis finish di akhir balapan.

Rossi yang memegang pole position terus berusaha mempertahankan posisinya hingga akhir lomba. Sementara itu Marquez terus menempel Rossi sejak lap pertama dari 26 lap yang dipertaruhkan. Memasuki putaran ke 20 pembalap Honda bernomor 93 itu berhasil melewati The Doctor, namun hal itu tidak berlangsung lama menjelang balapan berakhir 3 putaran lagi Marquez mampu dilewati kembali oleh Rossi. 

Hingga lap terakhir Rossi terus memimpin di depan, namun ketika memasuki tikungan zig-zag yang (chicane) yang  merupakan tikungan terakhir sebelum mencapai garis finis, Marquez mampu memperpendek jarak dan bermaksud menyalip kembali The Doctor, namun sayang motornya bersenggolan dengan Rossi hingga akhirnya Rossi melebar memasuki gravel dan memotong lintasan kemudian kembali ke lintasan dengan jarak yang cukup jauh dari Marquez dan berhasil menyentuh garis finish pertama.

Duel Dramatis Valentino Rossi vs Marc Marquez - MotoGP Belanda 2015

Menurut Marquez dirinya tidak menyangka bahwa Rossi akan memotong lintasan, padahal ia sudah menempatkan posisi yang benar dan tidak memberi ruang untuk Rossi. Namun menurut Rossi, dengan senggolan tersebut dirinya terpaksa melakukan itu karena tidak diberi pilihan oleh Marquez. Sehingga masing-masing menyatakan dirinya sebagai pemenang dalam lomba tersebut.

Menanggapi hal tersebut Race Direction menyatakan bahwa Rossi-lah yang menjadi juara dalam lomba MotoGP Belanda 2015 itu. Menurut Mike Webb yang menjabat sebagai Race Director Rossi saat itu sedang berada di depan ketika terjadi senggolan itu merupakan insiden dalam balapan yang tidak dapat diambil keuntungan oleh kedua pembalap. Pihaknya melakukan pengamatan secara teliti terutama melalui kamera yang berada di helikopter yang menunjukkan bada saat terjadi insiden tersebut Vale sedang berada di depan sehingga ia berhak atas jalurnya. Keduanya sama-sama masuk dan keluar tikungan dengan posisi yang sama sehingga tidak ada keuntungan yang di dapat. 

Walaupun begitu Marc Marquez tetap bahagia bisa finish di urutan kedua, dirinya menyatakan bahwa yang terpenting adalah bahwa ia sudah menikmati kembali berkendara dengan motornya. Dengan poin sebesar 20 menempatkan dirinya di posisi ke-4 klasmen sementara, sementara VR46 kembali memegang posisi puncak klasmen dengan poin sebanyak 163 pt.   

source : http://kompas.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Drama Seru Rossi vs Marquez di Assen !