Bingung Membeli Mobil SUV Yang Cocok ? Baca 8 Tips Berikut Ini !

Di zaman modern yang serba canggih ini perkembangan teknologi merasuk ke segala bidang, termasuk dunia otomotif mobil yang sekarang hadir dengan berbagai model untuk memenuhi kebutuhan yang lebih khusus sebagai sarana transportasi. Salah satu jenis mobil yang sekarang sedang digandrungi masyarakat Indonesia yaitu jenis Sport Utility Vehicle (SUV). Hal ini terlihat dari banyaknya mobil SUV yang sejatinya digunakan untuk keperluan berkendara di medan berat, ternyata malah mewarnai jalanan perkotaan yang semakin padat.

Sejarah SUV sendiri berasal dari sebuah kendaraan buatan Amerika bernama Jeep yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi di medan perang. Sejak kehadirannya dulu di Indonesia kendaraan ini populer dengan sebutan "Jip", yang kemudian banyak digunakan sebagai kendaraan bagi orang-orang yang gemar olahraga off-road. Mobil SUV memang sengaja diciptakan sebagai kendaraan berkarakter kokoh dan  tangguh untuk menempuh berbagai medan. Namun, sepertinya dengan penampilannya yang sporty dan gagah malah sering dimanfaatkan untuk mendongkrak identitas gaya hidup sang pemilik. Konsumen SUV saat ini selain menginginkan unsur mobil yang tangguh di segala medan juga ingin mobil SUV mempunyau gaya yang stylish dan elegan untuk pemakaian sehari-hari.

Tips Membeli dan Memilih Mobil SUV Yang Ideal


Pergeseran fungsi karena faktor perkembangan trend dan gaya hidup ini menjadikan para pabrikan terus menyesuaikan produk mobil SUV-nya agar dapat memenuhi kedua unsur yang diinginkan para konsumennya. Saat ini pasar mobil nasional menawarkan puluhan model mobil SUV dari beberapa Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia. Nah, bagi anda yang akan menjadikan SUV sebagai mobil pilihan pastinya menginginkan SUV yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan berbagi 8 tips yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil SUV idaman anda. Langsung saja kita simak tips yang pertama di bawah ini :

  1. Pilih ukuran mobil SUV yang sesuai dengan kebutuhan, dalam hal ini anda harus mempertimbangkan berapa banyak jumlah penumpang yang akan dimuat, ukuran garasi rumah anda pun harus disesuaikan dengan dimensi SUV yang kebanyakan ditawarkan dalam tiga varian yaitu compact, mid-size dan full size.  
  2. Tentukan budget yang anda sediakan untuk membeli mobil ini. Sebagai gambaran SUV Compact sebagai varian standar dijual dengan harga dibawah 500 Juta Rupiah, sementara untuk untuk kategori mid-size dan full-size dibanderol mulai Rp 500 juta sampai 2 Miliar Rupiah.
  3. Pilih mesin yang tepat dan sesuai kebutuhan mobilitas anda, hal ini berkaitan dengan biaya perawatan dan bahan bakar yang dikonsumsinya. Untuk compact SUV dan middle SUV biasanya tersedia dalam pilihan mesin 4 silinder atau 6 silinder, sedangkan SUV full sive kebanyakan menggunakan mesin V8 yang mempunyai tenaga sangat besar. Compact SUV memiliki mesin dan sistem penggerak roda yang tidak rumit sehingga biaya operasionalnya akan lebih hemat dibanding 2 jenis SUV lainnya.
  4. Pertimbangkan sistem keamanan yang ditawarkan, untuk SUV pertengahan dan full size umumnya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, sementara SUV Compact masih menggunakan sistem yang sederhana.
  5. Perhatikan juga fitur yang ditawarkan untuk kemudahan dan kenyamanan pengendara maupun penumpangnya. Model SUV Compact tidak akan mewah seperti dua kategori diatasnya, namun dari segi ukuran tubuhnya menjadikannya lebih praktis.
  6. Pertimbangkan ukuran bagasi mobil SUV yang akan anda pilih, sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian mobil. Jika sering ditujukan untuk keperluan liburan ke luar kota dengan barang bawaan lebih banyak, maka anda harus memilih SUV yang kursi di baris ke dua dan ketiganya bisa dilipat. 
  7. Pilih platform atau sasis mobil SUV yang sesuai dengan keinginan anda. Ada dua jenis platform yang biasa digunakan saat ini yaitu Car Based yang menggunakan platform sama dengan mobil sedan dan Truck Based dengan ciri memakai sasis baja seperti pada mobil truk.
  8. Yang terakhir adalah mempertimbangkan sistem penggerak roda pada mobil SUV yang akan anda beli. Idealnya sebuah mobil Sport Utility Vehicle menggunakan sistem penggerak roda 4WD (Four Wheel Drive) atau AWD (All Wheel Drive) namun sekarang sistem 2WD pun banyak dipasang sebagai mode pilihan untuk penggunaan di jalan raya.
Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk menemukan sebuah kendaraan medan berat idaman, semoga tips membeli mobil SUV diatas bisa bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang bingung dalam menentukan pilihan dari berbagai model dan merek yang ditawarkan para produsen mobil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bingung Membeli Mobil SUV Yang Cocok ? Baca 8 Tips Berikut Ini !