Inilah 10 Motor Tercepat Di Dunia Tahun 2016 (Bagian I)

iklan
Inilah 10 Motor Tercepat Di Dunia Tahun 2016 (Bagian I) - Setelah kemarin kami mengulas 6 mobil tercepat di dunia tahun 2016, belum lengkap rasanya apabila kami tidak menyajikan informasi yang sama untuk segmen sepeda motor, nah sekarang giliran para pecinta motor untuk bersiap-siap menyimak informasi mengenai 10 motor tercepat di dunia tahun 2016. Seperti apakah informasinya, langsung aja yuk kita simak beritanya di bawah ini.

Perkembangan dunia otomotif motor tidak mengalami revolusi teknologi yang sama seperti layaknya yang terjadi pada mobil. Teknologi mobil selalu berkembang lebih jauh dibandingkan motor, saat ini perkembangan teknologi mobil bergerak menuju sistem berkendara dengan penggerak 4 roda secara otomatis yang menghasilkan tenaga yang luar biasa dengan konsumsi bahan bakar yang efisien dan ramah lingkungan. Sedangkan perkembangan teknologi sepeda motor hanya berkutat pada masalah kecepatan (speed), kekuatan (power) dan berbagai seleksi dalam hal penampilan yang cukup mengesankan. 

Namun ukuran mengesankan untuk sebuah sepeda motor saat ini masih terfokus pada motor super cepat dan super luxurious, dan nampaknya pula hal ini tidak dapat dicapai secara bersamaan. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas posisi 5 teratas dari 10 motor tercepat di dunia tahun 2016 yang dapat anda ditemukan di pasaran saat ini, sementara untuk 5 posisi berikutnya akan kami sajikan dalam artikel Bagian II. Informasi ini kami dapatkan dari sebuah situs berbahasa inggris it'sGR9.com yang kami olah untuk anda pembaca setia Otomotif Hot, seperti apakah penampakan motor-motor berkecepatan tinggi tersebut? inilah ulasannya.

1. DODGE TOMAHAWK

Gambar Motor Tercepat Di Dunia Dodge Tomahawk

Sejak diperkenalkan sebagai motor konsep di kota Detroit, Michigan Amerika Serikat pada ajang North American International Auto Show tahun 2003 lalu, motor ini telah menarik perhatian insan otomotif dunia. Sampai dengan saat ini DODGE TOMAHAWK yang diproduksi sebagai non-street legal concept vehicle oleh Dodge, telah terjual sebanyak 9 unit dengan harga jual sebesar 550 ribu dollar Amerika atau sekitar 6,6 miliar rupiah. Motor ini menggunakan mesin V10 SRT10 yang diambil dari mesin mobil Dodge Viper berkapasitas 8.3 liter dengan daya maksimal yang dihasilkan sebesar 500hp.  

Dodge secara luar biasa mengkalim kecepatan maksimal motor ini yaitu mencapai 420 mph atau 680 km/jam namun kemudian direvisi kembali dan akhirnya kecepatan tertingginya turun menjadi 300 mph atau 480 km/jam dengan alasan yang tidak disebutkan oleh para juru bicara pihak Dodge. Perhitungan angka kecepatan tertinggi harus berdasarkan pada rasio tenaga kuda dan rasio final drive namun pihak Dodge menolak untuk melakukannya. 

Menurut juru bicaranya David ElShoff mengatakan bahwa suatu hari nanti Tomahawk akan dijalankan pada uji kecepatan Bonneville Speedway, tetapi sampai sekarang Dodge belum pernah membuat usaha ke arah tersebut, dan belum ada pengendara motor ahli yang mau menguji kecepatan motor ini dengan alasan faktor keamanan dan keselamatan yang ada pada Dodge Tomahawk ini tidak mendukung. Jadi kesimpulannya motor Dodge Tomahawk ini hanya menjadi sepeda motor tercepat di dunia berdasarkan angka-angka pada spesifikasi mesinnya saja, belum dibuktikan melalui uji coba secara langsung.

2. SUZUKI HAYABUSA

Gambar Motor Tercepat di Dunia Tahun 2015 Suzuki Hayabusa

Suzuki Hayabusa mulai diperkenalkan pada tahun 1999 yang langsung menyabet gelar sebagi motor tercepat di dunia dengan kecepatan tertinggi saat itu berkisar antara 188-194 mil perjam atau sekitar 303-312 km/jam. Nama Hayabusa dalam bahasa Jepang berarti  "elang pemburu" yang sering dikiaskan sebagai burung yang sering berburu secara vertikal dengan kecepatan 180-202 mil/jam ( 290-325 km/jam) dan merupakan yang tercepat dari burung apapun. 

