Spesifikasi dan Harga Mobil Suzuki Ertiga Terbaru Maret 2016 OTR Jakarta


OTOMOTIF HOT - Spesifikasi dan Harga Mobil Suzuki Ertiga. Keinginan masyarakat Indonesia untuk memiliki sebuah mobil keluarga serbaguna yang tangguh, irit dan modern semakin terealisasi dengan hadirnya berbagai mobil bersegmen low-Multi Purpose Vehicle (MPV) dari beberapa pabrikan otomotif yang baru bermain di segmen ini maupun yang sudah berpengalaman dan menjadi pemimpin pasar saat ini. Nah, sekarang giliran sebuah mobil keluarga Suzuki Ertiga yang akan kami ulas spesifikasi dan harganya, seperti apakah sosok mobil MPV Terbaru ini?

Kehadiran mobil Suzuki Ertiga di segmen mobil MPV kelas menengah tentunya memberikan alternatif baru bagi masyarakat yang sebelumnya hanya diberi pilihan dengan dominasi yang kuat dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sebagai pionir mobil low-MPV di tanah air. Mobil ini juga merupakan jawaban atas keinginan para pecinta mobil Suzuki yang telah lama menanti kehadiran sebuah mobil keluarga dengan desain modern baru dan performa mesin yang lebih tinggi untuk melewati berbagai jalanan di tanah air. 

Spesifikasi dan Harga Suzuki Ertiga Terbaru 2015

Hingga saat ini mobil serbaguna ini akan memasuki usianya yang ke-3 tahun sejak resmi diluncurkan pada tanggal 22 April 2012 lalu oleh PT. Suzuki Indomobil Motor sebagai ATPM resmi mobil Suzuki di Indonesia. Asal namanya sendiri merupakan sesuatu yang unik yaitu diambil dari huruf R yang dieja "Er" untuk sebuah kata dalam bahasa Inggris yaitu Row yang berarti baris dan kata Tiga yang berarti jumlah angka 3, jadi mobil ini merupakan kendaraan roda empat yang mempunyai tiga baris kursi untuk penumpangnya. Sebelumnya Suzuki Ertiga merupakan mobil konsep yang bernama R-III dan diperkenalkan pertama kali pada ajang pameran Indonesia International Motor Show pada tahun 2010 yang kemudian mulai dipasarkan secara global melalui acara Auto Expo 2012 di New Delhi, India.

Suzuki Ertiga lahir untuk memenuhi keinginan para pengguna mobil keluarga yang mendambakan mobil MPV dengan kenyamanan serasa mobil sedan. Oleh karena itulah Suzuki menciptakan Ertiga dengan basis Suzuki Swift terbaru, ditenagai sebuah mesin bensin berkapasitas 1.4 liter lebih tinggi dari para pesaingnya, berpenggerak roda depan mobil ini lebih nyaman dengan suspensinya yang monocoque. Nah, untuk mengenal lebih dalam lagi selanjutnya mari kita bedah saja spesifikasi lengkap dari Suzuki Ertiga di bawah ini.

Spesifikasi Suzuki Ertiga


Eksterior


Harga Mobil Ertiga Terbaru 2015


Penampilan eksterior Ertiga sengaja dirancang berada diantara desain mobil sedan dan MPV dengan ukuran yang pas. Mobil ini memiliki dimensi panjang x lebar x tinggi = 4.265 mm x 1.695 mm x 1.685 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.740 mm. Wajahnya hampir mirip dengan hatchback Suzuki Swift, dengan headlamp crystal dan grille yang dilapisi krom simple namun tampak mempesona dan mengundang decak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Bagian belakang mobil ini juga tidak kalah stylish dengan adanya garnish yang dibalur krom dan sangat serasi dengan desain lampu belakang yang trendi. Mobil yang dapat memuat 7 penumpang ini mempunyai 5 pintu yang akan memudahkan akses keluar masuk orang maupun barang yang akan dibawanya. Dengan jarak ketinggian dari tanah yang mencapi 185 mm mobil Ertiga mampu melewati berbagai jenis jalan yang ada di Indonesia dengan mulus dan nyaman.

