Inilah Rahasia Untuk Mendapatkan Kualitas Suara Audio Mobil Yang Baik !

Sarana hiburan di dalam mobil menjadi sebuah fitur yang wajib ada sekarang ini, mungkin bisa dibayangkan jika kita bepergian jauh menggunakan mobil tanpa adanya hiburan yang bisa menemani selama perjalanan, minimal berupa musik yang bisa didengarkan. Bagi mereka yang sangat menyukai musik tentu akan sangat memperhatikan kualitas suara yang dihasilkan oleh sistem audio mobil yang ada di dalam kendaraan mereka.

Pada jaman dulu mungkin kualitas suara itu tidak begitu diperhatikan karena teknologinya yang belum mendukung. Misalnya pada beberapa barang elektronik seperti tv dan radio yang hanya memiliki satu speaker, sehingga komposisi suara yang keluar pun menjadi satu dan tidak terdengar jelas bass dan treble-nya.

Nah, untuk memperoleh kualitas suara yang baik tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu kriteria suara yang berkualitas sehingga akan terasa enak didengar oleh telinga kita. Menurut seorang ahli audio mobil sekaligus pemilik "Audioworkshop" Wahyu Tanu Widjaja dalam wawancaranya dengan detik oto menjelaskan bahwa sebuah suara yang berkualitas harus memiliki komposisi yang lengkap dan proporsional seperti sebuah gambar atau foto berkualitas tinggi yang terdiri dari struktur warna yang indah dengan komposisi yang seimbang.

Tips dan Trik Menghasilkan Suara Audio Mobil Yang Jernih - Cara Mendapatkan Kualitas Suara Audio Mobil Bagus

Walaupun setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda di dalam menentukan komposisinya, misalnya ada orang yang lebih suka suara bass-nya lebih menonjol atau sebaliknya treble-nya yang kencang, namun tetap semuanya itu tidak boleh distorsi. "Kalau di dalam foto itu seperti gambar yang pudar karena tidak fokus" ujarnya. Selain itu frekuensi suara juga harus lengkap dari mulai bass, midle bass hingga treble, jangan sampai hilang salah satunya. "Idealnya semua frekuensi tersebut seimbang, namun pengaturannya bebas-bebas aja tergantung kesukaan masing-masing" tambahnya.

Setelah mengetahui kriteria suara yang bagus, lalu apa rahasianya agar suara audio mobil kita terdengar jernih di dalam kabin? Owner Audioworkshop ini kembali menjelaskan bahwa hal yang paling penting diperhatikan untuk mendapatkan kualitas suara yang bening adalah bagian peredam suara. Menurut Wahyu walaupun alat ini tidak berpengaruh untuk jenis suara tinggi, namun ketika speaker penghasil suara bass (subwoofer) bergerak maju mundur itu akan menghasilkan udara. Nah ketika speaker tersebut bergoyang-goyang dan tidak memakai peredam maka udara tersebut akan keluar masuk melalui lubang speaker sehingga menghasilkan suara bass yang kurang padat dan sedikit mendengung. Tapi jika di dalamnya dipasang sebuah peredam, maka suara bass yang keluar pun menjadi lebih baik.

Ada beberapa jenis peredam suara yang bisa dipilih oleh setiap pemilik mobil yang ingin audio mobilnya menghasilkan suara yang lebih berkualitas. Yang pertama yaitu berupa cairan dengan penggunaan seperti cat memakai kuas, ada juga yang berbentuk spray dengan cara disemprotkan dan yang terakhir adalah yang berbentuk lembaran aspal (berbahan dasa aspal). Ketiga peredam suara tersebut berfungsi untuk menutup lubang udara pada speaker agar menghasilkan bass yang lebih baik, dan yang paling efektif adalah peredam yang berbentuk lembaran aspal karena memiliki bobot yang lebih berat sehingga mampu menahan getaran speaker.

Itulah rahasia untuk menghasilkan kualitas suara audio mobil yang baik, semoga tips dan trik ini bisa memenuhi keinginan Anda untuk menikmati musik dengan suara yang lebih jernih dan nyaman. Jika anda juga sedang mencari audio mobil murah untuk kendaraan kesayangan sebaiknya anda membaca artikel kami yang lain di dalam kategori Audio Mobil, terima kasih semoga bermanfaat :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Rahasia Untuk Mendapatkan Kualitas Suara Audio Mobil Yang Baik !