Secara khusus pemilihan nama tersebut juga mempunyai tujuan untuk menggeser posisi Honda CBR1100XX Super Blackbird karena di dalam kesehariannya elang tersebut memangsa burung hitam (blackbird). Hal ini memang dibuktikan dengan kecepatan maksimal Suzuki Hayabusa terbaru yang mampu mencapai 248 mph (353 km/jam) lebih tinggi sebesar 16 km/jam dari pesaing utamanya Honda CBR1100XX Super Blackbird, walaupun secara teknis sangat sulit menetapkan angka tertinggi yang pasti karena berbagai faktor yang bisa mempengaruhi jalannya pengujian.

3. MTT TURBINE SUPERBIKE Y2K

Gambar Motor Tercepat di Dunia Tahun 2015 MTT Turbine Superbike Y2K

Inilah satu-satunya motor yang mesinnya didukung oleh mesin pesawat terbang yaitu turboshaft. Di awal kemunculannya motor ini dibuat dari sebuah mesin Rolls-Royce Allison dengan model 250 gas turbin yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 320 hp pada putaran mesin 52.000 rpm. Pada tahun 2000 MTT Turbine Superbike Y2K memperkenalkan kembali model aslinya, dan setelah lebih dari satu dekade ini Y2K Turbin Superbike ini selalu konsisten masuk dalam 3 teratas motor tercepat di dunia. Motor ini beberapa kali tercatat di Guinness World Record sebagai sepeda motor tercepat di dunia dengan kecepatan maksimalnya 227 Mph dan di tahun ini Y2K TUrbin Superbike ini berada di posisi ketiga setelah Suzuki Hayabusa.

4. HONDA CBR1100XX SUPER BLACKBIRD

Motor Tercepat di Dunia HONDA CBR1100XX SUPER BLACKBIRD

Motor ini dibuat dan dikembangkan oleh Honda pada rentang waktu antara tahun 1996 -2008 untuk menantang Kawasaki Ninja ZX-11 yang pada saat itu menduduki posisi sebagai motor tercepat di dunia yang diproduksi untuk pasar global, dan akhirnya pada bulan Februari 1997 Honda CBR1100XX Super Blackbird ini berhasil mengalahkan Kawasaki Ninja ZX-11 dengan kecepatan tertingginya yang mencapai 178,5 Mph atau 287 km/jam, seperti yang dilansir oleh majalah Sport Rider. Supremasinya atas Kawasiki ZX-11 juga telah dikonfirmasi pada bulan April 2007 oleh Motorcyle Consumer News, meskipun kecepatan yang dicapai sedikit lebih rendah dan margin yang lebih sempit. Nama Blackbird sendiri merujuk pada sebuah nama pesawat tercepat di dunia yaitu Lockheed SR-71 Aircraft. Namun kejayaan Super Blackbird ini harus puas selama 2 tahun saja, dikarenakan munculnya penantang baru yaitu Suzuki Hayabusa yang diperkenalkan pada tahun 1999 dan berhasil menggeser posisi Honda CBR ini dengan kecepatan tertingginya pada saat itu mencapai 194 Mph ( 312 km/jam). Namun seri terakhir dari Honda CBR1100XX Super Blackbird yang diproduksi tahun 2008 masih menempatkan superbike Honda ini pada posisi ke-4 motor tercepat di dunia tahun 2015 dengan kecepatan tertingginya mencapai 190 Mph.

5. YAMAHA YZF R1

Gambar Motor Tercepat di Dunia Yamaha YZF R1


Motor sport Yamaha ini telah diproduksi sejak tahun 1998 dan terus mengalami beberapa penyempurnaan dan penerapan teknologi baru di bagian mesin dan bodinya, sampai tahun 2014 kemarin Yamaha mengumumkan peluncuran generasi terbaru dari Yamaha YZF R1 tepatnya pada tanggal 3 November 12014. Yamaha mengklaim bahwa motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal lebih dari 200 hp dengan mesinnya yang mempunyai kapasitas bersih sebesar 998cc bertipe 4 Stroke DOHC 16 Valve dan menggunakan cairan sebagai pendinginnya. Kecepatan maksimalnya mencapai angka 186 Mph atau setara dengan 297 km/jam yang menempatkannya pada posisi ke-5 sebagai motor tercepat di dunia. Di Indonesia sendiri motor ini telah tersedia dan bisa anda beli dengan harga Rp 335 juta (OTR) di Jakarta.

Nah itulah sementara 5 posisi teratas dari 10 motor tercepat di dunia yang bisa kami sajikan pada kesempatan ini, semoga informasi ini membuat anda penasaran untuk mengetahui 5 posisi berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel lainnya dengan judul yang sama Bagian II hehe.., jika anda belum sempat membaca artikel kami mengenai 6 mobil tercepat di dunia tahun 2016, langsung saja klik tulisan judul artikel tersebut siapa tahu suatu saat nanti anda bisa merasakan untuk mengendarai salah satunya, salam HOT otomotif mania,  terima kasih :)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 10 Motor Tercepat Di Dunia Tahun 2016 (Bagian I)