Interior

Sekarang kita beralih ke bagian interiornya, mobil low-MPV Suzuki yang peluncuran pertamanya dilakukan di Indonesia ini, menyuguhkan suasana kabin yang lebih mengerti kebutuhan keluarga Indonesia. Suasana yang lapang dan nyaman akan terasa hingga ke baris ke-3 di bagian belakang, baik untuk pergerakan di bagian kepala maupun kaki walaupun ketika semua jok terisi penuh dengan penumpang dengan tambahan barang bawaannya. Kursi pada baris kedua mobil ini dibuat dengan  fitur tuas untuk sekali tarik folding dan sliding hingga 240mm, sehingga memudahkan penumpangnya yang akan duduk di kursi baris ketiga. Sebuah sandaran tangan pun tersedia untuk kenyamanan para penumpang di baris kedua. Ertiga juga memiliki ruang bagasi yang cukup lega untuk memuat barang bawaan anda selama perjalanan ke luar kota, dan ini masih bisa ditambah dengan ruangan extra jika dibutuhkan, yaitu dengan cara melipat jok di baris ketiga, sehingga memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang dalam jumlah yang banyak. Beberapa tempat penyimpanan praktis pun terdapat di setiap sisi kanan dan kiri baris jok, ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan botol minuman, handphone, gadget ataupun barang kecil pribadi lainnya.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Sporty 2015

Fitur

Dengan desain modern dan elegan dan terbuat dari bahan yang berkualitas berwarna cream, akan membuat para penumpangya semakin betah untuk berlama-lama di dalam mobil. Semua panel instrumen yang terdapat pada dashboard maupun doortrim pintunya mempunyai desain yang ergonomis dan ekslusif sehingga lebih mudah dijangkau dan dioperasikan baik oleh sang sopir maupun penumpangnya. Dibagian speedometer terdapat sebuah Multi Information Display (MID) yang menampilkan informasi penting untuk pengemudi seperti jam, penggunaan bahan bakar sesaat maupun secara rata-rata dan temperatur di luar kabin. Beberapa fitur yang akan menambah kenyaman dalam berkendara juga disematkan di dalam interior Suzuki Ertiga, seperti fitur Electronic Power Steering dan Tilt Steering pada sistem kemudinya, bahakan untuk tipe GX pada bagian kiri stir terdapat sebuah audio switch yang berfungsi untuk mengontrol sistem audio pada sarana hiburannya.  Sitem AC-nya telah menggunakan double blower sehingga akan mempercepat proses penyebaran udara sejuk yang merata hingga ke bagian belakang. Fitur penting yang tak ketinggalan yaitu sarana hiburan dalam bentuk sebuah Head Unit Double DIN yang dilengkapi CD player untuk memutar musik dalam format CD, Mp3, WMA, USB Connection, Aux-In yang dapat dihubungkan langsung dengan iPod. Suaranya pun terasa lebih jelas dan jernih dengan menggunkan 4 speaker (untuk Tipe GX dan GL) dan tambahan 2 tweeter (khusus Tipe GX).

Mesin

Memasuki bagian dapur pacunya, Suzuki Ertiga hadir dengan mesin seri K yaitu K14B yang dibuat dari bahan alumunium ringan. Dengan kapasitas bersih sebesar 1.373 cc, mesin ini menggunakan sistem DOHC 16 katup dengan silinder segaris berjumlah 4 buah. Sistem pembakaran dan asupan bahan bakarnya menggunakan VVT (Variable Valve Timing) yang didukung oleh Multi Point Injection sehingga suplai bahan bakar ke dalam ruangan pembakaran menjadi terkontrol secara elektronik. Hal inilah yang akan membuat performa mesin menjadi lebih bertenaga dan responsif, selain itu juga berakibat pada efisiensi bahan bakar yang semakin irit. Dengan kinerja tersebut mesin Ertiga mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada 6.000 Rpm dengan torsi puncak mencapai 130 Nm pada putara mesin 4.000 Rpm. Tenaga inilah yang akan membuat Suzuki Ertiga mampu diajak bermanuver secara gesit dan lincah baik dalam putaran mesin rendah maupun tinggi.

