Tips dan Trik Menghindari Biaya Servis Mobil Yang Besar


Tips dan Trik Menghindari Biaya Servis Mobil Yang BesarApakah anda seorang pemilik mobil lama? Atau anda ingin membeli mobil baru? Atau Mungkin Anda sedang terganggu oleh biaya yang besar setiap kali anda mengunjungi pusat layanan servis mobil anda? Apakah perawatan mobil tersebut mengganggu anggaran bulanan ? Jika anda sedang mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, maka artikel ini sangat tepat untuk anda. Mempertahankan mobil baru ataupun lama adalah hal yang harus diperhatikan agar mobil dapat berjalan seperti seharusnya, oleh karena itu dalam hal ini anda harus memiliki beberapa trik untuk menghindari biaya servis yang besar yang sedang anda hadapi. 



Jika mobil yang anda miliki sekarang adalah mobil yang sudah mempunyai cukup umur maka mesinnya perlu mendapatkan perawatan ekstra secara rutin. Dengan perawatan mobil yang tepat tidak akan berpengaruh terhadap berapa lama usia mobil tersebut, dan itu tidak akan mengakibatkan biaya yang tinggi. Beda lagi dengan perawatan mobil baru yang tidak memerlukan biaya banyak, tetapi jika usianya terus bertambah, biaya servis pun biasanya cenderung meningkat. Meningkatnya biaya servis dapat dihindari dengan melakukan beberpaa perawatan yang tepat dan teratur terhadap mobil anda. Perhatian yang lebih terhadap sebuah mobil akan membantu anda menghemat uang yang tentu sangat berharga dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain ataupun sebagai tabungan, nah untuk dapat merawat mobil dengan tepat, pada kesempatan ini kami akan menyajikannya melalui tips di bawah ini :

Tetap Melakukan Servis Berkala Sesuai Buku Petunjuk Manual Kendaraan

Buku petunjuk manual adalah panduan paling penting yang dapat membantu Anda menghemat banyak uang. Buku panduan ini dirancang oleh para profesional yang membangun mobil bagi para pengguna untuk menjaga mobil agar tetap dalam kondisi baik seiring dengan berjalannya waktu. Di dalam buku ini terdapat beberapa petunjuk yang penting mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis pada mobil anda dan seberapa sering hal tersebut harus dilakukan? Kapan mobil tersebut memerlukan ganti oli, penggantian filter, oli rem, perseneling dan sebagainya. Selain itu ada beberapa bagian/spare parts mobil yang memang diproduksi untuk pemakaian dalam jangka waktu tertentu, sehingga bagian/suku cadang ini harus mendapatkan prioritas utama untuk diganti apabila usianya sudah melebihi batas yang ditentukan oleh pabriknya, misalkan kampas rem, timing belt, filter oli dan banyak lagi.

Semua itu dapat dilakukan dengan bantuan buku manual dengan bertindak bijak ketika menjelang servis yang akan dilakukan pada mobil Anda. Kita juga jangan sampai terjebak oleh beberapa saran dan penawaran yang menarik dari beberapa dealer dan bengkel dengnan biaya servis yang murah misalnya. Diusahakan untuk selalu merujuk pada layanan servis yang diberikan oleh dealer resmi mobil yang terpercaya.

Penggantian Timing Belt

Ini salah satu bagian penting dalam mesin mobil. Pada dasarnya timing belt atau boleh dikatakan sebagai sabuk bergigi, adalah sebuah komponen yang digunakan untuk memindahkan poros dalam mesin pembakaran internal. Untuk menggantinya lihat sesuai dengan buku petunjuk manual kendaraan, hal ini akan bervariasi untuk setiap jenis dan merek mobil. Pada umumnya para pabrikan mobil menetapkan waktu penggantian timing belt setelah jarak tempuh mobil mencapai sekitar 70.000 sampai 80.000 mil. Biaya penggantian komponen ini lumayan cukup tinggi, namun disarankan untuk menggantinya setelah mencapai waktu tertentu sebagaimana disebutkan dalam buku manual, karena jika tidak sesuai dengan yang dianjurkan dapat merusak mesin lebih parah.

Menyeka Karet Wiper Mobil 

Kebanyakan orang ketika mendapati karet wiper mobilnya yang tidak lancar adalah buru-buru pergi ke bengkel terdekat untuk menggantinya. Ini mungkin tidak terjadi setiap kali, namun sebenarnya mereka mungkin hanya memerlukan pembersihan yang tepat dengan kain bersih atau handuk kertas. Kemudian setelah dibersihkan pastikan dulu bahwa karet tersebut sudah benar-benar kering, sebelum kita memasangkannya kembali ke tempatnya.

Membersihkan Jok Mobil

Seringkali kursi mobil terkena berbagai tumpahan noda seperti kopi, makanan bayi atau minuman dengan pewarna yang yang sulit sekali dibersihkan oleh Anda. Jika kita membersihkan ke salon mobil tentu harus menambah biaya yang cukup lumayan lagi. Berikut ini adalah sedikit trik untuk mendapatkan bersih hanya dalam beberapa waktu menit. Cobalah mencampurkan satu sendok makan cuka dalam satu liter air dan gosok noda dengan handuk kertas yang bersih. Lalu, oleskan setengah sendok teh cuka untuk itu dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah selesai, bersihkan kursi dengan air hangat dan anda akan melihat keajaiban pada jok mobil tersebut. Atau anda juga bisa melakukan modifikasi jok mobil dengan cara melapisnya dengan sarung jok mobil yang terbuat dari bahan kulit maupun imitasi.

Perawatan Untuk Ban Mobil 



Usahakan selalui untuk tetap memeriksa tekanan ban mobil anda dan memompanya secara teratur dengan udara yang direkomendasikan. Hal tersebut bisa membuat ban bertahan lebih lama, dan membantu dalam menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu juga akan memberikan keamanan dan kenyamanan apabila anda menggunakan mobil tersebut untuk perjalanan yang cukup jauh. Ban dengan tekanan udara rendah atau dalam kondisi buruk akan sangat berbahaya karena mereka bisa meledak di jalan yang sibuk dan dalam kondisi cuaca buruk. Disarankan pergi ke tempat perawatan rutin ban untuk mendapatkan setingan roda yang sesuai untuk meningkatkan umur ban itu sendiri karena jika posisi roda sebagai tempat dudukan ban tidak seimbang, akan menyebabkan ban aus lebih cepat sehingga harus lebih cepat diganti.

Jangan Mencuci Mobil di Tempat Panas

Hindari mencuci mobil anda di hari-hari yang cerah pada saat cuaca ekstrim atau di bawah sinar matahari langsung, hal ini akan meninggalkan bintik-bintik noda sabun pada mobil karena mengandung residu sabun yang akan merusak cat mobil anda. Usahakan selalu mencuci mobil di bawah naungan atau tempat tinggal pada saat cuaca sedang teduh atau berawan.

Nah, itulah tips dan trik dari kami untuk menghindari biaya servis mobil yang besar semoga informasi ini berguna untuk perawatan mobil anda sehingga anda terhindar dari biaya perbaikan mobil yang cukup menguras dompet. Terima kasih, salam HOT selalu :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips dan Trik Menghindari Biaya Servis Mobil Yang Besar