Tips & Trik Membedakan Velg Racing Mobil Asli Dengan Replika

Saat ini penggunaan velg racing mobil variasi sedang mewabah diantara pemilik kendaraan roda empat. Pilihan pun menjadi sangat beragam dengan hadirnya berbagai macam produk baik impor maupun lokal. Beberapa kategori velg racing yang ada di pasar diantaranya yaitu produk OEM (Original Equipment Manufacturer), aftermarket (second) dan replika atau biasa disebut "KW".  Nah, fenomena ini sering membuat pemilik kendaraan bingung dalam memilih dan menentukan pelek mobil variasi yang berkualitas bagus dan cocok dipasang pada mobilnya. Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan tips atau cara yang benar untuk membedakan antara pelek asli dan replika.

Pada umumnya orang beranggapan bahwa harga selalu menunjukkan kualitas dari sebuah barang, begitupun dengan harga velg racing mobil yang dijual di pasaran dari mulai Rp 3 juta hingga ratusan juta Rupiah semuanya memilki kualitas yang sebanding dengan nilai jualnya. Jika pelek mobil racing yang asli (OEM) dijual sekitar Rp 20 jutaan maka pelek replikanya bisa dijual 5-10 kali lebih murah, hal ini dikarenakan karena keduanya mengalami proses produksi yang berbeda, jika velg asli dibuat melalui proses forged sedangkan ynag imitasinya hanya dengan proses casting.

Cara Membedakan Pelek Mobil Variasi Yang Asli dan Palsu

Menurut Lilik, salah seorang pemilik toko pelek JP Racing dalam wawancaranya dengan Kompas Otomotif, selain proses pembuatannya yang tidak sama pelek asli dan replika juga memiliki kandungan bahan yang berbeda, walaupun keduanya mengandung allumunium alloy, tapi kadar dan racikannya tidak akan sama persis. Hal ini bisa diketahui dari bobot keduanya yang memiliki selisih berat sebesar 30-40 persen. Kata Lilik pelek replika hanya meniru desain-nya saja tetapi tidak memperhatikan kualitas, supaya bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Pelek mobil variasi berlabel "KW" ini banyak diproduksi oleh beberapa negara berkembang seperti Taiwan, China, Filipina, Malaysia termasuk Indonesia. Hal ini sangat rasional mengingat perkembangan otomotif di beberapa negara tersebut sedang mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sementara merek Velg mobil racing yang sering dibuat replikanya yaitu BBS, SSR, Enkei, HRE, Modular, Advan, ADV dan Volk Racing.

Bagi para pemilik mobil yang awam akan hal ini, tentu akan menemukan kesulitan untuk membedakan keaslian beberapa merek tersebut. Namun kali ini Lilik memberikan cara yang jitu untuk membedakan pelek yang asli dan palsu, yaitu dengan melihat label logo timbul yang ada di pelek tersebut lalu bandingkan dengan merek aslinya. Biasanya akan terdapat sedikit perbedaan nama seperti VolkRays untuk yang asli sedangkan di pelek replika ditulis YolkRays.

source : http://otomotif.kompas.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips & Trik Membedakan Velg Racing Mobil Asli Dengan Replika