Selain itu sebuah teknologi Drive By Wire (DBW) juga terpasang pada mesin mobil ini, yang dapat menjadikan kinerja mesin semakin akurat dengan akselerasi yang lebih responsif karena didukung dengan adanya Electronics Control Module (ECM) dan sistem bukaan katup bahan bakarnya yang dikendalikan oleh sensor potensiometer sebagai pengganti kabel gas. Mesin Ertiga juga dinilai sangat ramah terhadap lingkungan, hal ini dibuktikan dengan emisi gas buangnya yang sesuai dengan standar Euro 3. Untuk sistem transmisinya sendiri mobil ini tersedia dalam 2 pilihan yaitu manual dengan 5-speed dan otomatis dengan 4 tingkat percepatan.

Di bagian suspensi untuk memberikan kenyamanan layaknya sebuah mobil sedan, Suzuki Ertiga dibekali oleh MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakangnya. Kedua suspensi ini diklaim mampu meredam getaran secara signifikan akan terasa nyaman bagi penumpang ketika melewat jalanan yang tidak rata atapun ketika memasuki jalan yang berlubang. Kemudian dengan fitur penggerak roda depan (Front Wheel Drive) mobil ini mempunyai keunggulan dalam menggerakan roda karena tidak perlu melalui propeler sahft sehingga berakibat pada akselerasinya yang terasa lebih responsif, tidak mudah slip ketika berada di jalan yang licin, konsumsi bahan bakar yang hemat dan area lantai kabinnya terasa lebih lega. 

Keamanan dan Keselamatan

Untuk masalah ini tentu pabrikan mobil Suzuki sangat memperhatikannya, sehingga mobil MPV Ertiga ini dibekali oleh perangkat keamanan terbaru yang lebih unggul dibanding para pesaing di kelasnya. Fitur-fitur tersebut yaitu Dual SRS Airbag yang terdapat pada tipe GX untuk melindungi kedua penumpang di bagian depan dari resiko benturan keras yang fatal dari arah depan ketika terjadi tabrakan. Kemudian adanya fitur 7 Safety Seatbelt with Height Adjustment yaitu sabuk pengaman yang  berjumlah tujuh buah untuk seluruh penumpangnya dan ketinggiannya dapat diatur sesuai dengan postur tubuh mereka. Sistem pengeremannya pun telah dilengkapi dengan Anti-lock Breaking System (ABS) + ELectronic Brake-force Distribution (EBD) function (khusus tipe GX) untuk mendapatkan pengereman maksimal yang cepat dan stabil. Selain itu masih ada fitur Side Impact Beam yang akan melindungi penumpang dari benturan yang datang dari arah samping dan juga akan menjaga pintu agar tetap kokoh.

Harga dan Spesifikasi Suzuki Ertiga Sporty Terbaru 2015

Di bagian keamanan mobil ini mempunyai fitur Immobilizer dan Alarm System (Tipe GX dan GL) yaitu sebuah sistem yang mampu mencegah tindakan kriminal pencurian mobil. Sistem ini akan mencocokkan kode kunci secara otomatis pada saat mesin akan dihidupkan sehingga mesin tidak akan menyala jika kodenya berbeda dengan yang asli, sehingga sang pemilik akan merasa aman dari resiko maling yang kerap banyak terjadi saat ini. Fitur Keyless Entry juga hadir pada Ertiga tipe GL dan GX untuk memudahkan pemilik memasuki mobil tanpa memasukan anak kunci ke dalam lubang kunci pintu.  

Harga Mobil Suzuki Ertiga Terbaru 2016

Nah sekarang kita memasuki bagian yang sering ditungu-tunggu oleh para pembaca semuanya, dengan fitur-fitur dan beberapa keunggulan yang telah dipaparkan diatas, lalu berapakah harga mobil Suzuki Ertiga Terbaru 2015 ini? Baiklah sebelum kita membahas harganya, sebaiknya kita ketahui dulu beberapa model atau Tipe yang tersedia dari mobil MPV terkenal ini. Mobil yang sejak peluncurannya hingga bulan Maret 2014 telah terjual sebanyak 109.461 unit ini mempunyai 5 Varian yang bisa dipilih oleh para calon konsumennya. Masing-masing varian dibekali dengan fitur dan aksesoris yang berbeda, untuk lebih jelasnya di bawah ini kami sajikan perbedaan kelima model/varian Suzuki Ertiga.

1. Tipe GA : Merupakan model Suzuki Ertiga yang paling Standar.

2. Tipe GL : Tipe GA yang sudah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti power windows, AC Double Blower, Pelek Alloy kipas kaca bagian belakang dan lain-lain.

