Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2015 Untuk Kendaraan Anda


Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2015 - Berkembangya industri otomotif terutama mobil di Indonesia saat ini menyebabkan populasi kendaraan semakin meningkat dari tahun ke tahun sampai ke berbagai daerah di tanah air. Hal ini tentu menimbulkan beberapa dampak yang harus diantisipasi oleh beberapa pihak terkait, termasuk para pemilik kendaraan tersebut. Dengan bertambahnya pengguna mobil di jalan raya maka resiko kecelakaan pun semakin tinggi, oleh karena itu kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas harus ditingkatkan bagi para pengguna kendaraan roda empat ini untuk melindungi jiwanya sebagai aset yang paling berharga.

Selain pentingnya kesadaran akan keselamatan dalam berlalu lintas, kesadaran akan pentingnya sebuah asuransi juga akan membantu anda mengurangi resiko kerugian dari beberapa kejadian tidak terduga yang menimpa anda. Saat ini dengan perkembangan sistem ekonomi modern, industri asuransi juga berkembang tidak hanya memberikan perlindungan terhadap jiwa manusia semata. Berbagai macam perlindungan terhadap aset-aset seperti rumah, mobil dan barang berharga lainnya bisa anda dapatkan melalui beberapa jenis perusahaan asuransi yang dewasa ini mulai berkembang pesat di tanah air. 


Nah, dengan semakin banyaknya perusahaan asuransi mobil yang menawarkan produk yang sama dan dengan tingkat persaingan yang sangat ketat, tentunya bisa membuat anda bingung untuk memilih yang terbaik diantara mereka. Oleh karena itu pada kesempatan ini Otomotif Hot akan berbagi tips untuk para pemilik mobil dalam memilih asuransi mobil terbaik untuk melindungi mobil kesayangannya dari resiko kecelakaan maupun kerugian akibat kejadian lainnya seperti kehilangan dan bencana alam yang tidak terduga. Langsung saja kita simak tips-nya di bawah ini.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2015

  1. Lakukan pencarian beberapa perusahaan asuransi mobil terkenal di Indonesia melalui media internet. Kemudian kunjungi satu-persatu situs perusahaan asuransi tersebut untuk mendapatkan beberapa informasi penting seperti profil perusahaan, jenis produk yang ditawarkan, jumlah premi, cara pembayaran premi, pelayanan klaim, jaringan kantor cabang yang tersedia, daftar bengkel rekanannya dan sebagainya. 

  2. Lakukan analisa mengenai bagaimana kinerja perusahaan asuransi tersebut dalam beberapa tahun terakhir, hal ini bisa dilakukan dengan melihat beberapa aspek dalam laporan keuangannya seperti asset yang dimilikinya, keuntungannya, dan rasio-rasio ekonomi lainnya. Hal ini untuk melihat bagaimana kelangsungan perusahaan tersebut di tahun-tahun berikutnya. 

  3. Cari tahu apakah perusahaan tersebut pernah mendapatkan beberapa penghargaan di bidang asuransi seperti Service Quality Award, Best Car Insurance of The Year atau yang lainnya, selain itu testimoni/pendapat dan pengalaman para konsumennya yang telah menggunakan produk asuransi perusahaan tersebut juga penting diketahui baik melalui forum-forum di internet, blog ataupun anda bisa menanyakannya langsung kepada teman atau saudara yang sudah menggunakan jasa asuransi perusahaan tersebut. Jika banyak mendapatkan perhargaan dan testimoni positif dari konsumennya berarti perusahaan tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi dan layak anda pilih.

  4. Setelah mendapatkan beberapa catatan ataupun rekomendasi hasil dari ketiga langkah di atas, maka selanjutnya sekarang anda perlu mengetahui jenis kebutuhan asuransi untuk mobil anda dan berapa anggaran dana yang anda sediakan untuk kebutuhan tersebut.

  5. Teliti dan amati jenisa jaminan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut lalu sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang anda sediakan, jangan sampai terpaku oleh jumlah premi yang murah karena premi yang murah belum tentu menjamin kualitas pelayanan dan klaim yang baik. Biasanya ada jaminan All Risk/Comprehensif yang dapat menjamin kerugian akibat kecelakan baik yang kecil maupun besar serta kehilangan kendaraan karena pencurian. Adapula jenis jaminan yang hanya menjamin untuk kehilangan mobil saja yang biasa disebut dengan TLO (Total Loss Only). Tanyakan juga jumlah persentase jaminan yang diberikan untuk masing-masing resiko tersebut.
     
  6. Kemudian tanyakan pula apakah ada fasilitas tambahan yang disediakan oleh perusahaan asuransi mobil tersebut seperti layanan montir, mobil derek, mobil pengganti untuk sementara ketika mobil anda berada dibengkel dan ambulans yang semuanya stand-by selama 24 jam jika mobil anda mengalami kecelakaan. 

  7. Pastikan kembali mengenai daftar rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi mobil tersebut, berapa jumlahnya serta bagaimana kualitas pekerjaan bengkelnya, jangan sampai karena hanya memiliki bengkel rekanan yang sedikit dengan kualitas yang rendah anda menunggu lama perbaikan mobilnya.

  8. Apakah memiliki layanan call centre 24 jam setiap hari, hal ini penting dan harus dimiliki oleh perusahaan asuransi yang profesional karena kejadian seperti kecelakaan dan kehilangan terhadap mobil bisa terjadi kapan dan dimana saja.

  9. Tips terakhir pastinya anda harus mengetahui dan memahami satu-persatu mengenai hak dan kewajiban anda sebagai pemegang polis yang tertuang dalam sebuah polis asuransi yang anda pilih untuk mobil tersebut.
Nah itulah beberapa tips dan trik untuk memilih asuransi mobil terbaik di Indonesia tahun 2015 ini, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang sedang bingung dalam memilih asuransi yang terbaik untuk mobilnya, terima kasih dan salam hot selalu :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik 2015 Untuk Kendaraan Anda