3. Tipe GX : Model pertengahan dari Ertiga yang sudah memiliki fitur lebih lengkap seperti dengan adanya Dual SRS Airbag, ABS, aksesoris tambahan di bagian eksterior, steering mounted audio control, reclining seats pada kursi di baris kedua dan sistem audio yang lebih jernih.

4. Tipe Elegant : Merupakan Midle Top Model Ertiga dengan semua fitur tipe GX ditambah dengan beberapa spoiler  yang terdapat di bagian depan, belakang, samping bawah dan di atas belakang. Selain itu juga terdapat lampu kabut yang menggunakan fog lamp chrome bezzel set, tambhan muffler pada knalpot, grille krom yang lebih rendah, side body moulding, jok kulit dan doortrim dengan aksen  kayu. Model ini di negara lain dikenal juga sebagai Mazda VX-1.

5. Tipe Sporty : Merupakan Varian tertinggi dari mobil Suzuki Ertiga dengan semua fitur yang berdasarkan tipe GX. Varian ini mendapatkan aksesoris khusus buatan Suzuki Sport Body-Kit yang mirip dengan Suzuki Swift Sport, yaitu dengan tambahan spoiler belakang, mufler cutter, velg racing model baru berukuran 16 inchi yang desain-nya sama dengan Suzuki Swift Sport dan interior dengan bahan yang lebih apik dan halus. Model ini terbatas hanya untuk 200 unit per tahun. Selain itu untuk tipe ini pun tersedia dengan pilihan transmisi manual 6-speed.

Harga mobil baru Suzuki Ertiga pada bulan Maret 2016 ini mengalami kenaikan yang bervariasi untuk setiap modelnya, hal ini mungkin dipengaruhi oleh beberapa faktor ekonomi yang saat ini sedang terjadi di tanah air, melemahnya nilai tukar rupiah juga bisa menjadi salah satu faktor nainya harga Suzuki ertiga inia, berikut adalah harga masing-masing Tipe Suzuki Ertiga yang berlaku dalam kondisi On The Road (OTR) di Jakarta.
  • Ertiga Tipe GA 1.4 Manual Transmision (MT) = Rp 183.000.000
  • Ertiga Tipe GL 1.4 Manual Transmision (MT) = Rp 199.500.000
  • Ertiga Tipe GL 1.4 Automatic Transmision (AT) = Rp 212.000.000
  • Ertiga Tipe GX 1.4 Manual Transmision (MT) = Rp 208.000.000
  • Ertiga Tipe GX 1.4 Automatic Transmision (AT) = Rp 220.500.000
  • Ertiga Tipe Sporty 1.4 Automatic Transmision (AT) = Rp 214.400.000
  • Ertiga Dreza Manual Transmision (M/T) = Rp 216.900.000
  • Ertiga Dreza Automatic Transmision (A/T) = Rp 229.500.000
  • Ertiga Dreza GS Manual Transmision (M/T) = Rp 223.900.000
  • Ertiga Dreza GS Automatic Transmision (A/T) = Rp 236.500.000  
Di tahun 2015 kemarin Suzuki Ertiga mengeluarkan versi Facelift pertamanya yang kemungkinan mulai dijual pada kuartal kedua 2015. Ertiga versi terbaru ini dikabarkan telah mengalami pembaharuan sehingga akan lebih irit bahan bakarnya dibandingkan dengan model yang sudah ada saat ini. Dengan menggunakan mesin bensin 1.4 liter K series yang sama namun memilik daya maksimum yang lebih besar.  Menurut desas-desus yang beredar mobil ini juga akan memperkenalkan transmisi semi manual otomatisnya. Kita tunggu saja perkembangannya seperti apakah spesifikasi harga Suzuki Ertiga Facelift ini, oleh karena itu simak terus berita terbaru dunia otomotif hanya di OTomotif Hot, jika anda memerlukan informasi mengenai daftar harga mobil Suzuki terbaru lainnya anda bisa membacanya melalui link tersebut, terima kasih atas kunjungannya dan salam HOT selalu :)

Baca juga : Gambar Detil Eksterior Varian Termewah Suzuki New Ertiga Dreza 2016 !

sumber : http://www.suzuki.co.id dan http://id.wikipedia.org

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Spesifikasi dan Harga Mobil Suzuki Ertiga Terbaru Maret 2016 OTR Jakarta